Tas branded merupakan obsesi tiap orang, nggak cuma perempuan saja. Banyak lho yang ingin semata meningkatkan status sosial sampai rela bela tas KW (apapun kualitas atau grade-nya, KW adalah KW) untuk gengsi.

Punya tas branded mahal bukan cuma buat ajang pamer. Tapi buat sebagian orang bisa jadi investasi yang dijual kembali. NAH! Perputaran uang ini bisa terjadi lewat bisnis jual-beli tas branded second.

BTW, kenapa harus second sih?

Jadi... kalau kamu setajir itu ya nggak masalah mau beli tas baru (nggak usah lanjut dibaca juga nggak papa). Intinya adalah untuk alasan "lebih hemat kenapa nggak?". Disamping itu brand mewah seperti Louis Vuitton dan Chanel contohnya, nggak pernah ada sale untuk tas-tas mereka yang menggiurkan - alasanya? tentu untuk mempertahankan value dari barang mereka.

Jadi solusinya paham dong? Harganya bisa disesuaikan. Kondisinya pun masih bisa dicek (kebanyakan masih bagus juga). Dan yang pasti, membeli barang second artinya kamu sudah join dalam gerakan sustainable fashion.

Hindari penipuan dengan cara ini...

Nah kebanyakan orang mudah percaya banget dengan seller yang "terpercaya" - kebanyakan menjamur di Instagram. Ingat ya: kardus, dust bag, detail kartu hingga struk belanja bisa direkayasa. Bahkan mata yang sudah handal saja bisa lho tertipu tas KW super yang levelnya udah replika.

Sayangkan uang kamu, kalau intinya tas branded-nya tetap KW.

Langkah ini bisa kamu terapkan sebelum membeli tas branded second:

  • Riset website tempat kamu memesan. Apakah sosial media mereka verified dan baca baca juga komentar para pelanggannya.
  • Perbanyak buka tab! Alias jangan malas untuk membandingkan harga di website lain. Jangan gampang tergiur dengan harga murah.
  • Hubungin customer service mereka, apakah cepat tanggap atau tidak.
  • Penting! Cari tahu soal syarat dan ketentuan jika ternyata barangnya nggak sesuai keingginan dan mau dikembalikan.
  • Kondisi tas kamu hanya ditampilkan lewat foto, jangan ragu untuk menghubungi seller untuk meminta foto yang lebih jelas.
  • Cari tahu "value" dari tas kamu. Tas seperti Hermes dan Chanel Flap punya nilai yang tinggi.
  • Belanja di website yang resmi.
  • Berikut beberapa website resmi dan terpercaya untuk berbelanja tas branded second. Mereka memiliki tim otentifikasi yang bahkan terhubung dengan butik resmi. Beberapa website di bawah ini ada juga yang bersifat komunitas, jadi cari seller yang jeli ya. Saya sendiri juga sudah pernah kok memesan di salah satunya.

    1. The RealReal - Merupakan website resale yang sudah punya nama. Asalnya dari Amrik. Katanya di butik offline-nya yang di SoHo, mereka sampai punya brankas untuk Hermes yang isinya tas Birkin penuh warna.

    2. Rebag - Termasuk website resale yang banyak pilihan dan punya koleksi tas-tas yang langka. Sama seperti website lainnya, kamu juga bisa titip jual tas lama kamu di sini.

    3. Vestiaire Collective - Berbasis komuniti, jadi perlu jeli membandingkan harga yang ditawarkan setiap seller - bahkan punya fitur "tawar harga". Setelah cocok prosesnya memang agak lama. Karena seller akan mengirim barang ke Vestiaire Collective, lalu akan dicek keasliannya, baru dikirim ke pembeli.

    4. Stock X - Nggak cuma ada tas, baru-baru ini Stock X punya resale sneakers yang bisa jadi pilihan investasi lainnya. Oh iya! Sistemnya beda dari yang lain, di sini kamu harus melakukan penawaran dulu (bidding) sampai harganya di-approved.

    5. The Luxury Closet - Berbasis di Dubai, website ini punya koleksi kolaborasi yang langka lho. Seperti tas Gucci x Comme des Garçons. Diskonnya pun menggiurkan, bisa sampai 70% dari harga retail.

    Baca Juga: Transformasi Drastis Artis Remaja yang Sudah Dewasa, Makin Seksi!

    Baca Juga: Deretan Aksi Pamer Paha Seleb Hollywood Paling Seksi di Karpet Merah

    Baca Juga: Ikut Trend 2020, Ini Inspirasi Fashion Item dari Bahan Rajut