Apakah kamu sering mengalami kulit kepala yang terasa gatal setiap hari? Jika iya bisa saja hal itu bisa disebabkan kulit kepala yang kering dan berketombe. Pastinya hal itu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Memang rambut berketombe bisa diatasi dengan sampo anti ketombe, tapi nggak baik juga kalau rambut terus-terusan terkena bahan kimia. Dilansir dari Byrdie, ada cara mudah dan terjangkau untuk mengatasi masalah rambut dengan bahan alami berikut ini. Yuk, simak!

1. Alpukat

5 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Kulit Kepala Kering dan Berketombe time.com

Untuk mengatasi kulit kepala kering, kamu bisa membuat masker rambut dengan bahan campuran seperti alpukat, pisang, 2 sdm minyak zaitun dan 2 sdm aloe vera gel. Kamu bisa mendapatkan vitamin A dan B yang bisa melembapkan rambut dan membuatnya terlihat berkilau.

2. Cuka apel

5 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Kulit Kepala Kering dan Berketombe healthline.com

Nggak hanya sebagai toner untuk kulit berjerawat, ternyata cuka apel mengandung anti-mikrobial yang bisa membantu mencegah datangnya bakteri pada rambut. Cukup campurkan cuka dan sedikit air dengan perbandingan 1:3  lalu oleskan pada rambut selama 5 menit lalu cucilah rambut seperti biasa. 

3. Lidah buaya

5 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Kulit Kepala Kering dan Berketombe organicfacts.net

Lidah buaya memang sudah dikenal khasiatnya sebagai bahan utama perawatan rambut. Lidah buaya mengandung zat untuk meluruskan, melembutkan, dan anti-inflamasi pada rambut. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker selama 10 menit dan bilas seperti biasa memakai sampo. 

4. Castor oil

5 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Kulit Kepala Kering dan Berketombe nutrafol.com

Minyak ini juga bagus untuk mengatasi kulit kepala kering dengan zat antiseptik, jamur, dan anti-inflamasi serta ada vitamin E dan omega 6. Kamu bisa mengoleskannya pada kulit kepala selama 30 menit dan lakukan selama 4 kali dalam seminggu.

5. Tea tree oil

5 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Kulit Kepala Kering dan Berketombe up-nature.com

Kandungan tea tree oil biasanya selalu terdapat dalam sampo berketombe dan kulit kepala kering. Hal ini karena tea tree oil mengandung antiseptik dan jamur. Kamu pun bisa membuat masker sendiri dengan mencampurkan tea tree oil, coconut oil, atau olive oil. Setelah itu kamu bisa oleskan pada kulit kepala selama 10 menit. 

Nah, ternyata mencegah kulit kepala kering mudah bukan?

Baca Juga: Kenali 6 Jenis Ketombe dan Cara Mengatasinya Di Sini!