Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pick Me Girl Artinya Ingin Berbeda, Istilah Ini Populer di TikTok

Bahasa gaul yang populer

Nafi' Khoiriyah

Media sosial menjadi tempat munculnya bahasa dan istilah baru. Belum lama ini, media sosial TikTok sedang ramai dengan istilah pick me girl. Tren pick me girl pun berseliweran dan membuat orang bertanya-tanya mengenai istilah ini. 

Pick me girl artinya adalah perempuan yang mengklaim bahwa bergaul dengan laki-laki jauh lebih baik daripada bergaul dengan para perempuan. Mereka sering mengolok-olok perempuan lainnya dengan hal-hal feminin yang mainstream. 

Dengan sifat tersebut, pick me girl menjadi suatu sifat yang perlu dihindari. Supaya kamu tidak menjadi orang yang semacam itu, simak pengertian, penyebab, dan cara mengatasi perilaku pick me girl  berikut ini. 

1. Apa itu pick me girl?

pexels.com/Vinicius Wiesehofer

Menurut Urban Dictionary, pick me girl artinya adalah seorang perempuan yang berusaha keras untuk membuat laki-laki menjadi terkesan dengan membuat dirinya tidak seperti perempuan lainnya. 

Perempuan dengan sifat ini akan mencari validitas laki-laki di atas segalanya, bahkan sampai merugikan perempuan lainnya. Sebab, tujuan mereka adalah untuk dipilih dan dianggap layak oleh laki-laki di sekitarnya. 

Mereka rela meninggalkan teman perempuan lainnya untuk mengamankan perasaannya. Sebab, mentalitas seorang pick me girl lahir dari upaya untuk menghindari perasaan menyakitkan ketika ditolak. 

2. Bagaimana dengan pick me boy?

unsplash.com/Samsung UK

Sebaliknya, ada pula tren pick me boy yang merupakan kebalikan dari pick me girl. Kalau tren pick me girl sebelumnya mencoba mencari cara untuk mendapatkan validitas laki-laki, pick me boy justru melakukan apa saja untuk membuat perempuan terkesan dengan konotasi yang buruk. 

Mereka biasanya akan merendahkan dirinya dengan sengaja untuk mencari validitas perempuan. Misalnya dengan memancing pujian dengan cara membandingkan dirinya dengan laki-laki yang lainnya. 

3. Munculnya tren pick me girl

pexels.com/cottonbro

Istilah pick me girl tersebut mulanya muncul di Twitter melalui tagar #TweetLikeAPickMe yang digunakan untuk mengejek perempuan yang termasuk dalam kategori boy's girl. Mereka juga membanggakan dirinya sebagai wifey material

Istilah itu kemudian muncul kembali di antara para Gen Z di tahun 2022 dengan tagar #PickMeGirl di TikTok. Namun yang menjadi masalah adalah bahwa istilah tersebut kemudian menjadi berkonotasi negatif. Beberapa bahkan menggunakan tren pick me girl untuk menyebutkan perilaku seksis yang dilakukan oleh perempuan yang lainnya. 

4. Cara memahami pola pikir pick me girl

pexels.com/Sharefaith

Untuk memahami perilaku pick me girl, maka kita perlu memahami mengenai internalized misogyny. Internalized misogyny merupakan cara untuk menggambarkan perempuan yang merasa benci dengan jenis kelamin mereka sendiri. 

Tanpa disadari, hal tersebut sering terjadi ketika perempuan tumbuh di dalam budaya dengan nilai patriarki. Misalnya, saat kita memiliki keinginan untuk tampak beda dari orang yang lainnya. 

Namun, sebagian perempuan percaya bahwa jika mereka menjauhkan diri dari stereotip perempuan tradisional yang feminin dan lemah lembut, akan membuatnya lebih superior. 

5. Ciri-ciri orang yang pick me girl

pexels.com/Laura Stanley

Setelah mengetahui bahwa pick me girl artinya adalah seseorang yang ingin terlihat 'berbeda', maka kamu bisa melihat ciri-ciri seorang yang pick me girl berikut ini. 

1. Sering mempermalukan perempuan yang lainnya

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, seorang pick me girl tidak segan-segan untuk merendahkan sesama perempuan lainnya. Ia merasa bahwa dirinya lebih keren karena tidak mengikuti standar sosial perempuan di sekitarnya. Bahkan, mereka tak ragu untuk mengejek dan merendahkan orang lainnya agar merasa lebih baik. 

2. Memilih hanya berteman dengan laki-laki

Berteman dengan siapa saja bukan merupakan suatu masalah, entah itu perempuan atau laki-laki. Namun, seorang pick me girl kebanyakan akan memilih untuk berteman dengan para laki-laki saja dibandingkan dengan teman perempuan. Sebab, mereka menganggap bahwa perempuan terlalu lemah, emosional, drama, dan semacamnya. 

3. Berpenampilan berbeda dengan perempuan pada umumnya

Terakhir, seorang pick me girl sering membuat laki-laki terkesan dengan cara tampil berbeda dari perempuan lainnya. Misalnya, mereka enggan memakai makeup atau skincare di saat perempuan lain menyukainya agar terlihat lebih menonjol. 

6. Kalimat yang sering diucapkan pick me girl

Freepik.com/nakaridore

Selain ciri-ciri di atas, kamu juga bisa mencurigai apakah seseorang adalah pick me girl dari ucapannya. Sebab, ada beberapa kalimat yang sering diucapkan mereka seperti:

  1. "Paling nggak bisa deh punya temen cewek, kebanyakan drama sih. Aku kan anaknya anti drama." 
  2. "Ini emang cuma aku aja ya yang nggak pernah pakai makeup?"
  3. "Buset ribet banget deh kamu. Kayak aku dong sat set sat set doang udah kelar." 
  4. "Aku sih lebih milih baca buku di rumah ya daripada kayak cewek lainnya yang suka ke mall." 

7. Cara mengatasi pola pikir pick me girl

Freepik.com/pressahotkey

Tanpa disadari, hampir setiap orang mungkin mempunyai sifat pick me. Hal itu karena akan selalu ada keinginan untuk merasa diterima dalam suatu kelompok.

Namun, semua itu bukan menjadi pembenaran untuk menjelekkan preferensi atau selera orang lain untuk membuat diri sendiri lebih baik. 

Jadi, cara untuk mengatasi pola pikir ini adalah dengan menghargai satu sama lain. Mulai dari menghargai pendapat, pilihan, sampai penampilan orang lain. Ingat bahwa kita tidak harus menjatuhkan hanya demi terlihat tinggi. 

Melalui ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pick me girl artinya adalah seorang perempuan yang berusaha terlihat berbeda untuk mendapatkan validitas laki-laki.

Mereka tidak segan-segan untuk merendahkan sesama perempuan lainnya untuk membuat dirinya merasa lebih baik. 

IDN Media Channels

Latest from Single