Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Gurih & Nikmat ! Ini 7 Rekomendasi Soto Betawi Legendaris Di Jakarta

Pas banget buat yang mencari kehangatan

Nabila Damaan

Soto merupakan hidangan ikonik yang ternyata bisa kamu temukan tersebar di banyak wilayah Indonesia, termasuk di Jakarta. Soto asal kota Jakarta ini bernama soto Betawi dengan ciri khas kuah santan atau susunya. 

Hidangan dengan rasa dasar yang gurih, bergizi, berpadu dengan berbagai macam isi ini, sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, apalagi dihidangkan selagi masih hangat, tentunya sangat pas untuk menjadi menu makan siang. 

Nggak sulit, lho mencari menu makanan yang satu ini. Kamu bisa temukan berbagai warung soto Betawi di Jakarta. Namun, kalau soal rasa kamu wajib banget cicipi kenikmatan Soto Betawi legendaris dari ke-7 tempat di bawah ini, Bela. Nggak akan menyesal, deh!

1. Soto Betawi Haji Husen

instagram.com/jenemam
  • Lokasi : Jl. Padang Panjang No. 6C Pasar Manggis Setiabudi Jakarta Selatan
  • Jam Operasional : Senin – Kamis, Sabtu & Minggu, 07.00 – 14.00 WIB
  • Harga per porsi : Rp35 ribu – Rp50 ribu

Soto Betawi legendari di Jakarta yang harus kamu coba adalah Soto Betawi Haji Husen. Kelezatan soto Betawi Haji Husen nggak perlu diragukan lagi. Pasalnya, jelang makan siang warung soto yang terletak di jalan Setiabudi ini sudah pasti dipenuhi oleh pelanggan, Bela. So, kamu memang harus rela mengantri, ya.

Harga per porsi mulai dari Rp35 ribu dengan isian yang berlimpah. Soto Betawi Haji Husen memang dikenal legendaris, maka dari itu nggak heran deh kalau tempat ini selalu ramai.

2. Soto Betawi Cawang

instagram.com/bigrwh
  • Lokasi : Jl. Mayor Jenderal Sutoyo No.3, RT.1/RW.6, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur
  • Jam Operasional : Setiap hari, 07.00 – 20.00 WIB
  • Harga per porsi : Rp50 ribu – Rp75 ribu

Terlihat sederhana dari depan, tetapi Soto Cawang ini menjadi salah satu pilihan warga Jakarta dan sekitar untuk menikmati semangkuk soto Betawi yang lezat. Soto Betawi di sini terkenal legendaris karena sudah buka sejak tahun 1952, lho, Bela.

Mempertahankan cita rasa yang otentik dari soto Betawi, Soto Cawang ini tetap kental dan gurih meskipun nggak menggunakan susu. Penyajiannya pun cukup unik, jika biasanya soto disajikan dengan mangkuk, di sini soto disajikan di atas piring. Untuk merasakan kelezatan soto ini kamu mungkin membutuhkan sedikit effort, karena warungnya yang terletak agak tersembunyi, yakni di area parkir.

3. Soto Betawi H. Ma'ruf

instagram.com/kevindrasoemantri
  • Lokasi : Jl. RP. Soeroso No.36A, RT.2/RW.13, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
  • Jam Operasional : Setiap hari,  07.30 – 20.30 WIB
  • Harga per porsi : mulai dari Rp50 ribu

Lebih tua lagi, Soto Betawi H. Ma’ruf bahkan sudah mulai beroperasi sejak tahun 1940. Saking legendarisnya, soto Betawi ini pernah dicicipi oleh orang-rang terkemuka di Indonesia, mulai dari Joko Widodo, Almarhum Gus Dur, dan Anies Baswedan. 

Memulai berjualan dengan gerobak di daerah Cikini, kini soto Betawi H. Ma’ruf memiliki beberapa cabang, yaitu di RP Soeroso Nomor 36A, Jalan Pramuka Raya Nomor 64D, Jalan Tebet Raya No 23 dan di Plaza atrium & festival (Foodcolony). 

Kuah soto yang creamy, soto Betawi H. Ma’ruf menggunakan susu sebagai campuran kuah. Nggak lupa dengan isian daging ataupun jeroan sapi yang melimpah menambah kelezatan soto ini.

