Kutu rambut tampaknya sudah cukup banyak dikenal karena bisa menyerang siapa saja. Kutu rambut merupakan parasit kecil yang biasanya hinggap dan bertelur di rambut lalu menghisap darah di kepala.

Adanya kutu rambut bisa merugikan karena selain merusak rambut juga bisa menimbulkan rasa gatal pada bagian kepala. Untuk itu kutu rambut haruslah dibasmi misalnya dengan menggunakan berbagai bahan yang cenderung aman seperti berikut. 

1. Cuka

11 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Paling Umum Instagram.com/Aspallvinegar

Hampir semua orang tahu bahwa cuka memiliki sifat asam sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan kutu rambut. Bukan hanya kutunya saja melainkan juga telur kutu dapat dibasmi dalam waktu yang cukup singkat.

Namun penggunaan cuka pada kulit kepala harus dilakukan dengan hati-hati. Oleskan 2 sdm cuka pada kulit kepala sebelum tidur malam dan keramasilah rambut esok paginya. 

2. Minyak zaitun

11 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Paling Umum Pixabay.com/Umber Ber

Minyak yang berasal dari buah zaitun juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut. Memang sejak dulu minyak zaitu ini sudah dikenal dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. 

Untuk menghilangkan kutu rambut caranya oleskan minyak zaitun di kulit kepala setelah keramas lalu pijat lembut. Kemudian diamkan sampai keesokan harinya dan keramasilah rambut setelahnya.

3. Mayonnaise

11 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Paling Umum freepik.com/xamtiw

Kebanyakan orang suka mayonnaise sebagai pelengkap masakan atau makanan. Namun ternyata mayonnaise juga dapat berguna untuk menutupi saluran napas kutu hingga kutu bisa dibasmi. 

Mayonnaise bisa digunakan dengan cara menggosokkannya pada kulit kepala lalu biarkan selama semalaman. Esoknya jangan lupa untuk membersihkan rambut dari mayonnaise dan kutu yang telah mati. 

4. Lemon

11 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Paling Umum Thelocalpalate.com

Buah segar yang satu ini rupanya juga dapat bermanfaat untuk mengusir kutu rambut. Sebab kandungannya asam yanga da pada buah ini cenderung tinggi. 

Kamu bisa menggunakan air hasil perasan lemon untuk kemudian diteteskan pada kulit kepala. Jangan lupa pula untuk memijit kepala setelah itu dan membersihkannya. 

5. Alkohol

11 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Paling Umum https://pixabay.com/

Alkohol dengan kadar 70% juga dapat difungsikan untuk menghilangkan kutu rambut yang berbahaya. Sebab alkohol memiliki kandungan isoprofil yang dapat membasmi kutu rambut dan telurnya.

Tuangkan saja alkohol pada tangan lalu oleskan di kulit kepala secara merata. Setelah didiamkan selama beberapa menit sisirlah rambut maka kutu akan berjatuhan. 

6. Bawang putih

11 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Paling Umum Pixabay.com

Bumbu dapur bawang putih rupanya diketahui memiliki kandungan capsaicin. Kandungan yang ada pada bawang putih tersebut dapat mengusir kutu serta telurnya.

Caranya adalah menggiling 10 siung bawnag putih sampai halus lalu oleskan pada kulit kepala. Biarkan selama 30 menit saja lalu keramasilah rambut Kamu setelahnya. 

7. Minyak kelapa

11 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Paling Umum Freepik.com

Minyak kelapa sebenarnya mengandung asam lemak jenuh sehingga bisa menghilangkan kutu rambut. Selain itu minyak kelapa juga mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan rambut. 

Cara penggunaannya pada rambut adalah sama dengan sengan seblumnya yaitu minyak kelapa dioleskan pada kulit kepala lalu didiamkan sebelum akhirnya dibilas. 

8. Mouth wash

11 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Paling Umum Anninhthudo.vn

Satu lagi produk yang dapat digunakan untuk mengusir kutu rambut yaitu mouth wash. Produk ini merupakan obat kumur yang tidak hanya ampuh mengusir kuman pada mulut tetapi juga mampu menghilangkan kutu rambut. 

Caranya sangat sederhana hanya dengan menuangkan mouth wah pada telapak tangan lalu oleskan di kulit kepala. Kemudian diamkan selama beberapa jam lalu setelah itu rambut bisa dibilas

9. Petroleum jelly

11 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Paling Umum healthline.com

Kandungan lemak pada petroleum jelly rupanya sangat cocok bila digunakan untuk mengusir kutu rambut. Bahkan telur dari kutu rambut juga dapat dibasmi dengan menggunakan petroleum jelly.

Petroleum jemmy bisa dioleskan ke dalam kulit kepala lalu ditutup dengan handuk atau shower cap dan biarkan selama beberapa lama sebelum akhirnya dibilas. 

10. Sisir serit

11 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Paling Umum https://pixabay.com

Peralatan rambut yang juga dinilai sangat ampuh untuk menghilangkan kutu rambut adalah sisir serit. Sisir jenis ini bahkan sudah digunakan sejak dulu untuk melenyapkan kutu dari jenis rambut apapun.

Sebaiknya pilihlah sisir serit dengan jarak sebesar 0,2 mm. Maka sisir serit akan memberikan hasil maksimal dalam menghilangkan kutu rambut. 

11. Dimeticone lotion

11 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Paling Umum https://pixabay.com/

Produk terakhir yang juga berguna untuk menghilangkan kutu rmabut dan telurnya adalah losion dimeticone. Losion ini dinilai sangat ampuh dalam membasmi kutu rambut sehingga sering digunakan oleh banyak orang. 

Losion ini bisa diaplikasikan pada kulit kepala lalu didiamkan selama 8 jam. Jangan lupa untuk membersihkan rambut Kamu setelah menggunakan losion tersebut.

Munculnya kutu rambut yang mengganggu sudah tentu harus segera ditangani sebelum telur kutu semakin banyak. Dengan melakukan berbagai cara seperti di atas maka kutu rambut akan menghilang dari rambut Kamu. 

Sebaiknya berbagai cara di atas dilakukan secara rutin dan terus-menerus sampai kutu rambut dan telurnya menghilang secara keseluruhan. Maka rambut Kamu akan kembali sehat sekaligus tampil memikat.