Meski sudah putus, nggak sedikit orang yang masih menyimpan rasa pada mantannya. Apalagi, jika si dia memiliki tempat khusus di hatimu, tentunya kamu nggak akan semudah itu melupakan cowok yang pernah memberikan kasih sayangnya kepadamu itu. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk balikan sama mantan, kamu harus menanyakan pada dirimu sendiri apakah kamu siap untuk kembali pada orang yang sama. Jangan sampai, ketika balikan kamu malah merasakan sakit hati yang sama seperti saat kalian masih berpacaran dulu.

Mungkin kamu hanya merasa rindu akan kebersamaan kalian saat masih berpacaran, tapi sebenarnya nggak siap untuk membangun hubungan kembali. Nah, setelah kamu memikirkan dan merasa siap untuk balikan sama mantan, maka inilah 9 cara yang bisa kamu lakukan agar hubungan kalian nggak gagal untuk kedua kalinya.

9 Cara Balikan Sama Mantan Biar Nggak Gagal untuk Kedua Kalinya

Ada beberapa hal yang perlu kamu pikirkan sebelum mulai kembali berpacaran dengan mantan. Mungkin kamu hanya merasa rindu dan ingin kembali, tapi kamu nggak belajar untuk mengubah gaya pacaran kalian yang salah di masa lalu. Buatlah gaya pacaran yang berbeda agar hubunganmu kali ini jadi lebih baik dari sebelumnya.

9 Cara Balikan Sama Mantan Biar Nggak Gagal untuk Kedua Kalinya

Putus cinta membuatmu dan mantan merasa kehilangan dan akhirnya menyadari betapa kalian berarti bagi satu sama lain. Nggak semua orang beruntung bisa balikan sama mantan karena, lho! Nah, kalau kamu balikan lagi sama mantan, kamu akan belajar dari kesalahan masa lalu dan nggak akan kembali melakukan kesalahan yang sama. Jika kamu dan mantan sama-sama mengerti kesalahan kalian sebelumnya, maka ini akan membuat hubungan kalian lebih kuat dari sebelumnya.

9 Cara Balikan Sama Mantan Biar Nggak Gagal untuk Kedua Kalinya

Coba tanyakan pada dirimu, mengapa kamu benar-benar ingin kembali berpacaran sama mantan? Jika alasannya hanya karena kamu merindukannya, itu nggak bisa menjadi alasan yang baik untuk balikan, Bela. Kamu harus memiliki alasan yang kuat untuk kembali pada orang yang pernah kamu putusi ini.

Mungkin kamu hanya merasa galau di awal karena rindu momen kebersamaan kalian. Sebelum memutuskan untuk kembali, pikirkan masalah-masalah yang ada dalam hubungan kalian sebelumnya. Misalnya, jika kamu kerap berbeda pendapat dengannya, pikirkan bagaimana cara memperbaiki perbedaan di antara kalian dan cari solusi agar bisa membangun hubungan yang lama, bahkan bisa sampai menikah.

9 Cara Balikan Sama Mantan Biar Nggak Gagal untuk Kedua Kalinya

Kembali sama mantan berarti bertemu dengan orang yang pernah membahagiakanmu di masa lalu dan mulai memperbaiki hubungan kembali. Tentu rasanya berbeda ketika kamu jatuh cinta pada orang yang baru dengan jatuh cinta pada mantan yang memang sudah kamu kenal sebelumnya. Kamu nggak perlu beradaptasi lagi karena kalian sudah saling mengenal dan mengerti satu sama lain. Rasanya, seperti kamu reuni dengan orang yang kamu cintai dan sudah lama nggak bertemu. Balikan sama mantan berarti kamu bisa membangun hubungan yang lebih baik dari sebelumnya.

9 Cara Balikan Sama Mantan Biar Nggak Gagal untuk Kedua Kalinya

Bicarakan pada mantan dan berikan ia ruang untuk saling memperbaiki diri. Ceritakan apa yang ada dalam hatimu dan dengarkan juga apa yang menjadi kegundahannya di masa lalu. Pikirkan bagaimana mengatasi perbedaan di antara kalian berdua dan carilah solusi atas permasalahan kalian sebelumnya. Jika kamu dan mantan sama-sama merasa lebih baik jika membangun hubungan bersama lagi, maka kamu punya kesempatan mempunyai hubungan yang lebih baik dengan si dia.

9 Cara Balikan Sama Mantan Biar Nggak Gagal untuk Kedua Kalinya

Pacaran lagi dengan orang yang sebelumnya putus darimu ini sangat mendebarkan. Mulailah dengan makan di restoran favoritmu dan buka dengan obrolan yang menyenangkan tentang apa yang telah kalian alami setelah putus, bagaimana rasa kehilangan yang kalian alami hingga akhirnya kini bisa kembali bersatu lagi. Obrolan seperti ini akan membangun sisi romantis dan menyentuh sehingga kamu merasa kamu sudah bertemu kembali dengan orang yang pernah hilang sebelumnya.

9 Cara Balikan Sama Mantan Biar Nggak Gagal untuk Kedua Kalinya

Rasa rindu yang memuncak setelah akhirnya kembali pada mantan mungkin membuatmu atau dirinya nggak bisa menahan diri untuk bersentuhan fisik, seperti berpelukan. Namun, kamu harus menjaga dirimu agar nggak terlalu terbawa perasaan untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya pernah kalian lakukan. Jangan rusak rasa cinta kalian menjadi hawa nafsu yang nggak baik. Bangun cinta itu dengan rasa yang murni bahwa kalian sama-sama saling menyayangi.

9 Cara Balikan Sama Mantan Biar Nggak Gagal untuk Kedua Kalinya

Balikan sama mantan nggak memberikan jaminan hubungan kalian akan lebih baik atau bahkan bisa lebih buruk dari sebelumnya. Saat kencan pertama, coba bicarakan dari hati ke hati, apakah keputusan untuk kembali ini memang keinginan dari kalian berdua. Pasalnya, membangun hubungan yang pernah kandas sebelumnya itu nggak mudah dan membutuhkan effort yang besar dari keduanya. Bicarakan pula apa yang akan kalian jalankan ke depannya.

9 Cara Balikan Sama Mantan Biar Nggak Gagal untuk Kedua Kalinya

Cara terbaik untuk menjalin hubungan pacaran dengan mantan ialah dengan memperlakukan hubunganmu layaknya hubungan yang baru. Jangan lagi melihat ke belakang dan jalani hubungan kalian dengan baik.

Jadi gimana, Bela, sudah siapkah kamu untuk balikan sama mantan?

BACA JUGA: 11 Mitos yang Dipercaya Ketika Balikan dengan Mantan