Bagi sebagian orang memiliki persahabatan terkadang terpaut oleh jarak yang cukup jauh, sehingga membuatnya sulit untuk bertemu dan bermain dengan satu sama lain. Terlebih dengan seiring berjalannya waktu, sebagian orang yang dulunya memiliki teman akrab, kini harus terpisahkan oleh jarak entah karena pekerjaan maupun pendidikan yang dijalani.

Meski terpaut jarak yang jauh, bukan tidak mungkin untuk tetap menjaga komunikasi yang baik dengan temanmu. Kamu masih bisa berkomunikasi dengannya dan menjalin silaturahmi dengan baik. Nah, inilah tips berkomunikasi dengan sahabat yang jauh darimu.

1. Percakapan yang tiada akhir

6 Tips Berkomunikasi yang Baik dalam Persahabatan Jarak Jauhpexels.com/andrea-piacquadio

Salah satu tips agar komunikasi kamu berjalan dnegan baik dalam menjalin persahabatam dengan jarak yang jauh adalah menciptakan sebuah percakapan yang tiada akhir. Jangan biarkan percakapan berakhir dengan pertanyaan pembuka mengenai kabarnya.

Terkadang, karena ingin mengirim pesan yang proper dapat membuatmu mengurungkan niat untuk tidak mengirim pesan sama sekali. Hal ini juga dapat membatasi kamu dari mengirim pesan tentang hal-hal kecil yang tampaknya tidak penting karena menurutmu tidak layak untuk memulai percakapan.

Jadi, kamu bisa langsung mengirimkan temanmu pesan mengenai hal menarik apa yang terjadi padamu di hari itu. Serta menanyakan pendapatnya mengenai hal tersebut. Ini akan membuat percakapan menjadi lebih menarik dan berlangsung lama. Melakukan percakapan yang tanpa akhir dapat membuatmu memastikan bahwa dirimu tetap up to date melalui segala hal kecil yang terjadi. Kamu juga dapat membalas ketika kamu bisa dan melanjutkan percakapan.

2. Bersikaplah realistis

6 Tips Berkomunikasi yang Baik dalam Persahabatan Jarak Jauhpexels.com/andrea-piacquadio

Dalam sebuah persahabatan, sering kali kamu dan temanmu akan memiliki gaya komunikasi yang berbeda. Misalnya, kamu yang suka menunda-nunda mengirim atau membalas pesan temanmu, atau temanmu yang tidak bisa dengan segera membalas pesanmu. Oleh karenanya, agar persahabatan jarak jauh dapat berkembang dengan baik, kamu harus menurunkan ekspektasi dan bersikap realistis.

Kamu perlu memberikan temanmu ruang pribadinya. Ingatlah untuk jangan menyimpan dendam dan bahkan jangan biarkan temanmu meminta maaf saat dirinya membutuhkan waktu untuknya sendiri. Ini karena kalian memiliki hak dan ruang pribadi masing-masing.

Hal yang terpenting adalah temanmu berada di momen-momen besar maupun penting dalam hidupmu. Temanmu akan mengangkat teleponmu saat kamu berada dalam keadaan darurat, hal itulah yang paling penting dalam persahabatan.

Bersikaplah realistis mengenai apa yang kamu harapkan dari persahabatanmu satu sama lain, dan jangan terlalu memikirkannya. Jika mereka membutuhkan waktu dua hari untuk membalas, itu berarti kamu dapat melakukannya juga saat kamu membutuhkannya. Jika itu benar-benar menjadi suatu masalah dalam persahabatan kalian, maka diskusikanlah secara bersama.

3. Berbagi momen bersama

6 Tips Berkomunikasi yang Baik dalam Persahabatan Jarak Jauhpexels.com/ekaterina-bolovtsova

Siapa bilang persahabatan yang terpaut jarak jauh tidak bisa menikmati berbagai hal bersama? Tentu bisa dilakukan, lho! Meski menjadi hal yang sulit untuk dilakukan untuk menghabiskan momen bermain dan beraktivitas dengan bertemu langsung, ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan.

Kamu bisa saling merekomendasikan buku yang akan kalian baca bersama. Lalu, membaginya dengan beberapa bab, yang di mana saat kalian selesai membaca bab tersebut, kalian bisa melakukan video call untuk membahasnya bersama-sama. Ini dapat menjadi alternatif cara yang menyenangkan untuk hangout dan berbagi sesuatu bersama dengan sahabatmu.

Kamu juga bisa mengganti buku tersebut dengan rekomendasi film, lagu, drama/series, atau hal lainnya. Atau bahkan melakukan Teleparty atau menonton film maupun series secara bersama-sama melalui online. Ini menjadi aktivitas yang menyenangkan dalam berdiskusi mengenai suatu hal bersama. Kamu juga bisa, lho, berbagi resep makanan bahkan memasak bersama melalui video call dengan sahabatmu.

