Sejak menikah dengan Pangeran Harry pada 19 Mei 2018 lalu, Meghan Markle tampaknya nggak pernah sepi dari pemberitaan. Pasalnya, Duchess of Sussex ini kerapkali menunjukkan tingkah laku yang berbeda dari anggota kerajaan Inggris lainnya dan tentu saja menuai kontroversi di mata publik. Mulai dari cara berpakaiannya hingga latar belakang keluarga yang penuh drama. Popbela sudah merangkum, inilah 5 kontroversi Meghan Markle yang sering membuat kerajaan Inggris geleng-geleng kepala.

1. Dilarang memakai perhiasan mendiang Putri Diana

5 Kontroversi Meghan Markle yang Membuat Kerajaan Inggris 'Lelah'wmagazine.com

Baru-baru ini, Ratu Elizabeth II dikabarkan sudah nggak suka dengan perilaku Meghan Markle. Menurut laporan dari The Sun, seorang sumber dari Istana Buckingham mengatakan bahwa tingkah laku Meghan selama beberapa bulan ini sudah menimbulkan ‘ketegangan’ di internal istana. Atas kelakuannya ini, Ratu pun melarang Meghan mengenakan perhiasan milik ibu Pangeran Harry, mendiang Putri Diana. Berbeda dengan Meghan, Kate Middleton justru tetap diperbolehkan memakai perhiasan mendiang Putri Diana yang sarat akan nilai sejarah tersebut.

Lebih mengejutkannya lagi, sumber yang nggak mau disebutkan namanya ini mengungkapkan bahwa pihak istana sudah muak dengan kelakuan Meghan sejak sebelum ia menikah dengan Pangeran Harry. Banyaknya aturan kerajaan Inggris yang telah dilanggar Meghan kabarnya menjadi alasan Ratu nggak menyukainya.

2. Gaya berpakaian yang melanggar protokol kerajaan

5 Kontroversi Meghan Markle yang Membuat Kerajaan Inggris 'Lelah'teenvogue.com

Gaya berpakaian Meghan Markle memang seringkali menjadi sorotan. Salah satunya saat mendampingi Pangeran Harry ke sejumlah negara pada November 2018 lalu, Meghan mengenakan pakaian yang dianggap terlalu santai dan seksi. Selain itu, Meghan juga terlihat memasukkan tangannya ke saku baju hingga membuat ahli kerajaan mengkritiknya. Melansir dari Daily Mail, seorang ahli dan pelatih etika Inggris, William Hanson, menyebutkan bahwa gaya Meghan tersebut dianggap terlalu santai dan nggak pantas dilakukan oleh seorang keluarga kerajaan.

Nggak hanya itu, Meghan juga telah melanggar peraturan saat melakukan foto pertunangan dengan Pangeran Harry. Pemain serial Suits tersebut nggak menggunakan stocking, padahal memadukan busana dengan stocking sudah menjadi aturan untuk anggota keluarga Kerajaan Inggris.

3. Perilaku sang ayah yang penuh drama

5 Kontroversi Meghan Markle yang Membuat Kerajaan Inggris 'Lelah'standard.co.uk

Meghan Markle diketahui memiliki hubungan yang kurang baik dengan sang ayah, Thomas Markle. Perseteruan antara ayah dan anak ini sudah terjadi sejak lama, bahkan sebelum Meghan bertemu dengan Pangeran Harry. Thomas Markle juga sering membuat pernyataan ke media yang menyudutkan Meghan dan Pangeran Harry, hingga membuat aktris asal Amerika tersebut dianggap telah membuang keluarganya.

Gerah dengan segala pemberitaan miring, Meghan pun membuat surat untuk ayahnya. Dengan tulisan tangan yang rapi, Meghan menyebut sang ayah telah menghancurkan hatinya menjadi berkeping-keping dengan melayani wawancara kepada media dan menyerang Pangeran Harry.

4. Pernyataan kakak tiri Meghan yang kontroversial

5 Kontroversi Meghan Markle yang Membuat Kerajaan Inggris 'Lelah'eonline.com

Sejak hubungan Meghan dan Pangeran Harry terungkap, saudara tirinya, Samantha Grant, sering membuka rahasia keluarga dan mengatakan hal-hal buruk tentang Meghan ke media. Samantha menyebut Meghan adalah orang yang suka panjat sosial. Ia juga mengkritik pernyataan pangeran Harry yang menyebut bahwa keluarga kerajaan Inggris adalah sosok keluarga yang nggak pernah dimiliki oleh Meghan.

Selain itu, Samantha juga sering mengeluh karena nggak diundang ke pernikahan adik tirinya tersebut. Rupanya, Meghan dan Samantha memang nggak pernah dekat, bahkan kabarnya mereka nggak saling bicara sejak tahun 2008 silam. 

5. Memberi tanda tangan ke publik

5 Kontroversi Meghan Markle yang Membuat Kerajaan Inggris 'Lelah'abcnews.go.com

Menjadi anggota keluarga kerajaan membuat perempuan berusia 37 tahun ini harus bisa beradaptasi dan meninggalkan kebiasaannya saat menjadi selebriti. Namun, saat hendak kunjungan di Cardiff Castle pada Januari 2018, Meghan secara sadar telah memberikan tanda tangannya di buku milik seorang gadis seperti saat ia masih jadi selebriti.

Padahal, Ratu Elizabeth II menetapkan bahwa bangsawan Inggris hanya boleh menandatangani dokumen pribadi saja. Ratu takut jika keluarganya memberikan tanda tangan secara sembarangan, maka akan bisa dipalsukan untuk membuat dokumen negara. 

Baca Juga: Punya Akun Instagram Sendiri, Meghan Markle Ingin Lebih Pamer?