Thailand menjadi salah satu negeri Asia Tenggara yang menjadi destinasi favorit turis mancanegara. Baik itu untuk traveling ala backpacker maupun traveling dengan sentuhan kemewahan. Selain menawarkan pemandangan yang menawan dan tempat belanja yang terjangkau, Thailand pun menjadi surga untuk pecinta makanan. Khususnya di Bangkok! Ibukota negara Thailand ini merupakan pusat jajanan kuliner yang wajib kamu kunjungi. Saat menginjakkan kaki pertama kali di kota Bangkok, kamu akan langsung menemukan berbagai hidangan yang ingin kamu cicipi.

Mulai dari mango sticky rice hingga thai tea yang terkenal, hingga hidangan serta jajanan kaki lima lain yang belum pernah kamu temukan sebelumnya. Makanan tradisional dan internasional, halal dan non halal. Melansir dari Migrationolgy, ini destinasi yang harus kamu kunjungi jika ingin wisata kuliner di Bangkok, Thailand.

1. Jika ingin mencicipi Thai Street Food

Wisata Kuliner di Bangkok? Kunjungi Daftar Tempat IniPixabay.com/Daniel Nebreda

Nggak lengkap berwisata di Bangkok kalau nggak mencoba makanan kaki limanya! Selama berjalan di sana, kamu bisa mampir ke beberapa penjual untuk membeli beberapa makanan ringan maupun minuman yang menyegarkan. Ada beberapa lokasi yang dapat kamu sambangi jika ingin mencicipi makanan-minuman kaki lima.

  • Wang Lang Market: Berlokasi di sebrang Chao Phraya River, Wang Lang Market merupakan salah satu destinasi kuliner yang wajib kamu singgahi di Bangkok. Di siang hari, kamu akan menemukan banyak penjual kaki lima mengisi sepanjang jalan pasar yang menjajakan makanan ringan sampai makanan 'berat'.
  • Chinatown (Yaomarat): Setiap negara memiliki Chinatown, termasuk Bangkok. Bernama Chinatown (Yaowarat), lokasi ini dipenuhi dengan penjual makanan yang nggak pernah mati sepanjang waktu.
  • Silom Soi 20: Jika ingin menikmati pasar di pagi hari, coba datangi Silom Soi 20. Kamu akan menemukan berbagai makanan yang lezat serta bahan makanan yang masih segar.

2. Jika ingin makan di restoran Thailand lokal

Wisata Kuliner di Bangkok? Kunjungi Daftar Tempat IniPixabay.com/Eak K.

Selain penjual kaki lima, cara terbaik untuk menikmati kuliner Thailand yang khas adalah dengan mengunjungi restoran lokal. Di Bangkok, beberapa restoran lokal bermula dari penjual kaki lima, lho!  Berikut ini beberapa restoran lokal yang wajib kamu datangi:

  • Soei: Restoran ini diyakini sebagai salah satu tempat makan yang menyajikan hidangan lokal di Bangkok. Makanan yang dihindangkan penuh rasa dan kaya bumbu.
  • Mit Ko Yuan: Mencari Tom yum terbaik? Kamu harus coba singgah di Mit Ko Yuan. Restoran ini menyajikan Tom Yum terbaik dan beberapa hidangan tumisan khas Thailand.
  • Som Tam Sida: Berlokasi di tengah-tengah Wang Lang Market, Som Tam Sida merupakan restoran Isaan terbaik yang menyajikan hidangan Thailand.
  • Laab Udon:Berlokasi dekat dengann stasiun Surasak BTS di Sathorn, Laab Udon menyajikan makanan Isaan termasuk beragam macam som tam (salad pepaya hijau) dan beberapa hidangan grill.
  • Ran Ruam Dai: Kamu mencari rasa asli masakan Thailand khas selatan? Coba datang ke restoran Ran Ruam Dai.
  • Su Ki Jeh Ru Yi: Buat kamu yang vegetarian, wajib singgah ke Su Ki Jeh Ru Yi. Restoran ini menyajikan masakan sayuran klasik khas Thailand. Lokasinya berada di belakang stasiun kereta Hua Lamphong.
  • Muslim Restaurant: Jangan bingung mencari tempat makan halal. Berlokasi di tengah-tengah Bangrak, ada restoran halal bernama Muslim Restaurant yang menyajikan biryani khas Thailand dan beragam menu kari.

