Sebagai penunjang penampilan, rambut merupakan salah satu aset yang perlu dirawat agar terjaga kesehatan serta keindahannya. Karena rambut indah merupakan dambaan para perempuan. Tak hanya terlihat berkilau, salah satu ciri rambut yang indah ialah rambut tampak tebal. 

Namun, kerap kali permasalahan rambut rontok menjadi penghalang untuk mendapatkan tampilan rambut yang tebal, terlebih lagi jika rambut mengalami rontok yang berlebihan. Hal tersebut sering dialami oleh para perempuan di luar sana, mungkin kamu salah satunya. 

Tak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini Popbela akan memberikan 7 cara mengatasi rambut rontok berlebihan yang dapat membantumu untuk mendapatkan kembali tampilan rambut indah. Yuk simak terus Bela!

1. Banyak mengonsumsi makanan tinggi protein

7 Cara Tepat Merawat Rambut Rontok Berlebihandoctoroz.com

Sebelum kamu melakukan berbagai cara mengatasi rambut rontok berlebihan, pastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi memiliki kandungan protein. Karena kandungan protein tak hanya baik untuk kesehatan tubuhmu, tetapi juga kesehatan rambut serta memiliki pengaruh pada kekuatan akar rambut. Kamu bisa mendapatkannya dari megonsumsi jenis makanan tinggi protein seperti ikan, telur, susu, dan lain-lain.

2. Rutin melakukan pijatan pada kulit kepala

7 Cara Tepat Merawat Rambut Rontok Berlebihanhuffpost.com

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan selanjutnya yaitu rutin melakukan pijatan lembut pada kulit kepala. Hal tersebut dapat merangsang pertumbuhan rambut menjadi lebih lancar. Lakukanlah cara mengatasi rambut rontok berlebihan yang satu ini minimal 2 kali dalam seminggu secara rutin dan rasakan manfaatnya!

3. Gunakan hair tonic atau minyak esensial rambut

7 Cara Tepat Merawat Rambut Rontok Berlebihanlumitylife.com

Melakukan pijatan pada kulit kepala tentu tak lengkap jika tak dibarengi dengan penggunaan hair tonic atau minyak esensial khusus dengan kandungan bahan yang dapat memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut seperti ginseng. Tentu saja cara mengatasi rambut rontok berlebihan yang ini tak boleh terlewati.

4. Lakukan kegiatan yang dapat mengatasi rasa stres

7 Cara Tepat Merawat Rambut Rontok Berlebihanthewomensinitiative.org

Rambut rontok memang disebabkan oleh banyak faktor, namun jika yang dialami ialah rambut rontok berlebihan, faktor terbesar yang dapat memicu kerontokan biasanya adalah rasa stres yang menghampiri. 

Jika kamu merasa bahwa hal tersebut merupakan pemicunya, sebaiknya coba untuk mengontrol rasa stres tersebut dengan mencari kegiatan yang dapat menenangkan pikiran seperti berolahraga, melakukan yoga, mendaki gunung, dan kegiatan lainnya yang juga termasuk kedalam cara mengatasi rambut rontok berlebihan.

5. Hindari kebiasaan buruk pemicu rambut rontok

7 Cara Tepat Merawat Rambut Rontok Berlebihanglamour.com

Biasanya permasalahan terjadi memiliki penyebabnya, begitu juga dengan masalah rambut rontok. Penyebab rambut rontok juga sering disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan tak sehat, kurang minum air putih, tak memiliki waktu tidur yang berkualitas, merokok, minum alkohol, dan masih banyak kebiasaan buruk lainnya. Maka itu, cara mengatasi rambut rontok berlebihan adalah dengan menghindari kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan.

6. Mengonsumsi vitamin untuk rambut

7 Cara Tepat Merawat Rambut Rontok Berlebihanfamilylivingtoday.com

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan lainnya yang tentu bisa kamu coba ialah mengonsumsi suplemen untuk rambut. Sekarang, produk yang satu ini sudah tak susah untuk dicari. Melihat banyaknya orang yang membutuhkan suplemen rambut, membuat banyak merek memproduksi suplemen rambut. Untuk itu, kamu bisa mencoba cara mengatasi rambut rontok berlebihan yang satu ini ya Bela!

7. Melakukan perawatan laser pada kulit kepala

7 Cara Tepat Merawat Rambut Rontok Berlebihanwomenshealthmag.com

Jika berbagai cara mengatasi rambut rontok berlebihan pun sudah kamu lakukan namun tak kunjung membaik, sepertinya kamu bisa mencoba cara yang satu ini yaitu mengatasi dengan perawatan laser. Tetapi, untuk melakukan cara ini tentu kamu harus konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter perawatan rambut untuk dapat penanganan langsung. Tak usah diragukan lagi, cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan laser sangatlah ampuh dan dapat mengatasi kerontokan yang sudah parah.

Itulah beberapa cara mengatasi rambut rontok berlebihan yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan kekuatan akar rambutmu kembali. Selamat mencoba Bela!

Baca Juga: 7 Cara Merawat Rambut Kering