Mengenal Abaya Turki dan Jenis-Jenisnya, Cocok untuk Lebaran!

Modelnya mewah dan menawan

Mengenal Abaya Turki dan Jenis-Jenisnya, Cocok untuk Lebaran!

Baju muslim perempuan yang paling dikenal di Indonesia adalah gamis. Namun, bukan hanya itu saja, ada beberapa jenis baju muslim perempuan yang bisa kamu jadikan alternatif model pakaian, seperti kaftan, tunik, dan abaya.

Abaya merupakan pakaian yang cukup terkenal di wilayah Timur Tengah, salah satunya di Turki. Pakaian tersebut sekilas mirip dengan gamis, tetapi terlihat lebih longgar dan netral. 

Supaya kamu bisa melihat detail perbedaan abaya Turki dengan model pakaian muslim perempuan lainnya, simak ulasan berikut ini, ya!

Apa itu Abaya?

Mengenal Abaya Turki dan Jenis-Jenisnya, Cocok untuk Lebaran!

Abaya Turki merupakan busana perempuan muslim yang berbentuk dress panjang dengan detail yang lebar dan longgar. Sekilas, bentuk abaya ini memang mirip dengan gamis biasa. 

Namun, abaya Turki memiliki ciri khas minimalis dan simpel dengan ukuran yang longgar dan panjang sampai mata kaki. Warnanya pun cenderung netral seperti hitam, tetapi kini banyak yang memodifikasinya dengan warna-warna cerah. 

Seperti namanya, abaya Turki merupakan pakaian muslim khas Timur Tengah, tepatnya negara Turki. Model pakaian ini cocok dipakai untuk berbagai acara, mulai dari pengajian sampai lebaran. 

Biasanya, abaya Turki juga diberi tambahan detail bordir atau payet sebagai dekorasinya. Bahan yang dipakai pun cukup beragam, tetapi cenderung 'jatuh' dan tidak menerawang. 

Cara Memilih Abaya

Jika kamu sedang mencari model baju muslim satu ini, maka pilihlah dengan cermat. Pertama, kamu perlu menyesuaikan desain dan ukurannya dengan bentuk tubuhmu. Lantaran desainnya yang longgar dan lebar, maka kamu perlu menyesuaikannya supaya ukuran yang dipilih tidak terlalu kecil sehingga tampak ketat. 

Kemudian, jika kamu ingin mencari abaya Turki yang bermotif, perhatikan susunan motifnya. Pemilik tubuh yang berisi akan lebih cocok menggunakan abaya bermotif vertikal supaya tidak memberi kesan gemuk. 

Selain itu, pilihlah warna-warna yang gelap alih-alih yang cerah supaya tidak menerawang. Pastikan juga bahan yang dipakai untuk membuat pakaian ini 'jatuh' dan flowy supaya bisa menawan saat dipakai serta tidak mudah kusut. 

Terakhir, jangan lupa perhatikan desain dan detailnya supaya cocok dengan acara yang akan kamu datangi. Jika kamu akan memakainya untuk acara yang mewah, maka pilih abaya yang diberi tambahan payet atau bordir yang ramai. Sebaliknya, jika kamu ingin memakainya untuk acara yang lebih santai, pilihlah abaya yang simpel dan polos. 

Supaya kamu punya gambaran berbagai model abaya Turki, berikut adalah beberapa contoh modelnya. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here