3. Jika ingin mencoba santapan Fine Dining

Wisata Kuliner di Bangkok? Kunjungi Daftar Tempat IniPixabay.com/Jonathan Valencia

Kalau penjual kaki lima atau restoran lokal bukan tujuan favoritmu, mungkin kuliner ala fine dining bisa jadi rekomendasi yang tepat! Di Bangkok, ada beberapa restoran mewah yang menyajikan makanan khas Thailand dengan kualitas rasa yang nggak kalah lezatnya. Apa saja?

  • Paste: Berlokasi di Gayson Plaza, Ratchaprasong, Paste merupakan restoran kelas atas yang menjadi pioneer makanan Thailand progresif di Bangkok. Restoran ini menghidangkan makanan dengan memerhatikan detail pada penyajiannya serta keseimbangan rasa. Paste juga menawarkan menu untuk vegetarian.
  • The Local: Restoran The Local menyajikan makanan khas Thailand dengan nuansa yang nyaman. Rasa makanannya pun berkualitas. Worth the money!
  • Baan Thai Family Recipes: Menawarkan nuansa yang nyaman bagaikan rumah sendiri, Baan Thai Family Recipes menyajikan makanan khas Thailand yang berkualitas dan rasa yang mewah.

4. Daftar rekomendasi kuliner Thailand yang wajib dicicipi

Wisata Kuliner di Bangkok? Kunjungi Daftar Tempat IniPixabay.com/วรรณกร เกตุวิไล

Bingung ingin makan apa saat berada di Bangkok? Coba cek daftar kuliner berikut:

  • Tom yum goong: Semua pasti kenal dengan hidangan Tom yum goong, ya? Ini merupakan makanan khas yang wajib kamu cicipi saat berada di negaranya langsung! Umumnya, Tom yum goong merupakan sup udang dengan kuah merah dan cita rasa asam-pedas.
  • Pla pao: Hidangan berupa ikan yang diisi penuh dengan serai dan daun jeruk purut, digulung dalam kerak garam, dibakar di atas panggangan batu bara, dan disajikan dengan saus bawang cabe.
  • Som tam: Som tam mengacu pada berbagai jenis hidangan salad daun pepaya, yang merupakan hidangan khas Isaan (daerah timur laut Thai dan Laos).
  • Pad ka prao: Makanan ini banyak dijajakan oleh penjual kaki luma dan restoran. Pad ka prao adalah hidangan daging yang ditumis dengan bawang, cabe, dan basil.
  • Kuay teow reua: Mie kuah favorit warga Bangkok. Ini merupakan mie kuah dengan rasa kaldu babi.
  • Kuay teow neau: Varian mie kuah lainnya yang turut menjadi favorit. Kalau menu ini biasanya disajikan dengan daging dan mie beras.
  • Boo pad pongari: Pongari merupakan jenis kari kuning khas Thailand yang kental karena campuran telur. Umumnya dibuat dengan kepiting, namun kamu juga bisa memesannya dengan cumi-cumi atau ayam.
  • Goong pad sataw: Tumisan pete dicampur dengan udang, atau dengan lauk lainnya, dan pasta cabai. Kamu bisa menemukan makanan ini di penjual hidangan nasi dan kari.
  • Hor mok: Jika dibuat dengan tepat, Hor mok merupakan tipe kari custard ikan yang sangat lezat. Potongan ikan dicampur dengan saus kari dan herba, lalu dikukus. Kamu bisa menemukan hidangan ini di restoran nasi dan kari.
  • Nam prik kapi: Nam prik adalah tipe saus cabai colek khas Thailand dan rasa utamanya adalah pasta udang. Biasanya disantap dengan nasi dan sayur. Kamu akan menemukan hidangan ini dengan mudah di pusat jajanan di Bangkok.

Itulah destinasi di Bangkok yang patut kamu singgahi jika ingin berwisata kuliner. Ada banyak jenis makanan dan minuman yang bisa kamu beli, yang tersedia di beragam tempat mulai dari penjual kaki lima, restoran lokal, hingga restoran mewah. Kalau bingung, pastikan untuk mencoba mengunjungi tempat-tempat yang disebutkan di atas, ya!

Baca Juga: Mengunjungi Bangkok Kurang Lengkap Tanpa Tahu Tempat Ini