Tak hanya dengan pasangan saja yang kamu harus jujur, dengan sahabat pun demikian. Karena dalam setiap hubungan dibutuhkan komunikasi dan keterbukaan satu sama lain, agar dapat saling memahami. Satu hal yang paling menyedihkan adalah ketika kamu menahan diri untuk mengungkapkan sesuatu yang sangat perlu ia dengar. Misalnya tentang pendapatmu pada sikapnya. Sebagai seseorang yang dekat dengannya, tentunya pendapatmu akan menjadi pertimbangan, namun di satu sisi jika pendapat ini asal terucap kamu bisa saja menyakitinya. Untuk itu, lakukan tips berikut jika kamu ingin jujur padanya.

1. Pilih waktu yang tepat

Simak 3 Caranya untuk Jujur dengan Sahabatmu Saat Ada Sesuatu yang MenggangguGossip Girl/EW/gossip-all-around-forumfree.com

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengidentifikasi masalah yang sebenarnya. Setelah kamu sendiri tahu betul akar masalahnya, barulah cari waktu yang tepat untuk mengeluarkan pendapatmu. Cobalah memilih waktu ketika dia sedang santai dan moodnya terlihat bagus, sebagai sahabatnya kamu pasti tahu kapan waktu-waktu ini akan terjadi.

2. Jangan menyerangnya

Simak 3 Caranya untuk Jujur dengan Sahabatmu Saat Ada Sesuatu yang MenggangguGossip Girl/EW/quotesvil.com

Meski kamu tahu semua hal tentangnya dan merasa bahwa apa yang dilakukannya adalah salah, jangan pernah menyerangnya. Sampaikan pendapatmu tanpa menghakiminya, tanpa membuatnya merasa disalahkan dan dihakimi. Kamu pasti tahu di mana titik lemahnya, untuk itu hindari mengutarakan pendapatmu dengan hal-hal yang dapat menyinggung perasaannya.

3. Berpikirlah terbuka

Simak 3 Caranya untuk Jujur dengan Sahabatmu Saat Ada Sesuatu yang MenggangguGossip Girl/EW/ggbygossipgirl.com

Setelah kamu mengungkapkan pendapatmu, berikan juga kesempatan padanya untuk mengungkap pendapatnya. Pahami apa yang dia rasakan dan alasan mengapa dia bersikap demikian. Setelah mendengar penjelasannya, jangan lupa berikan juga dia solusi dari sisimu. Namun tetap serahkan semuanya pada dia, jangan memaksa agar pendapatmu dilakukan olehnya. Karena bagaimana pun dia yang menjalani hidupnya.

Keputusan apapun yang diambilnya, yakinkan dia bahwa kamu akan selalu ada untuknya. Support dia untuk melangkah ke jalan yang diyakininya lebih baik dari saat ini.

BACA JUGA: Punya Sahabat Pisces? Kamu Patut Bangga Sama Dia karena 3 Hal Ini