Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Menurut Penelitian, Ini 5 Cara Move On dari Mantan Paling Efektif

Tips move on paling cepat, nih

Mega Dini

Bagi sebagian generasi milenial, move on merupakan salah satu hal yang sulit dilakukan. Nggak jarang sebagian dari kita mencari cara terbaik untuk move on dari internet ketika kita merasa sudah nggak tahu lagi harus berbuat apa. Ketika teman memberikan tips versinya untuk melupakan mantan, ternyata tips tersebut nggak berpengaruh apa-apa pada diri kita.

Setiap orang memang punya cara sendiri untuk move on dari mantan. Namun sebuah penelitan menarik yang dimuat dalam Journal of Experimental Psychology: General memberikan cara move on dari mantan berdasarkan pengamatan mereka terhadap 24 responden yang patah hati, baik mereka yang baru diputusi pacar atau baru saja memutuskan pacarnya. Lalu, apa yang mereka lakukan dalam penelitian tersebut?

1. Membayangkan hal negatif tentang mantan

popbela.com

Responden yang rata-rata menjalin hubungan dengan mantannya selama 2,5 tahun ini diminta oleh para peneliti untuk mengingat hal-hal buruk yang dilakukan mantannya dulu. Misal saja, kamu mengingat kebiasaan buruk mantan yang sering menggunakan baju yang sama selama berhari-hari, kebiasaan merokok yang sangat mengganggu hingga selalu lupa saat membuat janji.

2. Membaca kalimat motivasi

popbela.com

Tips move on kedua yang disarankan peneliti adalah sering-sering membaca kalimat yang mendorong mereka untuk menerima kenyataan dan tentang apa yang mereka rasakan. Kalimat tersebut seperti, “Lebih baik melajang ketimbang terjebak di hubungan yang menyiksa”, “Rasa sakit hari ini adalah bagian menuju kebahagiaan di masa depan”, Lebih baik pernah mencintai dan kehilangan daripada nggak pernah dicintai sama sekali” dan seterusnya.

3. Mencari subjek atau objek lain sebagai pengalihan

popbela.com

Ketimbang terus memikirkan mantan dan mempertanyakan kenapa dia tega meninggalkan kamu, peneliti menyarankan untuk mengalihkan pikiranmu kepada orang lain. Misal, kamu boleh memikirkan teman kantor yang menurutmu menarik, melihat-lihat fotonya di Instagram atau bahkan membayangkan jika kamu dekat dengannya. Nggak melulu orang, kamu juga boleh mengalihkan pikiran ke hal lain, misal tentang makeup keluaran terbaru atau smartphone yang sudah lama kamu incar.

4. Menghadapi mantan yang muncul tiba-tiba

popbela.com

Adakalanya ketika kita masih berteman dengan mantan di media sosial, foto atau update terbarunya akan muncul ketika kita sedang asyik scrolling. Hal tersebut  tentu bakal membuat emosi kamu naik turun. Para peneliti juga ‘mewujudkan’ hal tersebut dengan memajang foto mantan-mantan dari para responden untuk mengecek emosi mereka dan seberapa besar rasa cinta yang tersisa dalam diri responden. Hasilnya, ketiga strategi di atas dinilai cukup efektif.

5. Menulis kebiasaan buruk mantan

popbela.com

Ketiga strategi tersebut memang oke untuk ditiru, tapi jika berbicara tentang cara mengurangi rasa cinta yang tersisa terhadap mantan, maka strategi pertama yaitu mengingat kebiasaan buruk mantan adalah cara paling efektif. Peneliti menyarankan untuk menulis daftar kebiasaan buruk atau hal yang nggak kita suka dari mantan.

Jadi, sekarang sudah nggak bingung lagi kan gimana cara cepat move on dari mantan yang paling efektif?

IDN Media Channels

Latest from Single