Dari sekian banyak genre drama Korea yang ada, genre drama Korea romantis tetap menjadi andalan buat penikmat drama. Bahkan, ada beberapa drama yang dianggap sebagai drama Korea terbaik sepanjang masa, lho. 

Adegan penuh cinta ditambah kutipan manis yang disajikan bikin genre drama Korea romantis selalu memberikan kesan tersendiri, apalagi di hari Valentine seperti ini. Meski perayaan hari Valentine tidak semeriah tahun sebelumnya, kehadiran genre drama Korea romantis sepanjang masa ini bisa menemani kamu melewati hari Valentine dengan manis. 

Tertarik untuk menonton rekomendasi drama Korea romantis terbaik sepanjang masa di hari Valentine? Popbela merangkumnya khusus untuk kamu yang ingin dibuat baper dan tersipu karena adegan romantis.Check this out, Bela. 

1. Winter Sonata (2002)

18 Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang MasaSoompi.com

Tidak akan ada drama Korea romantis selanjutnya, jika tidak dimulai dari drama Korea lawas dan melegenda di Korea Selatan berjudul Winter Sonata. Dibintangi oleh Bae Yoong Joon dan Choi Jiwoo, drama ini mengisahkan tentang Kang Joon Sang (Bae Yoong Joon) yang ingin mencari identitas ayah kandung melalui kehidupan teman sekolahnya, Kim Sang Hyuk (Park Yong Ha)

Di masa-masa sekolah, Kang Joon Sang bertemu dengan Jeong Yoo Jin (Choi Ji Woo). Niat hati hanya ingin mempermainkan, tapi ternyata malah menaruh rasa sayang ke perempuan yang ditemuinya itu. 

Sebuah insiden berat memisahkan Kang Joo Sang dan Jeong Yoo Jin. Kisah cinta mereka untuk bisa bersatu dilalui dengan penuh liku dan banjir air mata. Demi mengenang kesuksesan drama ini, sebuah patung karakter Kang Joo Sang dan Jeo Yoo Jin dibuat dan ditaruh di pulau Nami, salah satu pulau romantis di Korea Selatan. 

Kisah cinta pertama antara Kang Joo Sang dan Jeong Yoo Jin  cocok banget buat menemani kamu di hari Valentine, sambil mengingat kisah cinta pertama yang sulit dilupakan. 

2. Full House (2004)

18 Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang MasaSoompi.com

Teruntuk kamu yang menyukai drama Korea romantis komedi, maka drama Full House menjadi salah satu jawabannya. Drama Korea satu ini dinilai mempunyai alur cerita romansa komedi terbaik sepanjang masa. 

Karakter Han Ji Eun (Song Hye Kyo) dan Young Jae (Rain) sukses menghasilkan chemistry yang kuat dan menggelitik. Keduanya juga sempat dijodohkan oleh penggemar, lho. 

Mengambil kisah tentang aktor kenamaan Korea Selatan, Young Jae dan penulis naskah, Han Jie Eun. Keduanya terlibat sebuah perjanjian kontrak dan tinggal di satu atap di sebuah rumah dekat laut bernama Full House

Meski awalnya sering bertengkar dan usil, akhirnya kedua pasangan ini jatuh hati walau tidak ada yang mau mengakuinya duluan, lantaran gengsi mereka yang terlalu tinggi. Drama Korea romantis Full House bakal mengisi hari Valentine kamu dengan penuh warna dan tidak membosankan.  

3. Sassy Girl Chun Hyang (2005)

18 Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang MasaDramabeans.com

Suka dengan drama Korea romantis berseragam sekolah zaman dahulu? Hhhmm, drama Korea berjudul Sassy Girl Chun Hyang bisa banget kamu tonton ulang di hari Valentine. Aksi kocak dari Lee Mong Ryong (Jae Hee), putra kepala polisi yang kerap membuat masalah di SMA, siap membuat kamu tertawa.

Ia juga senang menjahili Chun Hyang (Han Chae Young), putri seorang rakyat biasa yang menghidupi dirinya sendiri karena tidak memiliki ayah. Kejahilan Mong Ryong tersebut berdampak pada sebuah kesalahpahaman, sehingga mereka dipaksa untuk menikah saat masih muda. 

Awalnya, Mong Ryong menikah dengan Chun Hyang tanpa dilandasi cinta, namun pada akhirnya Mong Ryong-lah yang mengejar cinta Chun Hyang. Berkat Chun Hyang pula, Mong Rong si anak nakal bisa berubah menjadi anak yang giat belajar dan berhasil menjadi seorang jaksa. Drama ini populer banget pada zamannya, Bela. 

