Siapa sih yang nggak risih dengan hadirnya ketombe? Selain membuat rasa gatal yang begitu hebat, ketombe juga sangat mengganggu penampilan dan mematahkan rasa percaya diri. Umumnya, masalah kulit kepala yang satu ini diakibatkan oleh berbagai faktor seperti kulit kepala yang terlalu kering, tumbuhnya jamur Malassezia, kulit kepala berminyak dan juga penggunaan produk hair care yang tidak cocok. Namun, kamu nggak perlu panik lagi, karena ada cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami lho. Buat yang ingin tahu, simak terus ulasannya ya Bela!

1. Minyak Kelapa

Wajib Coba, Ini 10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alamiparade.com

Minyak kelapa memang dikenal dengan kemampuannya yang dapat menghidrasi kulit yang sangat kering, begitu juga dengan mengatasi masalah kulit kepala yang kering. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung antimicrobial yang dapat mengatasi pertumbuhan jamur yang juga menjadi penyebab ketombe. Cukup gunakan seminggu sekali sebagai masker rambut sebelum keramas dan rasakan hasilnya selama 1 bulan.

2. Minyak Tea Tree

Wajib Coba, Ini 10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alamiparade.com

Sebuah studi pernah mengatakan bahwa 5% minyak tea tree dapat dengan ampuh mengatasi ketombe pada kulit kepala. Dipercaya memiliki kandungan anti-microbial dan anti-inflammatory untuk mencegah jamur yang berkembang pada kulit kepala dan tentunya bebas dari bakteri. Kamu bisa menggunakannya sebagai hair tonic atau dapat mencampurnya dengan shampoo.

3. Cuka Apel

Wajib Coba, Ini 10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alamijillcarnahan.com

Ternyata cuka apel tak hanya dikenal dapat mengatasi jerawat pada kulit wajah, tetapi juga dikenal memiliki kandungan asam yang dapat mengatasi ketombe dan kulit kepala yang berminyak. Gunakan 1-2 sendok makan cuka apel pada rambut sebelum mencuci rambut, kemudian tunggu hingga 10 menit, kemudian bilas sampai bersih.

4. Aloe Vera Gel

Wajib Coba, Ini 10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alamilovetoknow.com

Dikenal dengan sifatnya yang menenangkan dan mengunci kelembapan, aloe vera gel bisa jadi salah satu cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami. Tak hanya itu, aloe vera gel juga dapat megurangi peradangan pada kulit kepala berminyak. Cara pemakaiannya, kamu bisa membaurkan aloe vera gel pada bagian kulit kepalamu usai keramas, kemudian biarkan gel meresap dengan sempurna pada kulit kepalamu.

5. Minyak Zaitun

Wajib Coba, Ini 10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alamimedicalnewstoday.com

Salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami dengan menggunakan olive oil pada bagian kulit kepalamu. Cukup ambil 2 tetes olive oil dan pijat secara lembut pada kulit kepala, biarkan beberapa jam dan kemudian sikat perlahan untuk mengangkat kulit mati dan sisa ketombe. Lakukan cara ini seminggu sekali.

6. Jahe

Wajib Coba, Ini 10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alamifoodrevolution.org

Jahe, tak hanya dikenal dengan sensasi hangat yang dihasilkan, tetapi juga diperkaya akan kandungan antiseptik yang dapat menghilangkan ketombe akibat jamur. Caranya, haluskan jahe dengan porsi kecil kemudian campurkan dengan olive oil 2 tetes, baurkan pada kulit kepalamu dan biarkan hingga semalaman. Pagi harinya, bilas dan bersihkan dengan shampoo, rasakan hasilnya dalam beberapa minggu.

7. Daun Intaran

Wajib Coba, Ini 10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alamidoctoroz.com

Tumbuhan herbal yang berasal dari India ini memang paling dikenal dengan anti bacterial-nya sehingga jika ketombe yang kamu alami dikarenakan pertumbuhan jamur dan bakteri, daun intaran dapat menyembuhkannya dalam jangka waktu yang sangat cepat. Cara menggunakannya, beberapa daun intaran, kemudian gunakan air rebusannya pada kulit kepala.

8. Bawang Putih

Wajib Coba, Ini 10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alamicookinglight.com

Tak hanya sebagai bahan dapur saja, bawang putih ternyata juga memiliki kandungan anti bacterial yang dapat mengurangi ketombe pada kulit kepala. Cara penggunaannya pun cukup unik, kamu bisa melakukannya dengan 2 cara pilihan. Cara yang pertama, geprek bawang putih, kemudian gosok dengan perlahan pada kulit kepala hingga air yang terdapat pada bawang putih meresap di kulit kepalamu. Cara kedua, haluskan bawang putih, kemudian jadikan masker rambut.

9. Telur

Wajib Coba, Ini 10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alamiyoutube.com

Nah, kalau bahan yang satu ini memang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan rambut. Telur memiliki kandungan biotin yang dipercaya dapat mengatasi ketombe bahkan yang terparah sekalipun. Selain itu, telur juga dapat membuat rambut lebih berkilau lho. Langkah pertama yang kamu bisa lakukan, pecahkan 1 atau 2 telur, kemudian aplikasikan pada seluruh kulit kepala hingga rambut, bungkus kepalamu menggunakan plastik agar lebih terserap dan setelah ditunggu 15 menit, bilas menggunakan air lemon.

10. Air Lemon

Wajib Coba, Ini 10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alamiwellandgood.com

Kandungan asam yang terdapat pada air lemon tentunya dapat membantu mengatasi produksi minyak berlebih yang menimbulkan ketombe pada kulit kepala. Untuk itu, kamu bisa mencoba cara yang satu ini, yaitu dengan mencampurkan air lemon ke dalam produk shampoo yang kamu gunakan dan lakukan cara ini setiap 3 hari sekali.

Setelah membahas cara menghilangkan ketombe secara alami, kamu bisa langsung mempraktekkannya ya, Bela. Semoga berhasil!

Baca Juga: 9 Mitos Tentang Ketombe yang Selama Ini Kamu Percaya