Busana dengan material 'ramah lingkungan'? Tentunya saat ini sudah tak asing lagi ya mendengar hal tersebut, beberapa lokal brand asal Indonesia seperti Rupahaus dan Haku menggunakan bahan-bahan yang eco-friendly. Selain itu, H&M juga memiliki produk yang khusus menggunakan material ramah lingkungan yang diberi nama "Conscious".

Menggunakan Material Ramah Lingkungan, Begini Koleksi Orél by Aurelia SantosoDok. Popbela

Baru-baru ini salah satu label fashion Indonesia, kembali hadirkan produk-produk dengan menggunakan material yang sustainable. Yess, it's Orél by Aurelia Santoso, diantara kalian pasti pernah mendengar nama tersebut bukan? Sebelumnya, di tahun 2014 Aurelia sempat rilis lini busana bernama "Laison" yang koleksinya sempat ditampilkan di pekan mode New York. Namun, karena beberapa kendala "Laison" terpaksa tutup dua tahun yang lalu.

Menggunakan Material Ramah Lingkungan, Begini Koleksi Orél by Aurelia SantosoDok. Popbela

Kini Aurelia Santoso hadirkan busana ready-to-wear dengan material utama yang fokus pada bahan-bahan ramah lingkungan. "Orél merupakan fashion brand yang lebih dewasa sih... Aku benar-benar explore a lot of textiles, we trying to be sustanaible and also mindful. So, I feel this brand a lot more mature," Ucap Aurelia saat ditemui Popbela dalam launching brand Orél tersebut. "Aku ingin melakukan sesuatu yang lebih ada artinya sih.. Nggak cuma sekedar buat baju. So, aku benar-benar research. Aku butuh waktu 1 tahun untuk membangun label fashion ini dan sempat mengikuti online class untuk mempelajarinya," Tambahnya.

Menggunakan Material Ramah Lingkungan, Begini Koleksi Orél by Aurelia SantosoArajakarta.com
Menggunakan Material Ramah Lingkungan, Begini Koleksi Orél by Aurelia SantosoArajakarta.com

Salah satu material utama yang dipakainya adalah yarn tencel atau sutra serta silk. Hal lainnya yang membuat Orél semakin menarik adalah material utama tersebut dikombinasikan dengan kain tradisional Indonesia yakni, tenun Garut & Bali. "Kita mau mempersembahkan koleksi ini in a modern way. Bagi sebagain orang yang masih asing dengan kain tradisional seperti tenun tetap bisa appreciate dan memakainya untuk sehari-hari," Ungkap Aurelia.

Menggunakan Material Ramah Lingkungan, Begini Koleksi Orél by Aurelia SantosoArajakarta.com

Pada koleksi pertamanya ini, produk yang ditampilkan mulai dari top, blouse, blazer, dress, hingga, pants dengan warna-warna yang lebih netral seperti hitam, putih, cream, dan beige. Alasan dirinya memilih palet warna tersebut karena menurutnya lebih mudah proses pewarnannya, namun untuk koleksi selanjutnya Aurelia ingin hadirkan busana dengan warna-warna lainnya. Untuk range harganya sendiri mulai dari IDR 1 - 7 jutaan. Tertarik memilikinya? Kamu bisa mendapatkanya di gerai & situs website ARA.

BACA JUGA: H&M Rilis Koleksi Eksklusif Conscious 2018 yang Terinspirasi dari Seniman di Abad Ke-19