Selain mengoleksi tas desainer mahal, atau pun jaket yang sama mewahnya, investasi pada emas tentu nggak boleh dilupakan. Apalagi sebagai millennial yang juga harus bijak dalam spending money, membeli emas harus mulai dipikirkan sedari dini. Nah soal membeli emas - sama halnya dengan membeli barang mewah lainnya - kamu patut sedikit bersikap skeptis. LOL. Tentu maksudnya dalam membedakan mana emas yang asli dan palsu.

Ada beberapa cara membedakan emas asli dan palsu yang dapat kamu lakukan. Kamu bisa praktekan sendiri atau mudahnya minta dampingi ahli emas untuk menguji emas kamu. So let's!

1. Menginspeksi warna emas kamu adalah cara yang paling mudah. Cukup gosok-gosokan dengan jari, lalu lihat warnanya. Kalau tidak ada perubahan maka emas kamu asli, tapi kalau terlihat memudar kemungkinan adalah emas palsu.

2. Kenapa para atlet selalu mengigit medali emas mereka? (Sebenarnya itu pose aja sih) so alasanya adalah... saat digigit emas asli akan terasa sedikit lunak.

3. Memakai magnet juga bisa membedakan emas asli dan palsu. Beberapa sumber mengatakan bukan magnet kulkas ya, tapi magnet yang bisa kamu beli dari toko alat rumah tangga. Nah kalau emas asli dia nggak akan tertarik ke medan magnet. Sebaliknya emas palsu akan menempel.

4. Yang ini nggak rekomen ya! Karena dapat merusak tampilan emas. Tapi katanya goreskan emas kamu dengan keramik. Kalau saat digores ada warna hitam berarti emas palsu.

Millennial Harus Tahu! Ini Cara Membedakan Emas Asli dan PalsuNet-a-porter.com

5. Memakai asam nitrat juga bisa membedakan emas asli dan palsu. Caranya cukup teteskan cairan asam nitrat dan lihat reaksinya. Kalau ada perubahan warna bisa dipastikan adalah emas palsu. Cara ini juga cukup ekstrem, pikir lagi sebelum mencoba ya.

6. Kadar emas tentu berbeda-beda. Dan belum tentu semua orang punya alat pengukur emas. Maka itu, solusi untuk tahu apa emas kamu asli atau palsu, bawa saja ke toko emas dan minta diukur dengan alat yang mereka punya.

7. Emas asli tentu punya surat resmi yang dikeluarkan oleh PT Antam.

8. Yang terakhir memerlukan tangan yang sudah ahli dalam mengukur berat emas. Jika emas dirasa berat tapi agak ringan, hati-hati kemungkinan bisa saja emas kamu palsu.

Millennial Harus Tahu! Ini Cara Membedakan Emas Asli dan PalsuNet-a-porter.com

Beberapa ciri-ciri serta cara membedakan emas asli dan palsu yang mudah ini bisa kamu jadikan referensi sebelum kamu membelinya. Yuk simak ulasannya.

Baca Juga: Tampil Simple! Ini Model Cincin Emas Wanita Terbaru 2019