Menjelang musim hujan seperti ini, baju hangat atau sweater pasti menjadi salah satu fashion item andalanmu kan, Bela? Selain membuat hangat, menggunakan sweater juga bisa membuat kamu terlihat stylish. Tapi jika tidak dicuci dan dirawat dengan benar, sweater kesayanganmu bisa cepat berbulu dan melar lho. Nah, agar agar hal tersebut tidak terjadi, ternyata ada caranya lho agar kualitas sweatermu tetap terjaga. Yuk, intip tips mencuci dan merawat sweatermu agar tidak cepat rusak.

Tips Mencuci Sweater Favorit agar Tidak Cepat Melar

Ketikan kamu mencuci sweater, pastikan kamu membalikkan sweater terlebih dahulu. Dengan begini kamu tidak akan merusak bagian luar sweater yang selalu terlihat. Hal ini juga menghindari adanya benang-benang yang keluar dari sweater kesayanganmu.

Tips Mencuci Sweater Favorit agar Tidak Cepat Melar

Hindari mencuci sweater menggunakan mesin cuci. Selain dapat membuat sweater kesayanganmu menjadi melar, menggunakan mesin juga dapar membuat sweatermu berbulu. Jadi, sebaiknya cuci sweatermu menggunakan tangan. Kamu cukup merendamnya selama beberapa menit, kucek, lalu bilas hingga bersih.

Tips Mencuci Sweater Favorit agar Tidak Cepat Melar

Nah, untuk mengeringkannya, hindari memeras sweater karena hal ini kan merusak serat kain. Kamu bisa menggunakan handuk kering. Letakkan sweater di atas handuk atau kain kering tersebut, lalu gulung hingga air dari sweater keluar. Setelahnya kamu bisa menjemurnya. Tapi ingat, jangan mengarahkan swetaermu ke sinar matahari langsung, karena hal ini dapat merusak sweater.

Tips Mencuci Sweater Favorit agar Tidak Cepat Melar

Sebenarnya tidak akan menjadi masalah jika kam tidak menyetrika sweatermu. Tapi, jika kamu tetap ingin melakukannya, daripada menggunakan setrika biasa, kamu bisa menggunakan setrika uap yang bisa membuat sweatermu terlihat rapi namun tidak membuatnya menjadi melar.

Tips Mencuci Sweater Favorit agar Tidak Cepat Melar

Nah, untuk menyimpannya, jangan gantung sweatermu yah, Bela. Kenapa? Hal ini akan merusak bentuk sweater, terutama di bagian bahu. Selain itu menggantung sweater hanya membuat bagian leher menjadi melar. Jadi, untuk amannya, cukup lipat sweatermu dengan rapi.

Mudah kan, Bela?

BACA JUGA: Intip 4 Tips Cara Mencuci Pakaian Berwarna Putih Agar Tetap Cerah!