Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Doa Meluluhkan Hati Seseorang Beserta Artinya Lengkap

Bacalah setiap selesai salat lima waktu, ya

Zahra Ramadhani

Perbedaan karakter dalam diri setiap orang adalah hal yang wajar. Ada kalanya, kamu akan bertemu dengan sosok orang yang begitu hangat dan penyabar. Namun, tak jarang pula seseorang terlahir dengan hati yang cukup keras, mudah tersulut emosinya, dan teguh dalam mempertahankan pendapatnya.

Mungkin, kamu akan merasa kesulitan ketika harus dihadapkan dengan mereka yang keras hati. Tetapi, jangan pernah cemas dan khawatir karenanya, ya. Pertolongan Allah SWT akan selalu ada bagi mereka yang meminta.

Salah satunya adalah dengan membaca bacaan doa meluluhkan hati seseorang berikut ini. Dijamin kamu dapat meluluhkan kerasnya hati si dia!

1. Doa meluluhkan hati si dia yang kamu cintai

crosswalk.com

Doa meluluhkan hati seseorang yang pertama ini bisa kamu baca ditujukan untuk si dia yang kamu cintai. Bacaan berikut ada dalam kisah Nabi Musa AS dan Daud AS saat berusaha untuk melembutkan sesuatu hal yang terasa menyulitkan bagi manusia.  

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ، اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ كَمَا سَخَّرْتَ فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

"Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii ... (sebut nama orang dimaksud) kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin"

Artinya: "Ya Allah, sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sedangkan aku hamba-Mu yang sangat hina dina. Tiada upaya dan kekuatan kecuali karena Engkau. Ya Allah, tundukkanlah... (sebut nama orang yang dimaksud) padaku, sebagaimana Engkau telah menundukkan Fir'aun pada Musa AS. Dan luluhkan hatinya untukku, sebagaimana Engkau telah meluluhkan besi untuk Daud AD. Karena sungguh dia takkan berbicara kecuali dengan izin-Mu. Ubun-ubunnya dalam genggaman-Mu, dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai yang lebih sayang para penyayang."

2. Doa meluluhkan hati seseorang saat menjalani PDKT

Unsplash.com/Muhammad Haikal

Ayat Al-Quran surat Taha ayat 25-28 juga bisa kamu baca saat sedang menjalani pendekatan dengan seseorang. Dengan doa ini, kamu memohon agar dimudahkan dalam meluluhkan hatinya dan juga supaya dia mengerti dengan maksud dan tujuanmu. 

رَبِّاشْرَحْلِيصَدْرِيوَيَسِّرْلِيأَمْرِيوَاحْلُلْعُقْدَةًمِنْلِسَانِييَفْقَهُواقَوْلِي

"Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii."

Artinya: “Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku" (QS. Taha: 25-28).

3. Zikir untuk melembutkan kerasnya hati suami

beliefnet.com

Percayalah, nggak ada rumah tangga yang terbebas dari masalah. Salah satunya adalah sikap emosional dari sang suami.

Dalam Islam, terdapat doa dan zikir khusus yang dapat kamu panjatkan untuk melembutkan hati suami, lho. Bacalah zikir sekaligus doa ini sebanyak mungkin, ya.  Kemudian hembuskan pada suami saat ia sedang tidur.

Hembuskan udara dari mulut ke telapak tangan. Lalu letakkan ke atas dada suami, sembari memohon kepada Allah SWT agar hati suami dapat kembali lembut dan nggak mudah marah dalam menanggapi segala sesuatu.

  • Ya Jabbar
  • Ya Azis
  • Ya Mutakabbir

4. Doa agar istri menjadi lebih lembut dan penyabar

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Doa doa meluluhkan hati seseorang yang satu ini umumnya diperuntukkan agar seorang istri dapat lebih lembut dan sabar dalam bersikap kepada suami. Bacalah surat Al-Baqarah ayat 165 dan surat Ali-Imran ayat 14 setiap selesai salat wajib, niscaya Allah SWT akan mendengar dan mengabulkan harapan kamu.

يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللَّهِ ۖ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِلَّهِ ۗ

Yuhibbunahum kahubillahi wallazina amanuu ashaddu hubbanlillah

Artinya: "Mereka mencintainya (memuja dan mentaatinya) sebagaimana mereka mencintai Allah; sedang orang-orang yg beriman itu lebih cinta (taat) kepada Allah." (QS. Al-Baqarah: 165)

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ ٱلشَّهَوَٰتِ مِنَ ٱلنِّسَآءِ وَٱلْبَنِينَ وَٱلْقَنَٰطِيرِ ٱلْمُقَنطَرَةِ مِنَ ٱلذَّهَبِ وَٱلْفِضَّةِ 

"Zuyyinalinnasi hubbushahawati minannisa’i walbani na walqanaathiril muqanthorotiminazzahabi walfidhah"

Artinya: "Dihiasikan (dan dijadikan indah) bagi manusia: kesukaan kepada benda-benda yang diingini, yaitu perempuan-perempuan dan anak-anak; harta-benda yang banyak dari emas dan perak." (QS. Ali-Imran: 14)

5. Doa pembuka hati agar lancar segala urusan dalam kehidupan

unsplash.com/FaseehFawaz

Doa meluluhkan hati seseorang berikut ini selain untuk memohon kelancaran dalam urusan kehidupan, juga bisa kamu baca saat akan melakukan pendekatan dengan si dia. 

