Gamis menjadi model pakaian perempuan yang digemari banyak kalangan. Modelnya yang simpel dengan atasan dan bawahan yang menyatu membuatmu tidak perlu bingung dengan padu-padan lagi.

Namun semakin ke sini, gamis menjadi begitu bervariasi. Tak hanya dibuat polos saja, gamis bisa menjadi pakaian yang mewah jika dipadukan dengan item fesyen lainnya. Salah satu yang banyak dipilih adalah outer brokat. 

Nah, kali ini Popbela.com akan menyajikan macam-macam outer brokat untuk gamis. Kamu bisa memakainya untuk pesta atau acara lainnya saat suasana formal maupun semi formal.

Selengkapnya, lihat di bawah ini ya, Bela!

1. Outer Brokat Pendek Kombinasi Tille

10 Outer Brokat untuk Gamis yang Anggun dan Eleganpinterest.com

Outer brokat untuk gamis yang pertama adalah model pendek dengan kombinasi tille di lengan dan ujung outer. Model ini dibuat seperti outer pada umumnya tanpa kancing di bagian depan. 

Kemudian, lengannya dibuat panjang sampai pergelangan tangan, tetapi disambung dengan kain tille di ujungnya. Outer di bagian badan juga demikian dengan kombinasi tille yang dibentuk ruffle di ujungnya. 

Outer ini akan cocok kamu padukan dengan gamis yang memiliki potongan lurus dengan aksen kerutan atau semacamnya. Kemudian, padukan dengan hijab dan aksesori warna senada atau warna-warna netral seperti hitam supaya lebih elegan. 

2. Outer Brokat Panjang Lengan Kelelawar

10 Outer Brokat untuk Gamis yang Anggun dan Eleganpinterest.com

Selanjutnya, outer brokat ini tampaknya memang menyatu dengan gamis. Namun pada dasarnya, bagian tersebut adalah outer yang dibentuk panjang menyerupai gamis. Untuk detailnya, outer ini memiliki lengan kelelawar yang lebar dan juga aksen mutiara di kerahnya. 

Dengan model seperti itu, outer brokat tersebut akan cocok kamu padukan dengan inner gamis warna hitam yang senada. Lalu, pasangkan dengan aksesori hijab berwarna cerah dan netral, seperti cokelat. Aksesori lainnya juga bisa kamu sesuaikan dengan kedua warna tersebut. 

3. Outer Brokat Maxi Aksen Lipat

10 Outer Brokat untuk Gamis yang Anggun dan Eleganpinterest.com

Outer brokat untuk gamis yang selanjutnya ini memiliki model yang simpel tapi menawan. Sebab, kamu hanya cukup membuat outer dengan panjang maxi sampai kaki. Lalu, buat detail lipatan pada bagian atas seperti kerah yang memanjang. 

Model outer brokat ini akan cocok kamu padukan dengan gamis bermodel maxi dan juga warna pink yang sama. Namun, pilih gamis polos yang memiliki bahan mengilap seperti satin supaya tampak semakin mewah. 

4. Outer Brokat Midi Kerah Tegak

10 Outer Brokat untuk Gamis yang Anggun dan Eleganpinterest.com

Kalau kamu ingin tampil lebih rapi dengan outer brokat, maka model outer midi dengan kerah tegak ini bisa kamu pilih. Model ini memiliki potongan 3/4 sampai betis dengan potongan yang lurus dari atas sampai bawah. 

Kemudian, outer ini memiliki detail kerah yang tegak dengan dua kancing di bawahnya untuk membuat penampilanmu tampak lebih rapi. Tak hanya sampai di situ saja, lengannya juga dibuat unik dengan aksen ruffle dan mutiara di atasnya. 

Dengan model yang demikian, kamu bisa memadukan outer tersebut dengan gamis panjang yang polos warna senada. Untuk aksesori kerudung, kamu bisa memilih warna yang lebih cerah satu tingkat di atasnya. 

5. Outer Brokat A-Line Lengan Balon

10 Outer Brokat untuk Gamis yang Anggun dan Eleganpinterest.com

Model outer a-line lengan balon cocok sebagai outer brokat untuk gamis. Berbeda dengan outer biasanya yang memiliki belahan di bagian depan, outer kali ini dibuat memanjang seperti gamis. 

Namun, kamu bisa melepas-pasang outer tersebut sehingga bisa dipadukan dengan bebagai macam gamis. Seperti di atas, kamu bisa memakainya dengan inner gamis berwarna sage green. 

