Banyak yang bilang bahwa hanya pasangan tangguh yang bisa melalui hubungan jarak jauh atau LDR (long distance relationship) dengan penuh keikhlasan. Kalau tidak kuat saling berjauhan, hubungan kalian bisa kandas kapan saja. Nah, meskipun rasanya berat, LDR itu banyak membawa berkah bagi hubungan kalian, lho! Justru pacaran jarak jauh yang lebih bisa mendekatkan dan menguatkan hubungan kalian dibandingkan pacaran yang tinggal dalam satu kota yang sama. Tidak percaya? Yuk, simak 13 alasannya di bawah ini. 

 

1. Kamu belajar untuk memperlakukan setiap momen kecil kalian seperti harta karun yang patut dirawat dan disimpan

Kamu yang Menjalani Pacaran Jarak Jauh, Bersyukurlah karena 13 Hal Ini Menjadikan Hubunganmu Begitu Kuatharpersbazaar.co.uk

Meski cuma hal kecil, seperti bisa mendengar suara si dia di telepon setelah sekian lama, kamu benar-benar menghargai momen tersebut. 

 

2. Kamu tak punya pilihan selain menjalani kehidupanmu sendiri

Kamu yang Menjalani Pacaran Jarak Jauh, Bersyukurlah karena 13 Hal Ini Menjadikan Hubunganmu Begitu Kuatsfexaminer.com

Karena terpisah jarak, kalian terpaksa menjalani keseharian di kota kalian masing-masing. Tapi kamu jadi mudah untuk benar-benar fokus pada rutinitas dan kegiatanmu. Punya kehidupan kalian sendiri sangat penting supaya kalian tidak terlalu menggantungkan kebahagiaan kalian pada satu sama lain. 

 

3. Waktu benar-benar menjadi anugerah bagi kalian, dan kalian tak akan menyia-nyiakannya begitu saja

Kamu yang Menjalani Pacaran Jarak Jauh, Bersyukurlah karena 13 Hal Ini Menjadikan Hubunganmu Begitu Kuattheepochtimes.com

Kalian tentu tidak mau menyia-nyiakan kesempatan bertemu dengan bertengkar atau sibuk mengecek media sosial masing-masing. 

 

4. Kamu justru melihat masa depan dengan kacamata yang positif, bukannya takut dan cemas

Kamu yang Menjalani Pacaran Jarak Jauh, Bersyukurlah karena 13 Hal Ini Menjadikan Hubunganmu Begitu Kuatdailymotion.com

Banyak yang merasa takut menghadapi masa depan karena sungguh tak terduga. Tapi kamu yang menjalani hubungan jarak jauh justru tak sabar tiba di masa depan di mana kalian bisa menjalani hidup bersama-sama. 

 

5. Kalian bisa membuat satu sama lain tersenyum karena hal yang sangat sederhana sekalipun 

Kamu yang Menjalani Pacaran Jarak Jauh, Bersyukurlah karena 13 Hal Ini Menjadikan Hubunganmu Begitu Kuatew.com

Karena tak bisa sering-sering bertemu, kalian akan mencari cara untuk membuat satu sama lain bahagia. Misalnya, mengirimkan paket sederhana untukmu atau sekadar memberikan support lewat voice note. 

 

6. Kamu semakin menyadari bahwa kamu membutuhkan kehadirannya dalam hidupmu

Kamu yang Menjalani Pacaran Jarak Jauh, Bersyukurlah karena 13 Hal Ini Menjadikan Hubunganmu Begitu Kuatpathe.nl

Kalian sudah tahu rasanya hidup tanpa satu sama lain saat menjalani hubungan jarak jauh. Kamu pun jadi tahu betapa kamu begitu menginginkannya dalam hidupmu. Kalau pasangan lain masih merasa ragu, kamu justru makin yakin padanya. 

 

7. Kadang pesan singkat, "Selamat pagi, Sayang" bisa membuatmu bersemangat sepanjang hari

Kamu yang Menjalani Pacaran Jarak Jauh, Bersyukurlah karena 13 Hal Ini Menjadikan Hubunganmu Begitu Kuatfrejadam.com

Hubungan jarak jauh tak harus selalu rumit, kok. Terkadang, kata-kata sederhana darinya bisa mengingatkanmu bahwa ada seseorang di ujung sana yang begitu mencintai dan merindukanmu. 