4. Coffee Prince (2007)

18 Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang MasaPinterest.com

Mengusung genre drama Korea romantis komedi, Coffee Prince menawarkan alur cerita yang berbeda dari kisah lawas sebuah dongeng Cinderela. Dikisahkan seorang perempuan muda, Go Eun Chan (Yoo Eun Hye) dengan kepribadian tomboinya menyamar menjadi seorang laki-laki dan melamar menjadi seorang barista di sebuah kedia kopi dari seorang pewaris keluarga konglomerat, Choi Han Gyul (Gong yoo). 

Alur cerita semakin menarik dan menggelitik saat Han Gyul mulai naksir dengan Eun Chan. Perasaan sukanya itu sempat membuat Han Gyul bingung karena ia mengira jika dirinya menyukai sesama lelaki. 

Di sinilah, adegan penuh kejutan dimulai. Berbalut romansa yang menyegarkan dan komedi yang mengundang tawa, drama Korea romantis Coffee Prince sukses membuat penggemar gagal move on dan ingin bernostalgia kembali dengan kedua pasangan ikonik ini di hari Valentine.

5. Boys Before Flowers (2009)

18 Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang MasaHancinema.net

Kalau ingat lirik lagu ini almost paradise, achimboda deo nunbusin, kamu pasti sudah membayangkan keempat wajah tampan laki-laki muda dengan busana perlente. Drama Korea romantis terbaik yang diperankan oleh Lee Min Ho dan Goo Hye Sun berjudul Boys Before Flowers memang sulit untuk dilupakan begitu saja. 

Mengisahkan tentang romansa seorang perempuan biasa Geum Jandi (Goo Hye Sun) yang masuk ke sekolah elit, lalu bertemu dengan grup popular F4 terdiri dari keempat pria tampan super kaya, yakni Gu Jun Pyo (Lee Min Ho), Yoon Ji Hoo (Kim Hyun Joong), So Yi Jung (Kim Bum), dan Song Woo Bin (Kim Joon).

Terlibat kebencian satu sama lain, tapi kehadiran Geum Jandi yang pemberani justru membuat Gu Jun Pyo dilanda penasaran dan keduanya saling jatuh cinta. Menariknya, drama ini pula yang mengantarkan nama Lee Min Ho meraih penghargaan dan popularitas tertinggi. 

Walau sudah lebih dari 10 tahun dirilis, drama romantis Boys Before Flowers tetap menjadi salah satu drama klasik yang harus berada di daftar tontonan kamu saat hari Valentine. Romantisnya Jun Pyo bikin hati meleleh, Bela. 

6. Secret Garden (2010)

18 Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang MasaHancinema.net

Secret Garden, drama yang mengambil kisah tentang Kim Joo Won (Hyun Bin), seorang CEO dari sebuah department store dan Gil Ra Im (Ha Ji Won), seorang pemeran pengganti perempuan yang tangkas dan pemberani. 

Pertemuan keduanya terjadi cukup sederhana dan tidak sengaja. Di samping sisi romantisnya yang bikin hati baper nggak karuan, di drama ini juga banyak adegan yang menjadi adegan favorit sepanjang masa, salah satunya adegan ciuman busa yang dilakukan Joo Won ke Ra Im. 

Selain itu, Secret Garden juga menghadirkan adegan jenaka dan konyol yang dialami oleh kedua karakter tersebut. Romantisnya dapat, humornya juga ada. Pas banget buat dinonton bersama pasangan atau orang terkasih, nih. 

7. Personal Taste (2010)

18 Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang MasaSoompi.com

Dalam drama Korea Personal Taste, kamu akan melihat penampilan Lee Min Ho yang lebih santai dan memiliki profesi yang keren, yakni seorang arsitek. Dapat dikatakan, drama ini menjadi salah satu drama awal Lee Min Ho yang cukup menggoda dan banyak adegan romantis yang bikin hati nggak karuan saat menonton. 

Digambarkan sebagai karakter ambisius dan mapan, Jeon Ji Ho (Lee Min Ho) bertemu dengan Park Gae In (Son Ye Jin) yang mencari teman sekamar laki-laki penyuka sesama jenis. Sementara di sisi lain, Ji Ho merupakan laki-laki tampan dengan kebiasaan memperhatikan penampilan dan kebersihan, karena kebiasaan inilah Gae In menduga jika teman sekamarnya itu adalah penyuka sesama jenis.     