Lalu, kamu bisa menambahkan aksesori lainnya seperti hijab, high heels, dan tas jika ingin memakainya untuk pergi ke pesta atau acara lainnya. 

6. Outer Brokat Midi Model Crossover

10 Outer Brokat untuk Gamis yang Anggun dan Eleganpinterest.com

Memakai outer brokat akan semakin tampak kekinian dengan model crossover berpotongan midi seperti ini. Seperti yang kamu lihat, outer ini dibuat dengan perpaduan dua model kain brokat. 

Lalu, bagian kerahnya tampak seperti kerah v-neck dan tali di bagian pinggang. Nah, supaya terlihat semakin mewah, kamu bisa menambahkan aksen mutiara di bagian perpotongan outer. 

Outer tersebut akan cocok kamu pasangkan dengan gamis polos dan hijab warna senada. Lalu, tambahkan aksesori high heels supaya semakin lengkap. 

7. Outer Brokat V-Neck Model Kelelawar

10 Outer Brokat untuk Gamis yang Anggun dan Eleganpinterest.com

Lagi-lagi dengan model kelelawar, outer brokat untuk gamis kali ini dibuat panjang sampai mata kaki. Model kelelawarnya pun tidak hanya di bagian lengan saja, tetapi memanjang sampai ke ujung outer. 

Untuk bagian kerah, kamu bisa menambahkan aksen manik-manik yang mengelilingi leher dengan potongan v-neck. Outer ini akan cocok kamu kenakan dengan inner gamis polos warna apa saja. 

Namun, jangan lupa lengkapi dengan aksesori yang senada supaya tidak terkesan terlalu ramai. 

8. Outer Brokat Maxi Kombinasi Tille

10 Outer Brokat untuk Gamis yang Anggun dan Eleganpinterest.com

Kalau kombinasi kain tille sebelumnya ada di bagian lengan, kamu bisa membuatnya berbeda dengan meletakkannya di ujung outer saja. Seperti yang bisa kamu lihat, outer brokat ini memiliki panjang yang menjuntai sampai bawah. 

Kemudian, bagian depannya dibuat tanpa kancing atau tali sehingga menampilkan bagian depan inner gamisnya. Mix and match yang cocok dengan outer brokat maxi ini adalah gamis warna cerah, seperti pink. 

Lalu, kamu bisa mengenakan hijab sesuai dengan warna gamisnya. Untuk aksesori, cukup pakai tas dan kitten heels warna netral saja, seperti hitam atau putih. 

9. Outer Brokat Midi Lengan Lonceng

10 Outer Brokat untuk Gamis yang Anggun dan Eleganpinterest.com

Gamis yang memiliki aksen tali atau lipatan tetap bisa digabungkan dengan outer brokat jika memilih model seperti di atas. Model outer tersebut dibuat dengan panjang midi sampai bawah lutut dengan potongan yang lebar. 

Lalu, lengan outer-nya dibuat lebar model lengan lonceng yang berlapis. Dengan lengan tersebut, kamu tidak perlu kebingungan jika memakai gamis lengan balon yang lebar. 

Kemudian, pasangkan outer dan gamis tersebut dengan hijab sewarna supaya tampak elegan. Untuk aksesorinya, kenakan high heels dan hand bad warna putih yang netral. 

10. Outer Brokat Midi Model Terusan

10 Outer Brokat untuk Gamis yang Anggun dan Eleganpinterest.com

Outer brokat untuk gamis yang terakhir ini memiliki model terusan seperti tunik yang dibuat lebih lebar. Lalu, bagian lengannya dibuat 3/4 sampai ke bawah siku supaya tampak modis. 

Kamu bisa memakai outer ini dengan gamis warna polos dengan model apa aja. Sebab, motif brokat ini tetap bisa menampilkan model gamis yang kamu pakai. 

Kalau sudah, kenakan aksesori open heels, sling bag, dan juga hijab warna senada jika sudah siap untuk datang ke pesta atau acara lainnya. 

Itulah 10 outer brokat untuk gamis dan mix and match-nya yang bisa kamu sontek. Di antara 10 outer brokat di atas, mana yang menurutmu paling anggun, Bela?

Baca Juga: 8 Model Baju Gamis Brokat Lengan Balon, Cocok untuk Pesta!

Baca Juga: 10 Model Atasan Brokat Kekinian 2022, Stylish dan Elegan!

Baca Juga: 8 Model Baju Batik Kombinasi Brokat untuk Pesta Pernikahan