 

8. Jadi kreatif mencari segala cara untuk mempertahankan komunikasi dan interaksi kalian

Kamu yang Menjalani Pacaran Jarak Jauh, Bersyukurlah karena 13 Hal Ini Menjadikan Hubunganmu Begitu Kuathuffingtonpost.com

Kamu dan dirinya tahu bahwa menjaga komunikasi dan interaksi dengan satu sama lain sangat penting demi kelancaran hubungan kalian. Hal-hal seperti video call sebelum tidur, menonton film atau membaca buku yang sama di saat yang bersamaan pula, atau tag satu sama lain di foto-foto Instagram yang unik menjadi cara spesialmu dengannya untuk mempertahankan kehangatan di antara kalian. 

 

9. Bicara dari hati ke hati pada satu sama lain, tak hanya bermesraan secara fisik 

Kamu yang Menjalani Pacaran Jarak Jauh, Bersyukurlah karena 13 Hal Ini Menjadikan Hubunganmu Begitu Kuatcinemotions.com

Jika kamu dan dia sering bertemu, kalian akan dengan mudah bergandengan tangan dalam diam sambil jalan-jalan, atau sekadar berpelukan untuk menunjukkan kasih sayang. Tapi kalau kalian menjalani hubungan jarak jauh, mau tak mau komunikasi kalian harus lewat kata-kata. Kalian pun jadi cerita panjang lebar di telepon, soal segala hal. Mulai dari kegiatan sehari-hari sampai segala isi hati kalian. 

 

10. Kamu mempertimbangkan dan menilai hubungan kalian secara jujur

Kamu yang Menjalani Pacaran Jarak Jauh, Bersyukurlah karena 13 Hal Ini Menjadikan Hubunganmu Begitu Kuatentertainment.suntimes.com

LDR itu memang butuh banyak pengorbanan. Maka, kamu pun jadi penuh pertimbangan. Perlukah kamu pergi mengunjunginya tiap bulan? Seberapa besar komitmen yang akan kamu berikan bagi hubungan kalian? 

 

11. Mengendalikan emosi dan mengatur prioritas dalam hubungan kalian

Kamu yang Menjalani Pacaran Jarak Jauh, Bersyukurlah karena 13 Hal Ini Menjadikan Hubunganmu Begitu Kuattheguardian.com

Saat bertemu, kamu tahu betapa pentingnya waktu yang kalian habiskan bersama. Kalian pun akan lebih pintar dalam mengendalikan emosi, jangan sampai susah bertemunya tapi sekalinya bisa bersama, kalian malah bertengkar terus. Kamu pun jadi tahu bahwa hubungan kalian jauh lebih penting dari ego masing-masing.  

 

12. Memahami arti kesetiaan dan komitmen secara lebih dalam

Kamu yang Menjalani Pacaran Jarak Jauh, Bersyukurlah karena 13 Hal Ini Menjadikan Hubunganmu Begitu Kuatconcreteplayground.com

Ujian mana lagi yang lebih berat daripada menjalani hubungan jarak jauh? Kalian benar-benar diuji kesetiaan dan komitmennya. Bagaimana caranya menahan godaan atau apa yang bisa dilakukan kalau kalian sudah jarang bisa menghubungi satu sama lain? Tapi tenang saja, kalian sudah lolos ujian tersebut! 

 

13. Ketika akhirnya bisa tinggal satu kota, kalian akan menghargai satu sama lain dengan lebih bermakna

Kamu yang Menjalani Pacaran Jarak Jauh, Bersyukurlah karena 13 Hal Ini Menjadikan Hubunganmu Begitu Kuatboysofhollywood.blogspot.com

Bisa pulang kantor bersama, nonton film berdua, dan menemani satu sama lain ke acara komunitas benar-benar terasa mendekatkan. Penantian panjang kalian akhirnya terbayarkan juga! 

 

Jadi jangan cepat menyerah dalam hubungan kalian ya, Bela! Suatu hari nanti kalian akan merasakan hikmahnya dan menjadi pasangan yang solid. Setuju, kan?