Labu merupakan salah satu sayuran yang bisa diolah untuk beraneka ragam makanan, mulai untuk apertizer, main course, hingga dessert. Karena rasanya yang manis, menjadikan sayuran satu ini menjadi olahan makananan dessert, mulai dari pudding, kolak bahkan untuk bahan utama pembuat kue.

Nggak susah untuk membuatnya, yang pertama dilakukan adalah menghaluskan labu tersebut. Terkadang, proses inilah yang memakan waktu serta membuat tanganmu pegel, bener nggak Bela?

Nggak usah bersusah payah lagi Bela, inilah cara menghaluskan labu dengan mudah untukmu.

1. Siapkan Labu

Memudahkanmu Memasak, Ini Cara Menghaluskan Labu dengan Mudahfreepik.com/ azerbaijan_stocke

Ambil satu labu, kemudian iris batangnya menggunakan pisau yang tajam. Setelah itu, kamu bisa memotong labu dari arah vertikal (dari atas ke bawah). Dengan membaginya, kamu dapat dengan mudah mengambil bijinya menggunakan sendok.

Eits, jangan dibuang ya Bela, biji kabu bisa untuk bibit atau dipanggang nantinya.

2. Panggang Labu

Memudahkanmu Memasak, Ini Cara Menghaluskan Labu dengan Mudahpauladeen.com/

Sebelum memasukkan labu, panaskan lebih dahulu oven di suhu 400° F. Alaskan kertas roti pada loyang di setiap sisinya. Taburkan labu dengan garam. Panggang sekitar 35 hingga 45 menit agar daging labu menjadi lunak.

Untuk memastikannya, kamu bisa menusuk pisau pada labunya hingga terasa empuk.

3. Ambil Dagingnya

Memudahkanmu Memasak, Ini Cara Menghaluskan Labu dengan Mudahfreepik.com/ nndanko

Setelah kamu panggang, biarkan labu dalam keadaan dingin selama satu jam atau lebih. Gunakan sendok besar untuk mengambilnya dari kulitnya.

4. Haluskan Sesuai Selera

Memudahkanmu Memasak, Ini Cara Menghaluskan Labu dengan Mudahfreepik.com/ silviaroset

Pindahkan daging labu panggang ked ala mangkuk. Haluskan sesuai tekstur yang kamu inginkan. Setelah selesai, ambil beberapa labu ke wadah penyimpanan makanan ke dalam lemari es. Dengan mendinginkannya, labu akan bertahan beberapa hari bahkan bulan.

Mudah bukan? Selamat mencoba ya!

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Kue Putri Salju