Salah satu hal yang bikin frustasi adalah saat rambut yang sudah dicatok seharian menjadi mudah kusut setelah beberapa jam. Ada yang pernah mengalami hal ini? Kalau iya, coba simak 7 tips mengurangi rambut kusut di bawah ini!

1. Selalu gunakan kondisioner

7 Cara Sederhana Menaklukkan Rambut Kusut matrix.com

Jangan pernah melewatkan penggunaan kondisioner. Menggunakan kondisioner setelah keramas akan mengembalikan kelembapan dan membuat rambut lebih lembut dan tidak terlalu kusut. 

2. Gunakan masker rambut setidaknya seminggu sekali

7 Cara Sederhana Menaklukkan Rambut Kusut Southernliving.com

Jika kamu bukan tipe cewek yang suka menghabiskan waktu untuk menggunakan masker, coba pikir lagi. Menggunakan masker rambut seminggu sekali meski hanya 30 menit akan meningkatkan tekstur rambut secara signifikan. Masker rambut juga dapat menutrisi, melembapkan dan membuat rambut terlihat lebih berkilau dan sehat.

3. Gunakan sisir berjarak lebar

7 Cara Sederhana Menaklukkan Rambut Kusut pinterest.com

Nggak hanya mengurangi kusut, sisir berjarak lebar juga menjaga rambut agar nggak mudah patah dan menjadi rapuh.

4. Kurangi penggunaan alat penata rambut bersuhu panas

7 Cara Sederhana Menaklukkan Rambut Kusut smartlady.lk

Cara ini mungkin akan menjadi tantangan sulit bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan alat catok. Tapi usahakanlah untuk nggak menggunakannya setiap hari.

5. Lindungi rambut saat tidur

7 Cara Sederhana Menaklukkan Rambut Kusut overstock.com

Tahukah kamu jika rambut juga bisa kusut saat kita tidur? Sebaiknya ikat rambut dengan kepang longgar atau ganti sarung bantal dengan bahan satin untuk mengurangi gesekan pada rambut.

6. Keramaslah dengan menggunakan air dingin

7 Cara Sederhana Menaklukkan Rambut Kusut independent.co.uk

Keramas dengan air dingin sebelum membasahi seluruh tubuh dapat mengunci kutikula dan membuat rambut menjadi nggak terlalu kusut.

7. Sisir rambut secara konsisten

7 Cara Sederhana Menaklukkan Rambut Kusut healthywomen.org

Sebaiknya sisir rambut sebanyak 2-3 kali per hari menggunakan bahan yang lembut sebelum mandi dan tidur. Ingatlah untuk menyisirnya secara lembut, mulai dari tengah ke bawah, lalu atas ke tengah.

 

BACA JUGA: Bukan Hanya untuk Kulit, Ini 5 Manfaat Vitamin E untuk Rambut