Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Wisata Malam Bandung yang Bisa Menjadi Referensi Liburanmu

Semakin malam semakin seru!

Rosita Meinita

Bandung, kota kembang dengan segala pesonanya selalu menjadi “tempat kabur” dari beberapa penghuni kota di sekitarnya. Selain dekat dengan ibukota Jakarta, banyak wisata kuliner, wisata alam bahkan wisata belanja yang ada di kota ini. Pengunjungnya nggak hanya dari ibukota saja, pengunjung datang dari berbagai wilayah, contohnya Jawa Tengah maupun Serang. Di malam hari banyak yang bisa dieksplor dari kota ini. Bahkan Bandung mendapat julukan salah satu kota dengan wisata malam yang ramai. Inilah tempat wisata malam di Bandung yang dapat menjadi referensi liburanmu.

1. Dusun Bambu

tuasd.com/

Di malam hari, Dusun bambu terlihat indah dengan berbagai jenis pencahayaannya. Terletak di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Dusun Bambu juga menawarkan wisata alam dengan suasana yang sejuk. Untuk dapat memasukinya kamu dikenakan tarif sebesar Rp20 ribu pada weekday dan Rp25 ribu pada weekend.

2. Dago Tea House

ayunurfiyah.blogspot.com/

Berlokasi di Dago, tempat ini menawarkan wisata minum teh yang diadopsi dari orang-orang Belanda dahulu. Merupakan taman budaya di Bandung, Dago Tea House mempunyai luas sekitar empat hektar yang bisa kamu jelajahi. Untuk memasuki arena ini kamu dikenakan biaya seribu rupiah per orang. Sangat murah bukan?

3. Gedung Sate

instagram.com/ad_coer/

Bangunan ikonik khas Bandung ini berlokasi di Jalan Diponegoro No. 22 Citarum Bandung. Di malam hari area Gedung Sate ramai didatangi para wisatawan. Tak hanya bersejarah, tetapi tempat ini juga sering dianggap angker oleh warga sekitar. Untuk memasukinya, kamu hanya dikenakan biaya Rp5 ribu saja.

4. Puncak Ciumbuleuit

tempatwisatadibandung.info/

Pada malam hari pengunjung Puncak Ciumbeuleuit ini meningkat berkali-kali lipat daripada siang hari. Berlokasi di Jalan Ciumbuleuit, Bandung, kamu bisa melihat keindahan kota Bandung sembari menikmati kuliner khasnya. Untuk memasuki area ini kamu nggak dikenakan biaya apapun, kamu hanya membayar parkirnya saja ya Bela.

5. Kampung Daun

instagram.com/bellabelindaongkyy/

Kampung daun berlokasi di dekat wisata Lembang tepatnya di Jl. Sersan Bajuri KM. 4,7, Cihideung, Cigugur Girang, Parongpong, Bandung. Merupakan rumah makan yang mempunyai suasana unik, tempat ini mennyediakan makanan khas Indonesia ataupun western

6. Jalan Braga

easybook.com/

Jalan Braga akan selalu ramai di saat siang ataupun malam hari. Dengan lampu-lampunya yang berkilauan, jalan ini menyuguhkan suasana yang romantis, diiringi dengan angin dingin Bandung yang berhembus. Untuk datang ke area ini nggak dipungut biaya apapun alias gratis.

7. Dago Dream Park

instagram.com/baitisyghf/

Dago Dream Park berlokasi di Lembang Kabupaten Bandung Barat. Di malam hari lampu yang menghiasi dipasang untuk berbagai spot selfie. Salah satu spot yang favorit di area sangkar burung. Akan sangat romantis ketika dinikmati bersama pasangan. Untuk masuk ke area ini kamu dikenakan biaya Rp25 ribu hingga Rp35 ribu sesuai wahana yang disinggahi. 

8. Alun-alun Bandung

mastrigus.com/

Berlokasi di Jalan Asia Afrika, tempat ini menjadi landmark kota Bandung. Alun-Alun Bandung selalu ramai di malam hari. Pengunjung datang dari beberapa daerah, dalam kota maupun luar kota. Momen yang paling ramai di alun-alun Bandung ketika malam pergantian tahun.

9. Cikapundung River Spot

Instagram.com/sekitarbandungcom

Siapa menyangka jika Cikapundung River Spot ini awalnya adalah tempat parkir. Berlokasi di Jl. Cikapundung Timur, area ini terasa romantis. Tempat ini juga ramai saat pergantian tahun. Untuk memasukinya kamu dikenakan biaya sebesar Rp10 ribu untuk dewasa dan Rp5 ribu untuk anak-anak.

10. Caringin Tilu

instagram.com/shahnazainayya/

Caringin Tilu ini sering disingkat sebagai Cartil. Berlokasi di dataran tinggi pegunungan Manglayang. Di sini kamu dapat melihat Bandung dari atas. Kilauan lampu yang bersinar menambah indahnya kota Bandung dengan orang terkasih. Tak usah takut jika merasa lapar, karena di sana banyak kafe tradisioanal yang menawarkan berbagai jenis makanan. Untuk memasukinya kamu nggak dipungut biaya, hanya parkir Rp2 ribu untuk motor, Rp5 ribu untuk mobil dan Rp20 ribu untuk bus.

11. Bukit Bintang

Instagram.com/sassychris1

Jika kamu ingin menikmati keindahan Bandung dari atas selain Caringin Tilu, terdapat Bukit Bintang yang berlokasi di Cimenyan, Bandung. Dinamakan Bukit Bintang karena kamu dapat melihat bintang dari bukit ini. Sangat cocok jika kamu kemari bersama pasangan. Untuk dapat memasukinya, kamu dikenakan biaya sebesar Rp15 ribu.

12. Dago Pakar

Instagram.com/bandungfoodsociety

Dago Pakar juga merupakan wisata malam rekomendasi di Dago, Bandung. Di sini kamu dapat melakukan wisata kuliner dengan makanan khas bandung seperti cilok, siomay, seblak dan sebagainya. Untuk dapat memasuki wisata ini kamu dikenakan biaya Rp11 ribu.

13. Wisata Museum Pos di Bandung

Instagram.com/betharibintango

Berlokasi dekat dengan Gedung Sate, Museum Pos ini juga ramai dikunjungi saat malam hari. Wisata edukasi ini mengajarkan sejarah di Bandung. Bagi kamu yang ingin mempelajari bagaimana seluk beluk dari Pos Indonesia, kamu dapat mengunjungi tempat ini. Walaupun dikenal angker, tetapi nggak membuat pengunjung sepi. Untuk dapat memasukinya kamu nggak dikenakan biaya apapun alias gratis.

14. Orchid Forest Lembang

Instagram.com/orchidforestcikole

Orchid Forest berada di Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Di malam hari lampu bersinar terang. DItambah dengan wahana yang ada disana, membuat tempat ini menjadi wisata romantis yang bisa kamu datangi bersama pasangan. Untuk dapat memasukinya kamu dikenakan biaya Rp25 ribu hingga Rp35 ribu.

15. Wisata Kuliner 24 Jam

Instagram.com/explorebandung

Hal terakhir yang paling menarik di bandung adalah wisata kulinernya. Ada banyak kafe yang ada di Wisata Kuliner 24 Jam ini. Kamu dapat datang kesini bersama teman, pasangan ataupun keluarga. Ada banyak sekali makanan khas Bandung yang harus kamu coba.

Itu tadi rekomendasi  tempat wisata malam di Bandung yang bisa menjadi referensi liburanmu. Semoga bisa menjadi inspirasi liburan kamu selanjutnya ya!

IDN Media Channels

Latest from Travel