Padahal, Ji Ho bukan laki-laki yang seperti itu. Benih cinta di antara keduanya muncul setelah melewati kebersamaan dalam satu rumah. Salah satu aksi romantis yang dilakukan oleh Ji Ho drama ini adalah membelikan pembalut perempuan di minimarket dengan malu-malu. Duh, kapan lagi bisa melihat aksi canggung Lee Minho saat memilih pembalut, kecuali di Personal Taste

8. My Love From The Star (2013)

18 Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang MasaSoompi.com

Seorang alien jatuh hati ke seorang perempuan di bumi, rasanya mustahil. Namun, tidak dengan kisah unik dari drama Korea romantis berjudul My Love from The Star yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun. 

Berperan sebagai Do Min Joon (Kim Soo Hyun), alien yang mendarat ke Bumi 400 tahun silam saat periode Dinasti Joseon. Do Min Joon digambarkan sebagai sosok alien yang sempurna. Tanpa sadar, ia jatuh hati dengan aktris Cheon Song Yi (Jun Ji Hyun) yang memiliki kepribadian humoris dan sangat cocok dipasangkan dengan Do Min Joo yang berkepribadian datar. 

Aksi kocak Song Yi akan membuat kamu tidak berhenti tertawa di hari Valentine, namun di satu waktu akan dibuat tersenyum manis, sekaligus trenyuh dengan adegan romantis dari pasangan beda dunia, alien dan manusia. Dijamin bakal seru saat menonton drama romantis ini.   

9. The Heirs (2013)

18 Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang MasaSoompi.com

Drama Korea romantis dengan tema sekolah, tidak akan pernah membosankan untuk ditonton saat hari Valentine tiba. The Heirs, drama yang dibintangi oleh sederet aktor dan aktris kenamaan Korea Selatan. Ada Lee Min Ho, Park Shin Hye, Kim Woo Bin, Krsytal Jung, Kim Ji Woon, Kang Min Hyuk, dan Kang Haneul  

The Heirs mengangkat kehidupan sekolah elit Korea Selatan, dan seorang gadis kurang mampu (Cha Eunsang) berhasil masuk ke sekolah tersebut. Di sekolah tersebut, Eunsang kembali dipertemukan dengan Kim Tan (Lee Min Ho) yang sebelumnya mereka sempat bertemu di Amerika. 

Tidak hanya terfokus pada pasangan utama, tapi drama ini juga mengulik kisah sad boy dari Choi Young Do (Kim Woo Bin) serta, pasangan second lead yang menggemaskan, Lee Bona (Krystal) dan Yoo Chan Young (Kang Min Hyuk). Beralur cerita ringan dan terselip kisah kocak antara Lee Bona dan Kim Tan membuat drama Korea romantis The Heirs bakal menjadi daftar tontonan yang menarik. 

10. Healer (2014)

18 Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang MasaTwitter.com/soompi

Bosan dengan drama Korea romantis yang berbalut komedi, drama Korea romantis Healer bisa menjadi alternatif kamu menonton bersama pasangan di hari Valentine, nih. Aksi laga dari Ji Chang Wook sebagai sosok misterius dengan kode nama Healer bakal membuat kamu tersenyum, sekaligus deg-degan. 

Walau dipenuhi dengan adegan laga dari Ji Chang Wook, drama ini nggak lepas dari bumbu asmara yang manis diperankan apik oleh Park Min Young (Chae Young Shin) dan Ji Chang Wook. Chemistry yang kuat di antara mereka dijamin bakal membuat kamu gemas dan iri saat Young Shin dengan telaten merawat luka Ji Chang Wook.  

11. Descendants of The Sun (2016)

18 Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang MasaTwitter.com/koreaboo

Tidak bisa menampik jika drama Korea romantis Descendants of The Sun yang diperankan oleh Song Joong Ki dan Song Hye Kyo menjadi drama Korea paling fenomenal dan terbaik sepanjang masa. 

Genre action berbalut romansa dieksekusi dengan sangat baik di drama ini. Mengambil alur cerita tentang Kapten Yoo Shi-Jin (Song Joong Ki) yang merupakan bagian dari pasukan penjaga perdamaian PBB, dan Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo), seorang dokter relawan yang dikirim ke area konflik. Dari sini pula, terlahir julukan manis untuk mereka, yakni Song-Song Couple.

Dalam kehidupan nyata mereka memang tidak bisa bersama kembali, namun menonton drama Korea romantis Descendants of The Sun bisa membuat kamu mengenang kisah manis mereka di hari kasih sayang, Bela.