4. Ungkapkan kerinduanmu saat kamu cemas merasa takut ditinggalkan

6 Tips Berkomunikasi yang Baik dalam Persahabatan Jarak Jauhpexels.com/gustavo-fring

Terkadang, dalam persahabatan kamu merasa menjadi resah karena terpisah jarak yang jauh dengan temanmu. Kamu juga mungkin takut dan cemas karena merasa ditinggalkan saat melihat temanmu di media sosial bermain dengan teman di tempatnya tinggal. Perasaan seperti ini mungkin terlihat 'konyol', tetapi itu nyata adanya.

Saat kamu mulai merasakan hal tersebut atau bahkan merindukan sahabatmu, maka bagikanlah dan ungkapkanlah kepadanya. Dengan mengakui hal-hal sulit dalam persahabatan yang terpat jarak jauh, kamu dapat memastikan bahwa kamu tidak menyimpan emosi.

Kamu juga ingin tidak membiarkan kebencian terbangun dalam dirimu. Kamu justru akan mendapatkan kesempatan untuk mengekspresikan dirimu. Sahabatmu yang berada di jarak yang jauh pun kemungkinan akan merasakan hal yang sama, dan ini menjadi pengingat yang bagus bahwa temanmu juga merindukanmu.

5. Manfaatkanlah media dan teknologi

6 Tips Berkomunikasi yang Baik dalam Persahabatan Jarak Jauhpexels.com/matilda-wormwood-

Normalisasikan pengiriman foto satu sama lain karena terkadang lebih mudah daripada mengetik sesuatu dan memungkinkan kamu dan temanmu merasa seperti ada di tempat masing-masing. Kamu juga dapat menggunakan voice note saat ingin menceritakan suatu hal tanpa repot-repot mengetik secara panjang. 

Tentu kamu bisa menghubungi dengan panggilan telepon. Namun, hal itu tentu memerlukan waktu yang luang untuk bebas bercerita sepuasnya bagi kamu maupun temanmu. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan voice note untuk mempersingkat waktu, tetapi tetap bisa bercerita dengan sahabatmu.

Kamu tentunya bisa memanfaatkan teknologi lainnya, seperti Teleparty untuk menonton drama atau film bersama. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi seperti Zoom atau Google Meet, maupun aplikasi lainnya. Teknologi dapat membuat segalanya lebih mudah untuk tetap berkomunikasi dengan sahabatmu. Kamu juga bisa saling membagikan rekaman video maupun playlist lagu di podcast agar bisa tetap saling terhubung dengan sahabatmu.

6. Buatlah pengingat

6 Tips Berkomunikasi yang Baik dalam Persahabatan Jarak Jauhpexels.com/marko-klaric

Dalam sebuah persahabatan hal-hal kecil sangat berarti. Meski kamu tidak dapat bertemu secara langsung dengan sahabatmu yang terpaut jarak jauh, kamu masih bisa memberikan semangat kepadanya. Kamu bisa mengirimkan pesan mengenai momen-momen kecil yang terjadi padanya dengan memberikan apresiasi dan pujian. Ketika sahabatmu melakukan sebuah perjalanan, kamu dapat mendoakannya agar penerbangannya aman dan selamat sampai tujuan. Kamu juga bisa bertanya mengenai bagaimana penerbangan atau perjalanan yang ditempuhnya.

Kamu juga bisa, lho, menyetel pengingat momen-momen spesial seperti ulang tahun sahabatmu, hari pertama kalian menjadi bestie, dan momen bahagia lainnya di kalendermu. Ini dilakukan agar kamu tidak lupa akan momen-momen tersebut sehingga kamu bisa mengirimkan pesan pada sahabatmu atau merayakannya bersama.

Inilah yang membuat perbedaan dalam persahabatanmu. Meski terpaut jarak yang jauh, tidak menjadi halangan untuk kamu memiliki komunikasi yang baik dengannya dan saling menunjukkan kepedulian. Jarak bukanlah penghalang bagi kamu dan sahabatmu untuk bisa menjalin hubungan persahabatan dengan baik. Serta menikmati momen dalam hidup secara bersama-sama.

Baca Juga: 13 Bukti Persahabatan Artis Paling Cocok Berdasarkan Zodiak

Baca Juga: 8 Tanda Persahabatan Idol K-Pop, Dari Tato Hingga Aksesori Cincin

Baca Juga: 5 Fakta Persahabatan Jungkook ‘BTS’ dan Yeo Jin Goo, Sesama 97 Line!