Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Akibat Ingkar Janji, Membuat Hidup Nggak Tenang!

Jangan umbar janji kalau nggak bisa ditepati!

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Janji adalah salah satu hal yang nggak bisa disepelekan dalam hidup. Sebab, janji akan berpengaruh dalam setiap hubungan persahabatan, percintaan, juga keluarga. Untuk menjaga hubungan tetap baik, semua harus dibangun dengan rasa percaya dan saling menghargai. Namun, ketika kamu mencederainya dengan ingkar janji, tentu akan memberi dampak negatif.

Akibat mengingkari janji, tak jarang membuat hubungan menjadi rusak, apalagi kalau kamu sering melakukannya. Dalam artikel yang dikutip dari beberapa sumber ini, kamu akan memahami arti dan akibat ingkar janji dalam kehidupan. 

Pengertian Ingkar janji

Pexels.com/Tirachard Kumtanom

Janji adalah ucapan yang berarti bahwa kita sanggup dan bersedia melakukan sesuatu kepada diri sendiri mau pun orang lain. Janji ibarat utang, maka wajib bagi kamu untuk menepatinya jika sudah berucap. Sementara itu, ingkar janji adalah ketika kamu nggak melakukan apa yang sudah kamu katakan kepada orang lain. 

Dalam hal ingkar janji, kamu akan mendapat banyak risiko yang dialami jika sering nggak menepatinya. Lalu, apa saja dampak buruk akibat ingkar janji? 

1. Tak lagi mendapat kepercayaan

Freepik.com/gpointstudio

Manusia nggak luput dari kesalahan, mungkin kita semua pernah secara nggak sengaja ingkar janji. Orang bisa memaklumi kalau kita melakukannya sekali, tetapi kalau terlampau sering, apakah mungkin kita bisa dipercaya lagi? Mereka pun pasti nggak akan minat lagi denganmu.

Mungkin kamu akan berpikir, kepercayaan dari orang terdekat nggak ada pengaruh apa pun dalam hidup. Namun, jangan salah! Akibat ingkar janji yang sering dilakukan akan menunjukkan bagaimana nilai dirimu. Ketika nanti sudah menjangkau lingkungan yang lebih luas, kamu akan mengerti betapa pentingnya sebuah janji. 

2. Menghambat perjalanan karier

Pexels.com/Yan Krukau

Siapa sangka, akibat ingkar janji ternyata bisa menghambat dalam perjalanan kariermu? Landasan utama untuk mencapai kesuksesan adalah komitmen dan rasa tanggung jawab. Jika ingin membuktikan itu, kamu perlu menjaga hubungan interpersonal dengan menghindari perbuatan ingkar janji.

Kalau saja sikap ini sudah menjadi tabiat di kehidupanmu sehari-hari, tentu ini akan menyulitkan diri sendiri untuk masa depan. Maka dari itu, kamu perlu memperbaiki semuanya sebelum memasuki dunia profesional. Berusahalah dan belajar untuk menepati janji!

3. Semua orang akan menjauh

Pexels.com/cottonbrostudio

Akibat ingkar janji selanjutnya yang bisa dirasakan adalah ketika semua orang muak dengan sikapmu dan memilih menjauh. Mereka merasa sudah nggak ada gunanya lagi untuk menaruh kepercayaan denganmu. Apalagi kalau itu terjadi di dalam keluarga, khususnya orangtua. Bahkan, kekasih atau teman-temanmu sudah malas untuk menanggapimu lagi. Hal menyedihkan seperti ini akan terjadi jika kamu nggak berniat untuk mengubahnya, Bela.

4. Tidak diberi kesempatan untuk bertanggung jawab

Pexels.com/Anna Shvets

Karena sering ingkar janji, akibatnya kamu nggak pernah dapat kepercayaan untuk diberi tanggung jawab oleh orang lain. Ini bisa terjadi jika sikapmu ini sudah diketahui banyak orang, maka rumor buruk itu akan mengalir dari mulut ke mulut. Kalau sudah begini, kamu akan rugi besar, lho.

Nggak menepati janji membuat orang khawatir dan menganggap kamu akan lari dari segala amanah dan tanggung jawab. Mereka nggak ingin mengalami kerugikan karena perbuatan buruk itu.

5. Pertengkaran dan kebencian

Freepik.com/drobotdean

Nggak hanya dijauhi atau dikucilkan, terjadinya pertengkaran juga akibat dari ingkar janji. Banyak orang yang merasa nggak terima kalau kamu membatalkan ucapanmu begitu saja. Bahkan, perkara ingkar janji saja bisa menjadi sangat rumit seperti membawa ke ranah hukum.

Selain itu, akan tumbuh rasa kebencian imbas dari sikap buruk yang dilakukan. Seperti halnya, membatalkan perjanjian karena ingin mendahulukan kepentingan diri sendiri. Dari sinilah kita bisa mengambil pelajaran untuk berempati dan bertanggung jawab dengan orang lain. Namun, bukan berarti kamu nggak boleh menyelesaikan urusan pribadi, ya. Hanya saja, kamu menyikapinya lebih bijaksana lagi.

6. Jarang merasakan kebahagiaan

Freepik.com/drobotdean

Ketika sudah terbiasa ingkar janji, bisa saja orang lain juga akan melakukan hal yang sama denganmu. Jadi, jangan marah dengan hal ini! Karena apa yang kamu tanam, itulah yang kamu tuai. Akibat ingkar janji, kamu mulai jarang merasakan kebahagiaan, karena sering kecewa dengan sikap orang-orang. Nggak ada seorang pun yang bisa bertahan dengan situasi seperti ini, kan?

7. Selalu muncul perasaan bersalah

Freepik.com/freepik

Nggak bisa terbantahkan lagi, akibat ingkar janji bisa memunculkan perasaan bersalah yang menghantui pikiranmu. Pastinya kamu merasa bersalah dengan orang-orang yang kamu kecewakan. Renungkan lagi setiap kalimat yang kamu ucapakan, dan berapa kali yang nggak kamu tepati sampai orang-orang terdekat pun kecewa. 

Karena rasa bersalah itu, kamu menjadi nggak tenang. Khawatir, kecemasan, selalu terbayang setiap harinya. Nggak enak banget, kan? 

Apa yang harus dilakukan jika sudah terlanjur ingkar janji?

Freepik.com/8photo

Disengaja atau nggak, mengingkari janji akan merusak kepercayaan seseorang terhadapmu. Jika sudah terlanjur, kau perlu mengatasi dan memperbaiki hubungan apa pun dengan langkah-langkah di bawah ini.

  • Akui kesalahan dan jelaskan dengan jujur mengapa kamu mengingkari janji.
  • Ungkapkan penyesalan dengan tulus atas tindakan yang kau lakukan dan mengambil langkah untuk memperbaikinya.
  • Belajar dari kesalahan di masa lalu, hindari pengingkaran janji dan buktikan itu.

Itulah pembahasan tentang arti dan akibat ingkar janji dalam kehidupan. Kalau kamu sudah memahaminya, jangan lagi mencoba mengingkari janji ya!

IDN Media Channels

Latest from Single