Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Kota dengan Suhu Terdingin di Indonesia, Pakai Jaket Saja Tak Cukup

Suhunya kurang dari 20 derajat celsius

Nabila Damaan

Berdasarkan jumlah sinar matahari yang diterima oleh permukaan bumi, iklim dibagi menjadi 4 macam, yaitu iklim tropis, iklim subtropis, iklim sedang, dan iklim dingin. Indonesia sendiri adalah negara dengan iklim tropis dengan pembagian musim kemarau dan musim penghujan.

Suhu di Indonesia akan basah di saat musim penghujan dan biasanya menyebab suhu udara menjadi lebih dingin daripada di hari-hari biasanya. Memang tidak sedingin negara yang punya iklim dingin, rata-rata suhu normal di Indonesia di kisaran 20-30 derajat celcius.

Namun, ada beberapa kota di Indonesia yang memiliki suhu dingin, baik pada musim hujan maupun musim penghujan. Bahkan ada kota yang memiliki suhu di bawah rata-rata, lho. 

Lantas di masa sajakah kota-kota di Indonesia yang punya suku terdingin? Yuk, simak bersama!

10. Gayo Lues - Aceh

Terletak di provinsi Aceh, kabupaten Gayo Lues masuk ke dalam jajaran kota dengan suhu terdingin di Indonesia. Bukan tanpa alasan, kota ini terletak di ketinggian 1.000 mdpl sehingga suhu di kota ini cukup dingin dibanding tempat-tempat lainnya. Suhu terendah yang pernah tercatat, yakni berada di kisaran 24 derajat celcius, Bela.

Fyi, Kabupaten ini banyak dikenal karena menjadi wilayah jalur pendakian Gunung Leuser, lho. Selain itu, kabupaten Gayo Lues juga menjadi rumah bagi Kopi Gayo yang terkenal dan juga komoditas potensial lainnya.

9. Berastagi - Medan

instagram.com/mkhc2.0

Mengapa kota Berastagi di Medan memiliki suhu udara yang dingin? Hal tersebut terjadi karena lokasi kota Berastagi berada di antara dua gunung api aktif, yakni gunung Sibayak dan gunung Sinabung di Sumatera Utara. Jadi, nggak heran ya kalau kota ini masuk ke dalam daftar.

Kota Berastagi yang masuk ke dalam wilayah administratif Kabupaten Karo ini terletak di ketinggian 1.300 mdpl, dengan suhu terendah yang pernah tercatat mencapai 15 derajat celcius. Padahal daerah di sekitarnya memiliki suhu rata-rata 24 derajat celcius.

8. Padang Panjang - Sumatera Barat

Bergeser ke bagian barat Sumatera. Terdapat kota yang masuk ke dalam kategori kota dengan suhu terdingin di Indonesia, tepatnya berada di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat. 

Jika, kota Berastagi di Medan dikelilingi 2 gunung sehingga menyebabkan suhu yang rendah, kota Padang Panjang bahkan dikelilingi oleh 3 gunung sekaligus. Ketiga gunung itu adalah Gunung Singgalang, Merapi, dan Tandikat. Sudah terbayang bagaimana dinginnya belum? 

Berada di ketinggian 950 mdpl suhu terendah yang pernah tercatat, yakni mencapai 14 derajat celcius. Kira-kira harus pakai jaket berapa lapis, ya?

7. Ciwidey - Jawa Barat

Menyeberang ke pulau Jawa, tepatnya Jawa Barat, ada kabupaten di Bandung yang punya suhu terendah, nih. Warga Jawa Barat dan sekitarnya pasti sudah nggak asing dengan tempat wisata Ciwidey. Ya, tempat ini juga masuk ke dalam daftar, Bela.

Desa yang terkenal dengan adanya kawasan wisata Kawah putih ini berada di ketinggian 1.200 mdpl. Nggak mengenal waktu, baik pagi, siang, ataupun malam Ciwidey memang terkenal dengan suhunya yang dingin.

Bagaimana tidak, rata-rata suhu di desa ini bisa mencapai 13 derajat celcius. Bagi yang sudah pernah berkunjung ke Ciwidey pasti tahu seberapa dinginnya tempat tersebut. 

6. Baturaden - Jawa Tengah

Selanjutnya kita beralih ke Jawa Tengah. Wilayah dengan suhu terendah kali ini dipegang oleh wilayah Baturaden, Purwokerto Jawa Tengah. Mengapa daerah ini bisa sangat dingin?

