Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Wisata Berastagi yang Lagi Hits dan Wajib Dikunjungi

Wajib masuk ke daftar tujuan wisatamu!

Nafi' Khoiriyah

Kalau kamu sedang mengunjungi wilayah Sumatra Utara, terdapat satu wilayah wisata yang tidak boleh kamu lewatkan. Wisata tersebut berada di Berastagi, salah satu kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatra Utara. 

Wilayahnya yang berada di ketinggian membuat wisata Berastagi begitu menarik dan beragam. Tak heran jika wilayah ini menjadi tujuan wisatawan meski jaraknya cukup jauh dari pusat Kota Medan. 

Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Berastagi, Sumatra Utara. 

1. Air Terjun Sikulikap

instagram.com/alfatih.rtf

Wisata Berastagi pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Air Terjun Sikulikap. Ketinggian airnya mencapai 30 meter. Lokasi wisata ini berada di Desa Doulu. 

Untuk sampai di air terjun, wisatawan perlu berjalan kaki sekitar 15 menit pada jalur yang sudah disediakan. Sambil menuju air terjun, kamu juga bisa melihat pemandangan hutan dan juga berbagai vegetasi alam yang indah. 

Bukan hanya bisa menikmati pemandangan air terjun saja, banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di tempat wisata ini. Misalnya adalah aktivitas panjat tebing dan berkemah. 

2. Pemandian Air Panas Sidebuk Debuk

instagram.com/iwanvanwilan

Di tengah udara kawasan Berastagi yang dingin, salah satu wisata yang paling cocok adalah pemandian air panas. Wisata tersebut masih berada di kawasan Doulu, yakni Pemandian Air Panas Sidebuk Debuk. 

Pemandian Air Panas Sidebuk Debuk memiliki aliran air hangat yang berasal dari Gunung Sibanyak langsung. Hal itu membuat air di wisata ini terasa hangat dan mengandung belerang. 

Kandungan belerang tersebut konon bisa menghilangkan penyakit kulit seperti gatal-gatal. Tingkatan panas di kolam pemandian air tersebut pun beragam sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan wisatawan. 

3. Puncak Tangke Tebu

instagram.com/puncaktangketabu

Kalau kamu datang bersama dengan anak-anak atau keluarga, wisata di Puncak Tangke Tebu jadi destinasi yang menarik. Kawasan tersebut sangat rindang karena dikelilingi oleh pepohonan dengan banyak wahana permainan. 

Anak-anak pasti akan betah berlama-lama di sini karena permainan yang beragam. Pengunjung juga bisa memesan makanan di sekitar Puncak Tangke Tebu sambil menunggu anak bermain di sini. 

4. Museum Pusaka Karo

instagram.com/lindungibudaya

Bukan hanya wisata alam saja, kamu juga bisa mengunjungi wisata Berastagi yang berbau sejarah di Museum Pusaka Karo. Museum ini menyimpan koleksi pusaka masyarakat Karo yang sangat kuno. 

Kamu juga bisa melihat kekayaan budaya dan juga peradaban suku Karo masa lalu di sini. Bangunan yang menjadi museum pun mulanya adalah gereja sehingga tampak unik. 

Konon berasal dari para warga, kamu bisa melihat ratusan benda antik di Museum Pusaka Karo mulai dari alat pertanian, berburu, sampai dengan perhiasan khas Karo. 

5. Gundaling Farmstead

instagram.com/juliyanus_bukit

Seperti namanya, Gundaling Farmstead merupakan agrowisata yang memadukan antara peternakan, pertanian, dan restoran. Mereka mengangkat konsep farm to table dan menyajikan aneka menu khas Karo. 

Selain bisa menikmati menu yang bahan bakunya segar, pengunjung juga bisa melihat pemandangan sapi perah yang merumput di sini. 

Maka dari itu, Gundaling Farmstead bukan hanya sebagai wisata biasa, tetapi juga berunsur edukasi. Jika berkenan, pengunjung pun dapat melihat aneka proses produksi turunan susu seperti pembuatan es krim sampai dengan keju. 

6. Taman Alam Lumbini

instagram.com/tamanalamlumbini

Destinasi selanjutnya, Taman Alam Lumbini merupakan tempat wisata religi yang mereplika Pagoda Shwegedon di Nepal. Pagoda ini memiliki tinggi 48,8 meter dengan panjang 68 meter. 

Selain tinggi dan luas, Taman Alam Lumbini juga dilapisi warna cat emas yang membuatnya begitu memukau. Seperti pagoda lainnya, pagoda ini juga menyimpan peninggalan Sang Buddha dan patung dari berbagai negara. 

Meskipun sebagai tempat ibadah umat Buddha, tetapi pagoda Taman Alam Lumbini bisa dikunjungi oleh umat agama lain dengan waktu yang sudah ditentukan. 

7. Mikie Funland

instagram.com/mikiefunland

Mikie Funland adalah wisata Berastagi yang tak boleh kamu lewatkan. Tempat ini merupakan taman hiburan keluarga yang menawarkan sekitar 35 macam wahana. 

Pengunjung bisa memesan tiket masuk Mikie Funland secara online maupun offline dengan satu tiket untuk semua wahana. Selain wahana yang beragam, wisatawan juga bisa melihat pesona alam sekitar Berastagi yang tak kalah memukau. 

Itulah 7 wisata Berastagi yang bisa kamu pilih untuk melihat pemandangan alam atau bermain bersama keluarga. Di antara destinasi di atas, mana yang paling menarik perhatianmu, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Travel