4. Soto Betawi Globe H. Oji

instagram.com/sotobetawiglobehoji
  • Lokasi : Jl. Samanhudi No.4, RT.1/RW.3, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat
  • Jam Operasional : Setiap hari,  08.00 – 21.00 WIB
  • Harga per porsi : Rp25 ribu – Rp50 ribu

Berada di kawasan Pasar Baru, pusatnya kuliner legendaris Soto Betawi Globe H. Oji menjadi salah satu kuliner yang wajib kamu cicipi sekali seumur hidup. Berdiri sejak tahun 1980, soto Betawi di sini menawarkan berbagai isian daging, mulai ayam suir, daging sapi, dan jeroan.

Uniknya lagi, Soto betawi di sini juga ditawarkan dengan dua pilihan kuah, yaitu kuah bening dan kuah santan, Bela. Saking terkenalnya, banyak artis-artis Indonesia yang me-review soto Betawi ini, lho.

5. Soto Betawi Sambung Nikmat

instagram.com/bubueataway
  • Alamat : Jl. Ciputat Raya No.2, RW.6, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan
  • Jam Operasional : Setiap hari, 08.00 – 13.00 WIB
  • Harga per porsi : Rp75 ribu

Di selatan Jakarta juga terdapat tempat soto Betawi legendaris yang sudah memiliki banyak pelanggan setia, Soto Betawi Sambung Nikmat H. Ridwan. Warung soto ini sudah beroperasi sejak 1987, Bela.

Tergolong premium, harga satu porsi soto Betawi di sini berharga Rp75 ribu. Isiannya bisa disesuaikan dengan pelanggan, mulai dari daging ayam, sapi, usus sapi, babat, paru, dan lain sebagainya. Kuah soto di warung ini terkenal dengan warnanya yang merah, yang berasal dari kuah kaldu, cabai giling asli, dan rempah-rempah. Soto di sini hanya menggunakan santan murni, tanpa campuran susu.

6. Soto Betawi Haji Mamat

instagram.com/mirzarfina
  • Alamat : Jl. Mandala Raya No.10, RT.13/RW.5, Tomang, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat
  • Jam Operasional : Setiap hari,  09.00 – 20.00 WIB
  • Harga per porsi : Rp50 ribu - Rp75 ribu

Sebenarnya toko utamanya berada di Serpong, Tangerang. Hanya saja, Soto Betawi Haji Mamat juga telah membuka cabang di Jakarta, Bela. Soto legendaris ini mulai menjajakan menu soto Betawi sejak tahun 1960 dengan konsep tenda di daerah Harmoni, Jakarta Pusat hingga saat ini sudah membuka beberapa cabang, mulai dari Tangerang, Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, hingga Bandung.

Keunikan soto betawi H. Mamat terletak pada proses pembuatan air santan kelapanya dan rempah-rempah yang dibuat menggunakan peralatan tradisional. Penyajiannya pun unik, kuah dan isiannya dipisah, nih, Kamu bisa memilih oseng daging yang terdiri dari pilihan daging sapi, kaki, urat, kikil, atau daging ayam, dan 2 jenis kuah yang ditawarkan, yakni kuah bening dan kuah santan.

7. Soto Betawi Nyonya Afung

instagram.com/verajj/
  • Alamat : Jl. Mandala Raya No.10, RT.13/RW.5, Tomang, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat
  • Jam Operasional : Setiap hari,  09.00 – 20.00 WIB
  • Harga per porsi : Rp50 ribu - Rp100 ribu


Ini adalah sebuah rumah makan keluarga yang menjadikan berbagai menu, salah satunya adalah soto Betawi. Rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1982, dengan toko pertama mereka di Glodok. 

Soto Betawi Nyonya Afung memiliki sejumlah cabang, seperti di daerah Glodok, Puri Indah, Kedoya, Meruya, Pesanggrahan, dan juga Kelapa Gading. Uniknya, Soto Betawi Nyonya Afung menyajikan beberapa variasi soto, mulai dari soto daging sapi, soto daging ayam, soto iga bakar, dan soto wagyu.

Itulah ke-7 tempat Soto Betawi legendaris di Jakarta yang patut untuk kamu coba. Dari ke-7 soto di atas mana yang sudah pernah kamu cicipi? Lantas seperti apa pendapatmu? Tulis di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Food