12. Goblin (2016)

18 Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang MasaSoompi.com

Kalau alien saja bisa jatuh cinta, apalagi dengan Goblin dan seorang manusia, tentu saja bisa saja terjadi dalam drama fantasi romantis berjudul Goblin yang sukses membius banyak penikmat drama Korea. 

Bercerita tang Kim Shin (Gong Yong), seorang jenderal tak terkalahkan di zaman Goryeo. Ia meninggal dengan cara cukup tragis, yakni tubuhnya tertancap pedang. Dalam perjalanannya menuju cahaya, ia mencari pengantin yang bisa mencabut pedangnya tersebut agar ia bisa meninggal dengan tenang. Ia pun bertemu dengan Ji Eun Tak (Kim Go Eun), perempuan yang mengaku sebagai pengantin Kim Shin. 

Meski bergenre drama romantis, ada saja adegan di drama ini yang mengundang tawa, terutama ketika melihat interaksi konyol antara Goblin dan Grim Reaper (Lee Dong Wook). Di sisi lain, ada pula adegan antara Kim Shin dengan Ji Eun tak yang bikin hati berdesir dan ikutan baper. Jangan lewatkan drama yang satu ini di hari Valentine cocok buat seru-seruan bareng pasangan.

13. My ID is Gangnam Beauty (2018)

18 Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang MasaHancinema.net

Diadaptasi dari kisah webtoon populer dengan judul yang sama, My ID is Gangnam Beauty berhasil membuat penikmat drama Korea salah tingkah sendiri dengan aksi manis dari Do Kyung Seok (Cha Eun Woo) ke teman perempuan yang disukainya saat semasa sekolah.

Berpusat tentang seorang perempuan muda bernama Kang Mi Rae (In Soo Hyang) yang tidak percaya diri dengan bentuk fisiknya. Ia berusaha menjalani kehidupan baru dengan operasi plastik. Siapa sangka, Mi Rae justru bertemu dengan Kyung Seok di kampus. 

Takut rahasia masa lalunya terkuak, Mi Rae menghindari Kyung Seok. Padahal, Kyung Seok menaruh rasa ke Mi Rae sejak sekolah. Bikin bapernya, Kyung Seok menyukai Mi Rae tanpa memandang fisik, lho. Adegan-adegan romantis di drama ini juga bisa bikin kamu mesam-mesem sendiri ketika menonton.

14. What's Wrong With Secretary Kim (2018)

18 Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang MasaSoompi.com

Perpaduan genre romantis dengan lokasi dunia kerja cocok banget buat ditonton bersama pasangan di hari spesial, apalagi drama romantis Korea What’s Wrong with Secretary diperankan oleh dua artis papan atas, Park Seo Joon dan Park Min Young. 

Chemistry keduanya di drama tersebut begitu membekas di hati penikmat drama Korea. Berkisah tentang romansa antara bos (Park Seo Joon) dan sekretaris pribadinya bernama Kim Mi Soo (Kim Min Young), yang memutuskan resign mendadak. 

Lee Young Joon mencari cara agar Mi Soo tetap berada di sisinya. Dari sinilah, kisah asmara mereka yang lucu dan menggemaskan dimulai. Kamu akan terpesona dan terbelakak dengan aksi manis dan konyol dari sang bos, Lee Young Joon ke Mi Soo. So sweet banget, Bela!

15. Crash Landing on You (2019)

18 Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang MasaHancinema.net

Drama Korea yang satu ini juga masuk dalam daftar drama Korea romantis terbaik sepanjang masa, pasalnya berkat drama ini pula, kisah cinta pasangan Kapten Ri (Hyun Bin) dan Yoon Se Ri (Son Ye Jin) berakhir dengan indah di kehidupan nyata. 

Bermula dari kejadian naas yang menimpa Se Ri saat melakukan paralayang, ia pun terdampar di Korea Utara, dan diselamatkan oleh sang Kapten. Selama tinggal di Korea Utara, Se Ri berpura-pura menjadi calon istri Kapten Ri agar tidak menimbulkan kecurigaan. 

Berjalannya waktu, keduanya jatuh hati. Tapi, konflik kedua negara dan tidak mendapat persetujuan keluarga, hubungan mereka kian rumit. 

