Seperti yang diketahui bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki segudang makanan. Masakan Indonesia menjadi salah satu kekayaan nusantara yang paling diminati. Cita rasa yang khas dari setiap daerah. Tak jarang para turis datang jauh-jauh hanya untuk mencicipi masakan Indonesia. Ada beberapa makanan nusantara yang terkenal di mancanegara, lho Bela. Berikut Popbela telah merangkumnya.

1. Nasi Goreng

Makanan Nusantara yang Terkenal di Mancanegarainstagram.com/nasgormafia

Nasi goreng memang nggak asing lagi ya, Bela. Kamu bisa menjumpai nasi goreng di manapun bahkan di luar negeri. Namun, nasi goreng dari Indonesia memiliki cita rasa yang berbeda. Hal ini karena nasi goreng dibuat dengan rempah-rempah yang ada di Indonesia. Jadi, rasa yang dihasilkan ciri khas kuliner nusantara banget.

2. Sambal

Makanan Nusantara yang Terkenal di Mancanegaraapkpure.com

Makanan satu ini kayanya wajib ada ya disetiap makanan. Yup, apalagi kalau bukan sambal. Indonesia memiliki bermacam-macam sambal, seperti sambal asam, sambal korek, sambal tomat, sambal petis dan lain-lain. Sambal khas Indonesia yang memiliki kenikmatan tersendiri. Selain itu, juga mengandung rempah-rempah yang banyak bukan hanya cabai yang diulek aja.

3. Bakso

Makanan Nusantara yang Terkenal di Mancanegarainstagram.com/bakso_ranto

Kamu pasti hafal banget sama makanan satu ini. Makanan yang terbuat dari daging sapi dengan campuran tepung ini sering disebut bakso. Berbicara tentang bakso, Indonesia memiliki beragam bakso yang berasal dari kota Pulau Jawa seperti bakso malang. Kuah yang terbuat dari kaldu sapi, diberi sayuran dan rempah juga mie sebagai pelengkap. Ternyata bakso menjadi salah satu favorit para turis, lho.

4. Mie Ayam

Makanan Nusantara yang Terkenal di Mancanegarainstagram.com/doyanbakmie

Makanan ini selalu berdekatan dengan bakso, nggak bisa dipisahin. Masakan yang terbuat dari mi kuning ini sangat digemari baik di dalam maupun luar negeri. Mi sendiri berasal dari Tiongkok, namun mi ayam yang ada di Indonesia nggak ditemukan dimana-mana. Mie ayam biasanya disajikan dengan sayuran sawi, ayam yang sudah dikecapi dan bisa ditambah dengan bakso. Jadi ngiler ya!

5. Sate Ayam

Makanan Nusantara yang Terkenal di Mancanegarainstagram.com/jajanyogya

Nggak kalah dengan makanan lainnya, sate ayam juga populer di mancanegara. Sate ayam dilengkapi dengan bumbu kacang dan diberi kecap. Selain sate ayam, di Indonesia menawarkan beberapa daging sate lainnya. Indonesia juga memiliki beragam sate yang berasal dari beberapa daerah. Seperti sate padang yang berasal dari Sumatra Barat dan sate pencok berasal dari Lombok.

6. Rujak Buah

Makanan Nusantara yang Terkenal di Mancanegarainstagram.com/cecekuliner

Kalau ini sih biasanya makanan yang suka dibuat sama ibu-ibu kalo lagi ngerumpi. Rujak buah emang paling enak dimakan rame-rame. Terbuat dari berbagai macam buah dan disiram dengan sambal yang pedas. Buah yang digunakan biasanya mangga muda, jambu merah, bengkoang, kedondong, nanas, dan lainnya. Tapi kamu bisa mencampurkan buah apapun yang kamu inginkan.

7. Nasi Padang

Makanan Nusantara yang Terkenal di Mancanegarainstagram.com/ajakmakan

Berpindah dari Pulau Jawa, kali ini giliran makanan dari Sumatera Barat yang sangat terkenal yaitu nasi padang. Nasi padang disajikan dengan berbagai macam lauk yang memiliki cita rasa rempah-rempah yang kuat. Namun, lauk yang ada di nasi padang cenderung memiliki rasa pedas dan berbahan dasar santan. Tapi dijamin bikin ketagihan!

8. Ketoprak

Makanan Nusantara yang Terkenal di Mancanegarainstagram.com/dad_dish

Sebagian besar orang Indonesia menyebut bahwa ketoprak berasal dari betawi. Rasa yang enak dan harga yang sangat terjangkau membuat ketoprak cukup dicari-cari. Memang hampir mirip dengan gado-gado, tapi tentu beda dong. Sama-sama diberi sambal kacang dan menggunakan lontong, namun gado-gado diberi tambahan sayuran.

Nah, itu tadi beberapa makanan khas Indonesia yang disukai oleh turis mancanegara dan juga terkenal di sana. Sebagai warga Indonesia, kamu harus bangga ya, Bela!

Baca Juga: Brand Kecap Ini Lestarikan Santapan Nusantara Lewat Festival Kuliner