Bela, pernah nggak sih ketika sedang mengeringkan rambut dengan handuk putih dan setelah itu kamu melihat ada kutu yang menempel di sana? Pastinya kamu langsung panik, ya. Padahal, kamu sendiri rajin merawat kebersihan rambut, tapi kenapa ada kutu yang bersarang di rambutmu, ya? 

Rambut yang berkutu bukan selalu berarti kamu kotor ataupun malas merawat rambut. Kutu pada dasarnya memang dapat mudah berpindah-pindah dan menular dari satu orang ke orang lain. Kutu dapat menular melalui peralatan mandi yang dipakai bersama, pakaian, bantal, kasur, sampai tidur berdekatan. Jadi, kamu juga harus waspada ya jika ada teman atau anggota keluargamu yang terserang kutu, karena bisa saja mereka menularimu.
Lalu, bagaimana ya membasmi kutu dengan cepat? Ikuti cara-caranya di bawah ini, ya!

1. Lemon

Ternyata, Begini Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara AlamiEpicurious.com

Buah satu ini sepertinya memang memiliki segudang manfaat. Selain terkenal untuk kesehatan kulit dan tubuh, lemon juga ternyata bermanfaat untuk mengusir kutu, lho. Hal ini karena lemon memilki kandungan vitamin C. Selain itu, asam sitrat sebanyak 5% yang terkandung di dalamnya rupanya bermanfaat untuk mengatasi telur yang menempel pada rambutmu. Cara menggunakannya mudah, cukup balurkan air perasan lemon ke rambut dan kulit kepala secara merata. Setelah itu, tutup rambutmu dengan shower cap dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan bersih, deh!

2. Bawang putih

Ternyata, Begini Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara AlamiHealthline.com

Bawang putih memang memiliki bau yang menyengat dan kuat. Namun, jangan salah! Bawang putih memiliki senyawa anti bakteri yang terbukti mampu membuat rambut kita tetap sehat dan kulit kepala terhindar dari infeksi. Ketika kamu balurkan bawang putih yang sudah dihaluskan di rambut dan kepalamu, dijamin kutu-kutu akan pingsan dan tewas seketika!

3. Cuka

Ternyata, Begini Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Kalau biasanya kamu memanfaatkan cuka untuk menambah cita rasa pada makananmu, jangan lupa ya kalau ternyata cuka juga bermanfaat untuk mengusir kutu di rambutmu. Cuka memiliki aroma dan rasa yang asam menyengat, hal ini sangat tidak disukai kutu. Selain itu, penggunaan cuka juga dapat mengembalikan pH kulit kepalamu dan membuat kutu jadi tidak nyaman dan kabur.

4. Minyak kelapa

Ternyata, Begini Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara AlamiOrganicfacts.com

Sama seperti lemon, minyak kelapa juga terkenal memiliki segudang manfaat untuk kulit dan tubuhmu. Namun, ternyata minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir kutu dan telurnya, lho. Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang tinggi, seperti asam kaprat,asam kaprilat, dan asam laurat di dalamnya. 

Senyawa ini dapat membuat folikel rambut jadi lebih licin sehingga telur kutu pun sulit menempel. Selain itu, minyak alami ini bersifat anti-bakteri yang membantu mencegah kutu bereproduksi dan melindungi kulit kepala dari iritasi. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa lalu menyisir rambutmu dengan serit (sisir khusus kutu) untuk merontokkan kutu dan telur yang menempel dengan lebih mudah.

5. Tea tree oil

Ternyata, Begini Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara AlamiAsaorganics.com.ng

Tea tree atau minyak pohon teh ini memang terkenal di kalangan produk kecantikan dan perawatan kulit. Namun, manfaatnya juga bahkan merambah sampai ke dunia 'perkutuan', lho. Tea tree oil dikenal sebagai pestisida alami yang dapat membasmi berbagai jenis kutu, termasuk kutu rambutmu. Kamu dapat mengaplikasikan tea tree oil secara langsung pada kulit kepala dan rambut atau menggunakan sampo yang mengandung tea tree oil. Dengan menggunakannya secara rutin, dijamin kutu nggak berani mampir lagi!

Bela, itu dia bahan-bahan yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan kutu dan telurnya dari rambutmu. Dengan menggunakannya secara rutin, kutu dan telur yang menempel akan lebih cepat untuk pergi. Ingat, lakukan perawatan di atas diiringi dengan pola hidup yang sehat dan menjaga tubuh tetap bersih. Selamat mencoba!