Hal itu karena letak Baturaden tepat berada di bawah kaki Gunung Slamet. Dengan ketinggian 980 mdpl, suhu terendah yang pernah tercatat, yakni mencapai 14 - 19 derajat celcius. Walaupun dingin, Baturaden masih menjadi tempat wisata favorit masyarakat.

5. Batu - Jawa Timur

Sama-sama bernama Batu, hanya saja wilayahnya kali ini berbeda. Kota Batu terletak di Malang, provinsi Jawa Timur. Menjadi salah satu tempat dengan suhu terendah di pulau Jawa, Kota Batu berada di ketinggian 700 hingga 1.700 mdpl.

Tempat dengan suhu terendah yang pernah tercatat mencapai 13 derajat celcius ini sangat populer sebagai tempat wisata bahkan sejak zaman Hindia Belanda. Melansir GNFI, orang-orang Belanda pada zaman itu menyebut kota ini sebagai de Kleine Zwitserland, atau yang bermakna Swiss Kecil.

4. Ruteng - Nusa Tenggara Timur

Beralih ke pulau Nusa Tenggara, kali ini ada kita Ruteng di Flores, NTT yang masuk ke dalam daftar. Selain dikenal dengan suhu dinginnya kota ini juga kerap disebut sebagai Praha-nya Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kota ini memiliki desain bangunan yang modern dan pemandangan yang indah sebagai latarnya. 

Berada di ketinggian 1.200 mdpl, Ruteng pernah tercatat memiliki suhu terendah mencapai 10 derajat celcius, hampir menyamakan suhu terendah salah satu wilayah di Papua yang akan kita bahas nanti. Suhu rata-rata harian di wilayah ini sebenarnya hanya berkisar di angka 25 derajat celcius saja, namun bisa sesekali sangat rendah.

3. Mamasa - Sulawesi Barat

Hampir seluruh pulau di Indonesia punya wilayah terdinginnya sendiri. Kali ini kita akan menuju ke pulau Sulawesi, tepatnya di Kota Mamasa di Provinsi Sulawesi Barat. Menjadi tempat dengan suhu paling dingin di Sulawesi, kota Mamasa sendiri berada di atas ketinggian 1.900 mdpl, Bela. Hampir menyamai ketinggian beberapa gunung di Pulau Jawa. Pantas saja Mamasa sangat dingin, ya?

Suhu tertingginya saja hanya mencapai 26 derajat celcius. Suhu terendah yang pernah tercatat di wilayah ini, yakni mencapai 16 derajat celcius, dengan suhu hariannya rata-rata 23 derajat celcius.

2. Waghete - Papua Barat

Masuk ke daftar nomor dua wilayah paling dingin di Indonesia. Terletak di barat Pulau Papua, kota Waghete berada di Kabupaten Deiya tepatnya di pinggiran danau Tigi. Bukan hanya dingin di kala malam saja, tempat ini juga punya suhu yang dingin di siang hari.

Posisi dari kota ini sendiri berada di dataran tinggi kisaran 1.700 mdpl, dengan suhu terendah di siang hari mencapai 15 derajat celcius dan terus menurun ke angka 10 derajat celcius di malam hari. Jaket saja nggak bisa menangkal dinginnya suhu yang menusuk di wilayah ini, Bela. 

1. Mulia - Papua Tengah

Predikat kota terdingin di Indonesia dipegang oleh Kota Mulia, di Papua. Kota Mulia merupakan sebuah kota yang ada di Kabupaten Puncak Jayawijaya. Wilayah ini memiliki daratan seluas 883 kilometer persegi dan berada pada ketinggian 2.448 mdpl. 

Karena terletak cukup tinggi, ditambah kota ini sangat dekat dengan Gunung Jayawijaya, nggak mengherankan kalau wilayah ini punya suhu yang sangat dingin. Bahkan Kota Mulia dinobatkan sebagai kawasan pemukiman penduduk paling tinggi di Indonesia.

Pada malam hari, suhu di kota Mulia bisa mencapai 9 derajat celcius. Beberapa kali suhu di Kota Mulia turun hingga mencapai titik beku. Selain karena faktor dekat dengan Gunung Jayawijaya, posisi di sela gunung juga dikarenakan curah hujan di wilayah ini terjadi sangat sering sepanjang tahun. 

Demikianlah 10 daftar kota-kota dengan suhu paling dingin di Indonesia. Dari ke-10 daftar di atas mana saja yang sudah kamu kunjungi?

IDN Media Channels

Latest from Travel