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

"Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii."

Artinya: "Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku" (QS. Taha: 25-28)

6. Doa agar mencintai karena Allah SWT

pexels.com/Gabby K

Setelah berdoa agar dia yang kamu cintai diluluhkan hatinya, jangan lupa untuk berdoa agar kita bisa mencintai seseorang karena Allah SWT seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut ini. 

اللَّهمَّإِنِّيأَسْأَلُكَحُبَّكَ،وَحُبَّمَنْيُحِبُّكَ،وَالعمَلالَّذِييُبَلِّغُنيحُبَّكَ،اللَّهُمَّاجْعلحُبَّكَأَحَبَّإِلَيَّمِننَفسي،وأَهْلي،ومِنالماءِالبارِدِ

"Allahumma inni-as’aluka hubbaka wa hubba man yuhibbuka wal-amalalladhi yuballighuni hubbak. Allahummaj’al hubbaka ahabba ilaiya min nafsi, wa ahli wa minal-ma’il-barid."

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu, curahan cinta-Mu dan rasa cinta kepada orang-orang yang mencintai-Mu dan kecintaan melakukan perbuatan yang dapat menyampaikan aku kepada cinta-Mu. Ya Allah jadikanlah kecintâanku kepada-Mu melebihi kecintâanku kepada diriku, keluargaku, dan kepada air yang segar."

7. Doa meluluhkan hati orang yang sedang marah

Pexels.com/Yan Krukov

Marah memang suatu emosi yang terkadang muncul sebagai respons atas suatu hal. Doa meluluhkan hati seseorang ini bisa kamu baca saat sedang menghadapi orang yang marah. 

لاَاِلهَ اِلاَّاللهُ الْحَلِيْمُ الْحَكِيْمُ، سُبْحَانَ اللهِ رَبّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَرَبّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، لآَاِلهَ اِلآّ اَنْتَ عَزَّجَارُكَ وَجَلَّ ثَنَآؤُكَ

“La ilaha illallahul halimul hakimu, subhanallahi rabbus samawatis sab’a wa rabbul ‘arsyil ‘adzimi, la ilaha illa anta ‘azza jaruka wa jalla sana’uka,”

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Kasih lagi Maha Bijaksana, Maha Suci Allah Tuhan yang memelihara tujuh langit dan menguasai ‘arsy yang agung, tiada Tuhan selain Engkau, sangat kuat perlindungan-Mu dan Maha Tinggi perlindungan-Mu,”

8. Doa meluluhkan hati seseorang agar tergerak untuk ibadah

pexels.com/fatih-maraşlıoğlu

Seorang muslim ada kalanya merasa berat hati untuk melaksanakan ibadah, seperti salat, puasa, atau ibadah lainnya. Maka dari itu, doa berikut ini bisa kamu panjatkan untuk meringankan dan memudahkan seseorang untuk ibadah atau berbuat baik. 

اللّهُمَّ وَفِّقْنَا لِطَاعَتِكَ وَأَتْمِمْ تَقْصِيْرَنَا وَتَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ والحمد لله رب العالمين

"Allahumma waffiqna li tha‘atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami‘ul ‘alim. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin."

Artinya, “Ya Allah, bimbinglah jalan kami pada jalan ketaatan kepada-Mu, sempurnakanlah kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sungguh, Kau maha mendengar lagi mengetahui. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam-Nya kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya,” (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 49). 

9. Doa meluluhkan hati untuk diberikan kebaikan

Pexels.com/Pavel Danilyuk

Doa selanjutnya ini bisa kamu baca agar diberikan kebaikan oleh Allah SWT setiap harinya. Kamu bisa membacanya setelah salat fardu, misalnya salat subuh (beberapa kali). 

رَبِّ إِنِّى لِمَآ أَنزَلْتَ إِلَىَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

Rabbbi, innî limâ anzalta ilayya min khairin faqîr.

Artinya: "Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku." (QS. Al-Qashas: 24)

10. Doa Nabi Daud AS untuk meluluhkan hati

pexels.com/RODNAE Productions

Terakhir, doa meluluhkan hati seseorang ini lebih singkat dan mudah diingat. Kamu bisa membacanya saat meminta persetujuan orang tua mengenai keputusan kehidupan yang sudah kamu ambil. Dengan begitu, mereka akan mendengarkan pilihan kita. 

اَللَّهُمَّ لَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ لَيِّنْتَ لِدَاوُدَالْحَدِيْد

Allahumma laiyinli qalbahu, laiyinta li Daudal hadid

Artinya: "Ya Allah, lembutkanlah hatinya sebagaimana Engkau melembutkan Daud (akan) besi."

Itulah kumpulan doa meluluhkan hati seseorang lengkap dengan artinya yang bisa kamu panjatkan. Semoga bermanfaat.

IDN Media Channels

Latest from Dating