Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Kumpulan Doa agar Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

Yuk, panjatkan doa-doa ini!

Windari Subangkit

Setiap pasangan Muslim tentu menginginkan punya keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Rumah tangga yang dibangun dalam ketaatan tentu akan mendapat keberkahan dari Allah Ta’ala sehingga timbul cinta dan kasih sayang di antara keluarga.

Kata ‘sakinah’ berasal dari kata ‘sakana’ yang artinya tenang, tenteram, rukun, dan sejahtera. Kata ‘mawaddah’ berasal dari kata ‘wadda’ yang memiliki arti cinta. Sedangkan kata ‘warahmah’ berasal dari kata ‘rahmah’ yang artinya kasih sayang. 

Untuk mewujudkan rumah tangga yang harmonis tentu dibutuhkan dukungan dan kerja sama dari suami dan istri. Selain itu, setiap pasangan juga perlu memanjatkan bacaan doa agar keluarga sakinah, mawaddah, warahmah, serta diberkahi oleh Allah Ta’ala. Apa sajakah itu? Yuk, simak!

1. Doa agar keluarga dimudahkan rezeki dan bahagia

Pexels.com/Yan Krukov

اللَّهُمَّ رَبَّنَآ أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَآئِدَةً مِّنَ السَّمَآءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِّأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِّنْكَ   ۖ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِينَ

Allohumma robbanaaa angzil 'alainaa maaa-idatam minas-samaaa-i takuunu lanaa 'iidal li-awwalinaa wa aakhirinaa wa aayatam mingka warzuqnaa wa angta khoirur-rooziqiin.

Artinya: 

"Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami ataupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki." (QS. Al-Ma'idah: 114)

2. Doa agar keluarga dilimpahkan kasih sayang

Pexels.com/Monstrea

 وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّى وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِىٓ

Wa alqoitu 'alaika mahabbatam minnii, wa litushna'a 'alaa 'ainii

Artinya: 

"Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku; dan agar engkau diasuh di bawah pengawasan-Ku." (QS. Ta-Ha: 39)

3. Doa agar keluarga mendapat kebaikan dunia akhirat

Pexels.com/Pavel Danilyuk

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْأَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Robbanaaa aatinaa fid-dun-yaa hasanataw wa fil-aakhiroti hasanataw wa qinaa 'azaaban-naar.

Artinya: 

"Dan di antara mereka ada yang berdoa, Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka." (QS. Al-Baqarah: 201)

4. Doa agar keluarga diberi ketenangan

Pexels.com/Yan Krukov

الّلهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma innii as-aluka nafsan bika muthmainnatan tu'minu biliqaaika watardha biqadhaaika wataqna'u bi'athaaika.

Artinya: 

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang tenang, yang percaya dengan pertemuan dengan-Mu dan menerima apa yang menjadi anugerah-Mu dan rela terhadap ketentuan-Mu.”

5. Doa agar keluarga selamat dunia dan akhirat

Pexels.com/Monstrea

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allahumma innaa nas-aluka salamatan fiddiin wa'aafiyatan filjasad waziyaadatan fil'ilm wabarakatan firrizq wataubatan qablal maut warahmatan 'indalmaut wamaghfiratan ba'dalmaut. Allahumma hawwin 'alaynaa fii sakaraatil maut wannajaata minannaar wal'afwa 'indalkhisaab.

 Artinya: 

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, keberkahan rezeki, limpahan ilmu, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.”

6. Doa agar keluarga dipermudah segala urusan

Pexels.com/Yan Krukov

رَبَّنَآ ءَاتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaaa aatinaa mil ladungka rohmataw wa hayyi lanaa min amrinaa rosyadaa.

Artinya: 

"Ya Tuhan Kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami." (QS. Al-Kahf: 10)

7. Doa agar menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warahmah

Pexels.com/Monstrea

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوٰجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Robbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa zurriyyaatinaa qurrota a'yuniw waj'alnaa lil-muttaqiina imaamaa.

Artinya: 

"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Al-Furqan: 74)

8. Doa mohon dikaruniai keturunan yang baik dan saleh

Pexels.com/Melike Benli

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ 

Rabbi hab li minas-salihin

Artinya: 

“Ya Rabbku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.” (Ash Shaafat : 100)

9. Doa mohon ketetapan diri dan keluarga dalam mendirikan salat

Pexels.com/Monstrea

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Rabbij 'alnii muqiimas Salaati wa min zurriyyatii rabbanaa wa taqabbal du'aaa.

Artinya: 

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim: 40)

Itulah kumpulan doa agar keluarga sakinah, mawaddah, warahmah yang dapat diamalkan. Semoga kita semua senantiasa dirahmati Allah Ta'ala dan memiliki rumah tangga harmonis dalam ketaatan.

IDN Media Channels

Latest from Married