Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tips Menikmati Masa Single agar Menjadi Jomblo Bahagia!

Status itu bukan segalanya, kok.

Raizza Monik Setiawanti

Biasanya kebahagiaan itu sangat erat dikaitkan dengan yang namanya cinta. Maka dari itu, sering muncul stigma bahwa seseorang akan dianggap bahagia jika sudah memiliki pasangan. Padahal, kenyataannya tidak selalu begitu.

Orang yang berada dalam suatu hubungan belum tentu mereka bahagia, begitu pun sebaliknya. Ini menjadi bukti bahwa kebahagiaan itu tidak bisa ditentukan oleh status. 

Kamu tetap bisa menjalani hidup bahagia dan menjadi dirimu sendiri dengan status jomblo, lho. Caranya bisa dengan mengikuti 7 tips menikmati masa single dari Popbela berikut ini!

1. Bangun koneksi seluas-luasnya

Pexels.com/ELEVATE

Ketika single, ada baiknya kamu lebih proaktif untuk membangun koneksi dengan banyak orang di hidupmu. Jika itu orang baru, cobalah untuk memulainya dengan membuat kesan yang baik. Lalu jika orang lama, cobalah untuk jalin kembali hubungan dengan cara bertemu dan mengingat-ingat kembali momen bersama.

Jalinan koneksi ini tentunya akan sangat membantu, terutama di masa-masa single mu. Selain bisa membuat hari-harimu tidak sepi, koneksi yang luas juga bisa mendatangkan rezeki, lho.

2. Habiskan lebih banyak waktu bersama keluarga dan sahabat

Pexels.com/Kampus Production

Jalin koneksi jangan hanya kepada orang-orang luar saja, ya, Bela. Jangan lupakan orang-orang yang berperan sangat penting dalam hidupmu, yaitu keluarga dan sahabat.

Saat single, jangan pernah takut akan rasa sepi. Kamu masih memiliki keluarga dan sahabat yang selalu siap untuk menemanimu. Meskipun memang mereka tetap memiliki waktu untuk keperluan mereka sendiri. Akan tetapi, percayalah, mereka tetap akan meluangkan waktu untukmu. Jadi, manfaatkan momen ini, ya.

3. Belajar mengenali diri lebih dalam dan merawatnya

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Sembari menjalin hubungan yang berkaitan dengan hal luar, coba juga untuk jalin hubungan dari dalam yaitu dengan dirimu sendiri. Belajarlah untuk mencari tahu apa maumu dan apa yang ingin kamu lakukan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan waktumu untuk merawat diri. Satu hal yang perlu diingat adalah lakukan hal ini demi kebahagiaan dirimu sendiri bukan orang lain.

4. Tetapkan tujuan dan fokus pada perkembangan

freepik.com/ pvproductions

Menjadi single itu memberi kamu kesempatan untuk benar-benar membuat dirimu bertanggung jawab, mendukung diri sendiri, dan membuat keputusan serta tujuan hidup.

Gunakan waktu ini untuk memperjelas apa yang ingin kamu capai, apakah itu pribadi, keuangan atau hal lain. Setiap kali kamu berhasil mencapai sesuatu, cobalah untuk merenungkan sejauh mana kamu berusaha dan lihat apa yang sudah berkembang.

5. Jadilah spontan dan berani

Unsplash.com / Helena Sollie

Satu hal yang paling disyukuri dari menjadi seorang single adalah memiliki kebebasan yang luas. Kamu bisa menjalankan apapun yang kamu mau tanpa perlu memikirkan bagaimana orang lain.

Ada banyak kebebasan bagi seorang single untuk bisa merancang jenis kehidupan yang ingin ia ciptakan. Untuk itu, jadilah lebih spontan dan berani untuk mengeksplorasi banyak hal.

6. Carilah hobi baru

Pexels.com/Mentatdgt

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan saat sendiri adalah menjalani hobi. Ini adalah kegiatan yang sangat positif yang tidak hanya bisa membantumu mengatasi rasa kesepian tetapi juga membuatmu berkembang.

Jika kamu merasa sudah cukup sering melakukan hobimu, cobalah untuk eksplor hobi baru. Temukan komunitas di sana dan buat dirimu mendapatkan pengalaman yang berharga. 

7. Jelajahi berbagai tempat

Pexels.com/Viktor Freitas

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk bisa menikmati masa sendiri mu adalah dengan menjelajahi berbagai tempat. Cara ini akan ampuh dan efektif untuk bisa membuat dirimu lebih bisa menikmati hidup.

Ketika kamu menjelajahi berbagai tempat, kamu pasti akan disuguhkan oleh berbagai macam ciptaan Tuhan. Inilah yang nantinya akan membuatmu berpikir untuk lebih bersyukur akan segalanya, termasuk status jomblo-mu.

Itulah tadi sejumlah tips menikmati masa single dari Popbela. Bagaimana, kamu siap untuk jadi jomblo bahagia?

IDN Media Channels

Latest from Single