Pemandangan alam yang indah, ditambah adegan super romantis dari kedua pasangan sukses membuat drama Korea Crash Landing on You cocok banget ditonton ulang di hari penuh cinta. Jangan lupa siapin coklat panas buat teman nonton yang mengasyikkan, ya

16. The King: Eternal Monarch (2020)

18 Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang MasaSoompi.com

Mengambil dimensi waktu yang berbeda, yakni masa kini dan masa kekaisaran zaman dulu membuat drama Korea romantisThe King: Eternal Monarch mampu mencuri perhatian publik dan dianggap sebagai drama Korea romantis terbaik.

Berkisah tentang kehidupan Kaisar tampan bernama Lee Gon (Lee Min Ho). Dalam kepemimpinannya, Lee Gon mencari seseorang yang menyelamatkannya sewaktu kecil. Ia pun masuk ke portal dan mengantarkannya ke dunia paralel baru, Republik Korea. 

Di sinilah, ia bertemu dengan Jung Tae Eul secara tak sengaja. Kisah cinta keduanya dimulai dengan berbagai konflik tak terduga. Mereka berupaya untuk bisa melalui bersama. Ada begitu banyak adegan romantis yang dihadirkan dalam drama ini. 

Tidak ketinggalan, adegan 'panas' antara Lee Go dan Tae Eul menjadi pelengkap sempurna untuk sekelas drama Korea romantis terbaik sepanjang masa ini. Biar makin terasa suasana romantisnya, nonton drama ini bersama pasangan. Dijamin bakal kebayang terus, deh!

17. It's Okay Not to Be Okay (2020)

18 Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang MasaSoompi.com

Butuh kehangatan dan kisah tentang penyembuhan diri, tapi tetap romantis? Hhhmm, drama Korea romantis dari It's Okay Not to Be Okay cocok banget buat menemani kamu di saat hari Valentine nanti. 

Berkisah tentang Kang Tae (Kim Soo Hyun)  yang berprofesi sebagai perawat di bangsal psikiatris, namun tidak memiliki waktu untuk berkencan karena sibuk bekerja dan merawat sang kakak, Mang Tae (Oh Jung Se) yang berkebutuhan khusus. Sayangnya, ia harus berurusan dengan Ko Moon Young (Seo Ye Ji), seorang penulis buku anak-anak yang berkepribadian anti sosial dan tidak mengenal cinta. 

Pertemuan keduanya membuat mereka saling memahami dan mengenal tentang arti cinta, serta penyembuhan diri dari luka batin. Akting apik dari masing-masing karakter di drama Korea romantis dari It's Okay Not to Be Okay bakal bikin kamu gregetan, sekaligus mengharu biru. Siap-siap banjir air mata, lho

18. True Beauty (2020)

18 Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang MasaSoompi.com

Meski baru saja usai, dramaTrue Beauty cukup banyak menyita perhatian dan layak dianggap sebagai drama Korea romantis terbaik. Bukan tanpa alasan,True Beauty sukses membuat penggemar membicarakan drama ini hampir sepanjang penayangan di setiap episodenya.  

Berpusat pada kisah seorang siswi SMA bernama Lim Ju Kyung (Moon Ga Young) yang pernah dirundung oleh teman sekelasnya karena berparas 'buruk rupa'. Ia pun berniat menyembunyikan wajah aslinya dengan kosmetik dan pindah ke sekolah baru. Di sana, ia mendapat perlakuan berbeda sejak parasnya berubah menjadi lebih menawan.  

Tetapi, kepindahan Ju Kyung ke sekolah baru membuat ia dipertemukan oleh Su Ho (Cha Eun Woo). Masalahnya, Su Ho mengetahui paras asli dari Ju Kyung. Keberanian dan kehangatan hati Ju Kyung membuat Su Ho menaruh rasa dan mereka mulai berkencan.  

Konflik asmara di antara mereka terjadi ketika Seo Jun (Hwang In Yeop), yang merupakan bad boy di sekolah, juga menyukai Ju Kyung. Drama ini juga memecah para penontonnya menjadi dua kubu, tim Su Ho atau tim Seo Jun. Cerita yang ringan dipenuhi adegan-adegan kocak plus romantis, merupakan daya tarik dari drama yang satu ini.

Itulah 18 daftar drama Korea romantis terbaik sepanjang masa yang dapat memaniskan hari Valentine bersama orang tersayang. Ada nggak drama Korea romantis terbaik versi kamu sendiri, Bela? 

Baca Juga: Ngena di Hati, 9 Pelajaran Cinta dari KDrama "Run On"

Baca Juga: Miliki Rating Tinggi, Ini 12 Film Korea Terbaik Sepanjang Masa

Baca Juga: Miliki Rating Tinggi, Ini 10 Film Terbaik Sepanjang Masa