Memiliki rambut yang hitam dan sehat pastinya jadi dambaan semua orang, ya. Tapi bagaimana jika yang muncul malah rambut putih atau uban? Padahal umurmu sendiri belum memasuki usia 40 atau 50-an yang memang wajar mulai ditumbuhi uban. 

Bela, nyatanya tidak semua penyebab munculnya uban hanya karena faktor usia. Faktor lain yang bisa menjadi pemicunya antara lain gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, stres, berkurangnya pigmen rambut, sampai karena faktor keturunan atau genetik. 

Jadi, kenali lebih jauh mengenai faktor apa yang paling memungkinkan kamu menjadi beruban. Kalau sudah tahu, lalu pertanyaan lainnya adalah, ada nggak sih cara alami menghilangkan uban? Ada kok! Simak di bawah ini, ya!

1. Minyak kelapa

7 Cara Alami Menghilangkan Uban Secara Alamimedicalnewstoday.com

Salah satu cara untuk menghilangkan uban adalah mengaplikasikan minyak esensial pada kulit kepala dan rambutmu. Salah satu jenis minyak esensial yang bisa kamu coba adalah minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung vitamin E, vitamin K, hingga zat besi yang berfungsi untuk merangsang regenerasi sel pada rambut. Caranya, balurkan minyak kelapa secara merata pada kulit kepala dan rambutmu dengan gerakan memijat. Diamkan selama 15-30 menit dan bilas dengan air bersih. Selain ubanmu bisa pergi, rambutmu juga bisa jadi lebih lembut dan bercahaya.

2. Minyak kemiri

7 Cara Alami Menghilangkan Uban Secara AlamiRadioklaket.ps

Selain terkenal bisa untuk menumbuhkan alis dan bulu mata, minyak kemiri juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan uban, lho!  Minyak kemiri mengandung asam lemak dan vitamin yang baik untuk membuat pigmen dalam rambutmu meningkat dan menyingkirkan uban. Caranya juga mudah. Bakar minyak kemiri hingga keluar minyaknya. Tumbuk kemiri dan balurkan pada rambut sebelum tidur. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal, ya!

3. Daun teh

7 Cara Alami Menghilangkan Uban Secara AlamiYouthvillage.co.ke

Dauh teh untuk menghilangkan uban, memang bisa? Ya, bisa dong! Kamu cukup masukan beberapa lembar daun teh dalam air panas dan biarkan hingga warnanya keluar. Jika sudah, saring air daun teh dan campurkan dengan 1 sdm garam. Balurkan pada kulit kepala dan rambutmu dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Lakukan perawatan ini rutin selama 1 minggu untuk hasil yang maksimal.

4. Bawang bombay

7 Cara Alami Menghilangkan Uban Secara AlamiBustle.com

Meskipun memiliki aroma yang menyengat, bawang bombay ternyata memiliki manfaat yang besar untuk mengusir uban pada rambutmu.  Bawang bombay mengandung enzim katalase yang bisa menghilangkan hidrogen peroksida, penyebab munculnya uban. Kandungan enzim dalam bawang bombay juga bisa mengatasi masalah ketombe dan rambut rapuh. Caranya, haluskan bawang bombay hingga menjadi jus. Balurkan jus bawang bombay pada kulit kepala secara merata dengan gerakan memijat. Diamkan selama 20-30 menit dan bilas dengan samoo. 

5. Daun jambu biji

7 Cara Alami Menghilangkan Uban Secara AlamiHealthline.com

Jika kamu biasanya hanya mengonsumsi jambu biji sebagai pencuci mulut atau jus, mulai sekarang coba resep penghilang uban dari jambu biji. Jambu biji mengandung antioksidan dan vitamin yang berguna untuk meningkatkan pigmentasi pada sel rambut dan membuatnya kuat. 

Caranya, haluskan beberapa lembar daun jambu biji dengan sedikit air hingga menjadi jus. Balurkan jus daun jambu biji pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air bersih.

6. Daun rambutan

7 Cara Alami Menghilangkan Uban Secara AlamiHealthline.com

Selain dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi, ternyata daun dari rambutan juga bermanfaat untuk mengembalikan warna rambut alamimu.  Hal ini karena daun rambutan mengandung senyawa saponin, tannin, dan polifenil yang baik untuk kesehatan rambut. 

Caranya, ambil beberapa lembar daun rambutan segar. Haluskan dengan sedikit air dan saring. Balurkan air saringan daun rambutan pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih. Mudah, ya?

7. Biji pepaya

7 Cara Alami Menghilangkan Uban Secara Alamiwebjabza.com

Suka membuang biji pepaya begitu saja? Mulai sekarang jangan lagi, ya! Hal ini karena biji pepaya mengandung alkaloid, streid, tannin, dan minyak atsiri yang dipercaya dapat menghitamkan rambut secara alami dan mengatasi masalah uban pada rambutmu. 

Caranya, keringkan biji pepaya terlebih dahulu lalu sangrai hingga kering. Haluskan biji pepaya dan beri sedikit minyak kelapa. Balurkan pad kulit kepala dan rambutmu secara merata. Diamkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air bersih.

Nah, itu dia 7 cara menghilangkan uban secara alami. Cara mana yang akan kamu coba duluan, nih?