Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Rekomendasi Tempat Camping di Bandung, Bentang Alamnya Menakjubkan!

Cocok jadi tempat liburan saat akhir pekan tiba

Zikra Mulia Irawati

Deretan tempat camping di Bandung ini mungkin bisa jadi ide tempat liburan kamu saat akhir pekan nanti. Ibu kota provinsi Jawa Barat ini seolah tak pernah kehabisan destinasi wisata. Tak hanya di perkotaan, bentang alamnya juga tak kalah juara untuk urusan melepas penat.

Lantas, di mana sajakah lokasi yang cocok untuk jadi tempat camping di Kota Kembang ini? Fasilitas apa saja yang sudah disediakan oleh pengelola tempat tersebut? Simak informasi di bawah ini, yuk!

1. Terminal Wisata Grafika Cikole

grafikacikole.com

Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Parahu No.Km.8, Cikole, Kec. Lembang, Bandung

Di kalangan orang luar Bandung, Terminal Wisata Grafika Cikole merupakan salah satu tempat camping paling populer. Hal ini tak terlepas dari peran wahana pendukung yang seru, seperti zip coaster, flying fox, paint ball, dan jembatan burma. Kamu bisa beristirahat sejenak dengan camping di sini sembari memandangi rindangnya pepohonan yang tumbuh lebat di sekitar lokasi.

2. Ranca Upas

senangrekreasi.com

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey–Patengan No. KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung

Tempat camping di Bandung selanjutnya yang cukup terkenal adalah Ranca Upas. Area ini memungkinkan kamu untuk bermalam di tenda dan berinteraksi langsung dengan kawanan rusa jinak. Aktivitas lain yang juga bisa dilakukan di Ranca Upas adalah berenang, memetik stroberi, hingga bermain ATV.

3. Pine Forest Camp

hargatiket.net

Lokasi: Suntenjaya, Lembang, Bandung

Seperti namanya, tempat camping di Bandung yang satu ini dikelilingi dengan pohon pinus. Supaya puas mengeksplorasi keindahan alam di sana, kamu bisa menjajal aktivitas trekking atau mengendarai mobil di jalur off road yang menantang adrenalin. Uniknya, destinasi wisata yang satu ini juga memiliki helipad, lho!

4. Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

wisato.id

Lokasi: Mekarsari, Kec. Pasirjambu, Bandung

Tak mengherankan jika tempat camping yang satu ini diberi nama Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang. Lokasinya benar-benar cocok digunakan untuk mengeksplorasi keindahan alam karena di sana tersedia kebun teh hingga aliran sungai. Areanya yang luas juga cocok jadi referensi tempat wisata bersama rombongan keluarga atau sahabat.

5. Curug Layung Camp

mytrip123.com

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kec. Cihideung, Bandung

Wisata air terjun atau curug masih jadi primadona di kawasan Jawa Barat. Jika kamu ingin menikmatinya sambil berkemah, Curug Layung Camp harus masuk ke bucket list liburan tahun ini. Selain itu, kamu bisa sekalian trekking untuk menuju area curugnya. Kalau kata pepatah: sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui!

6. Situ Datar Camp Station

tripzilla.id

Lokasi: Perkebunan Pasirmalang, Margaluyu, Kec. Pangalengan, Bandung

Situ Datar Camp Station menawarkan sensasi berkemah di pinggir danau. Jika kamu datang dengan mengendarai sepeda motor, kendaraanmu bisa dibawa sampai ke tepian danau, lho. Jangan lupa bawa tenda sendiri dan siapkan perbekalan secukupnya. Kabut tipis yang masih kerap menyelimuti tempat ini cocok banget disaksikan dari tenda sambil menyeruput minuman hangat.

7. Bukit Moko

travelingyuk.com

Lokasi: Cimenyan, Bandung

Salah satu daya pikat Bukit Moko adalah pemandangan city light Bandung di malam hari. Supaya puas menyaksikannya, sesekali kamu harus mencoba camping di sini. Suasana romantisnya bisa bikin kamu dan pasangan makin lengket, deh!

8. Gunung Putri Lembang

wisatainfo.com

Lokasi: Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Kec. Lembang, Bandung

Selagi muda, mendaki gunung bersama teman adalah salah satu aktivitas yang setidaknya harus dicoba. Untuk pemula, Gunung Putri Lembang bisa jadi pilihan terbaik. Kamu bisa berkemah dari gunung dengan ketinggian 1587 mdpl ini saat malam telah tiba. 

9. Jungle Milk

izystay.com

Lokasi: Genteng, Jayagiri, Kec. Lembang, Bandung

Sejuknya udara Bandung bisa kamu rasakan sambil menikmati pemandangan alamnya di Jungle Milk. Jika Ranca Upas membuatmu bisa berjumpa dengan sekawanan rusa jinak, di tempat camping yang satu ini kamu bisa bertemu dengan kuda jinak. Fasilitas yang disediakan di sini terhitung menarik, yaitu wahana ATV, trekking, hingga berkuda. Untuk urusan perut, di sekitar sana ada penjual yang menawarkan paket makan dengan menu steamboat suki, timbel, dan barbekyu.

10. Taman Langit Pangalengan

tamanlangitpangalengan.com

Lokasi: Kp. Puncak Mulya, Jl. Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Bandung

Terakhir, ada Taman Langit Pangalengan yang bisa jadi lokasi strategis untuk berburu sunrise. Adanya gardu pandang di sekitar area membuat kamu bisa lebih puas menyaksikannya. Dari area perkemahan tempat tenda-tenda berdiri, penampakan “samudra awan” bikin kamu nggak bakal menyesal sudah jauh-jauh ke tempat ini.

Sekarang, giliran kamu yang menentukan pilihan, Bela. Deretan rekomendasi tempat camping di Bandung di atas punya pesonanya masing-masing. Jangan lupa ajak orang-orang tersayang untuk melepas penat bersama, ya.

IDN Media Channels

Latest from Travel