Kadang suka bingung nggak sih cara membandingkan antara tunik, blouse dan baju kurung? Padahal ketiganya sama-sama panjang, jadi agak tricky apakah hanya beda penyebutan saja atau memang ketiganya memang jenis baju yang berbeda?

Supaya menjawab pertanyaanmu, intinya sih ketiga baju tersebut memang berbeda. Mau tahu dari mana beda antara tunik, blouse dan baju kurung? Baca hingga selesai supaya kamu nggak keliru lagi.

1. Tunik

Suka Bikin Keliru, Ini Perbedaan Tunik, Blouse dan Baju Kurunglateafternoonblog.com

Tahu nggak kalau kata tunik atau tunic itu berasal dari bahasa Latin, yakni tunica. Dulunya di era Mediterania kuno, banyak orang yang pakai tunik lho.

Menurut ensiklopedia Britannica, tunik adalah pakaian dua potong yang dibuat dari linen serta dijahit pada bagian samping dari bawah hingga atas, dan terdapat lubang pada bagian kepala dan tangan. Panjangnya sampai lutut atau lebih. Tunik bisa berlengan atau tanpa lengan.

Singkatnya, kemeja dengan panjang baju hingga di bawah lutut adalah ciri khas tunik. Namun, desain tunik nggak melulu sekedar kemeja yang plain dan siluet lurus, banyak pula tunik yang dirancang lebih sangat bervariasi, mulai dari keunikan potongan pada bagan kerah atau bawah tunik.

Tunik pun salah satu busana yang fungsional banget. Nggak cuma bisa dipakai sebagai atasan saja, tapi juga bisa menjadi outer, mix n match pun lebih mudah. Kamu bisa kenakan track pants, jeans, dan celana kantor pun cocok.

2. Blouse

Suka Bikin Keliru, Ini Perbedaan Tunik, Blouse dan Baju Kurungthezoereport.com

Blouse berasal dari bahasa Perancis untuk menunjukkan sebuah pakaian yang mirip dengan kemeja. Singkatnya, blouse atau blus adalah pakaian wanita yang bersiluet longgar dan panjangnya hanya sampai pinggul.

Desain bagian kerah hingga lengan blouse pun sangat bervariasi. Mulai dari lengan bentuk balon hingga terompet. Bagian kerah pada blouse ada pula yang dihiasi kancing atau bordiran yang cantik.

Jadi jika blouse dibandingkan dengan tunik, sangatlah berbeda. Perbedaan mencolok yang dapat dilihat adalah ukuran panjang pakaian.

3. Baju Kurung

Suka Bikin Keliru, Ini Perbedaan Tunik, Blouse dan Baju KurungZalora Malaysia

Pakaian tradisional asal Melayu ini punya ciri khas baju yang menutupi tubuh hingga lutut. Lalu apa bedanya ya? Nah, kalau dibandingkan dengan tunik, baju kurung justru menutupi hingga pergelangan tangan. Sedangkan tunik lengannya bisa sampai siku saja. Persamaannya tunik dan baju kurung hanya pada bagian bawang, yakni sama-sama sampai lutut.

Selain itu, perbedaan yang mencolok antara tunik dan baju kurung adalah pada bagian kancing. Sebab, baju kurung desainnya plain tanpa kancing, dan tanpa kerah. Selain itu, cara pakai baju kurung harus dipadu padankan dengan kain sarung atau rok.

Kini kamu sudah tahu kan cara membedakan tunik, blouse, dan baju kurung? Ingat saja kalau ketiganya memiliki perbedaan pada panjang baju dan cara pakai.

Baca Juga: Inspirasi Padu-padan Baju Tunik untuk Cewek Hijabers

Baca Juga: Tak Sama, Ini Perbedaan Kemeja dan Blouse

Baca Juga: Lebih Trendi! Intip 5 Model Baju Kurung Terbaru di Tahun 2019