Tatanan rambut yang indah merupakan impian bagi perempuan maupun laki-laki. Setiap orang memiliki tipe rambut yang berbeda, keriting, lurus, tebal dan tipis. Kondisi rambut tipis kerap menjengkelkan dan membuat tidak percaya diri. Rambut tipis terkesan lepek bahkan botak. Tapi, tak perlu berkecil hati. Jadikan rambut tipis sebagai tantangan yang harus dihadapi. Kamu tetap bisa tampil memukau dengan tatanan rambut tipis. Asalkan bisa menjaga kesehatannya, agar rambut terlihat bervolume.  

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pemilik rambut tipis. 

1. Utamakan kebersihan rambut

5 Cara Merawat Rambut Tipis Agar Tampak MemukauFreepik.com

Hal utama yang harus diperhatikan bagi pemilik rambut tipis adalah kebersihan. Pastikan kamu merawat rambut dengan menggunakan serangkaian produk alami maupun modern untuk menghalau kelenjar minyak dan kelenjar keringat pada kulit kepala. Rambut yang tebal saja bisa tampak lepek saat berminyak, apalagi bila rambut tipis maka akan terlihat semakin tipis. Tentu kamu nggak menginginkan hal ini terjadi, bukan? Oleh sebab itu, pastikan kamu keramas 2-3 kali dalam seminggu.  

2. Pilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut

5 Cara Merawat Rambut Tipis Agar Tampak MemukauFreepik.com

Kondisi rambut tipis biasanya terjadi akibat faktor genetika atau kerontokan dini. Untuk mengoptimalkan penebalan rambut, cermati kandungan bahan pada sampo. Pilih sampo yang bisa merangsang pertumbuhan rambut. Tak perlu ikut-ikutan tren padahal sampo tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan rambutmu.  

Kemudian, saat keramas gunakan sampo secukupnya, tambahkan air. Lalu, gosok sampai berbusa. Jangan lupa beri pijatan lembut ke seluruh bagian, dari atas sampai pangkal rambut.  

3. Perawatan rambut tambahan

5 Cara Merawat Rambut Tipis Agar Tampak Memukaufreepik.com

Nggak cuma sampo, kamu juga bisa menambah beberapa perawatan rambut yang mengandung kombinasi bahan seperti minyak biji jojoba, antioksidan, vitamin A dan C yang terdapat pada creambath, hair mask atau hair spa

Usai keramas keringkan dengan handuk, hindari penggunaan hair dryer karena suhu panas bisa membuat rambut semakin rapuh. Kemudian, beri pelembap maupun hair tonic untuk memperkuat akar dan batang rambut.  

4. Beri nutrisi secara optimal

5 Cara Merawat Rambut Tipis Agar Tampak MemukauFreepik.com

Rambut juga butuh makan. Penuhi nutrisi yang bisa merangsang pertumbuhan rambut. Misalnya, protein, asam lemak omega 3 dan vitamin B5. Pilih daging, yogurt, ikan salmon, gandum dan telur karena bisa membantu sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga pertumbuhan rambut akan semakin subur. 

5. Biarkan rambut tergerai

5 Cara Merawat Rambut Tipis Agar Tampak MemukauFreepik.com

Upaya yang baik untuk merawat keindahan rambut tipis yakni membiarkannya mendapatkan kebebasan. Rambut tipis tak memerlukan tatanan rambut berlebihan, misalnya membuat volume dengan hair dryer, mencatok, mengkeriting dan lainnya. 

Karena suhu panas dan tekanan berlebih akan membuat rambut tipis makin rapuh, kering dan kerontokan hebat. Pergilah ke salon untuk memotong rambut 8 minggu sekali untuk membuatnya tampak rapi.  

Baca Juga: 5 Style Rambut Maksimal, Tebal dan Kuat Ala K-Pop Idol