Beragam budaya Indonesia, Jawa Tengah jadi salah satu yang ikonik. Kental dengan unsur tradisional dan kultur budaya yang dibawa oleh para leluhur, termasuk soal pakaian adatnya. Deretan pakaian adat Jawa Tengah lengkap dengan nama dan masih digunakan untuk acara-acara resmi. Beberapa diantaranya ada di bawah ini, simak yuk!

1. Biasa digunakan untuk acara pernikahan, basahan merupakan warisan dari kebudayaan Mataram. Berbeda dari pakaian adat lainnya, basahan identik dengan pakaian luaran berbahan beludru dan tidak mengenakan luaran dengan riasan paes ageng kanigaran.

Kumpulan Pakaian Adat Jawa Tengah yang Digunakan untuk Acara BesarInstagram.com/vickushu

2. Jawi Jangkep merupakan pakaian yang dipakai oleh pria dalam upacara resmi adat Jawa Tengah. Terdiri dari baju beskap bermotif bunga di bagian tengahnya dan kain jarik yang dililit dari pinggang. Sambil memakai blangkon, keris dan selop sebagai pelengkapnya.

Kumpulan Pakaian Adat Jawa Tengah yang Digunakan untuk Acara BesarPinterest.com

3. Salah satu yang paling familiar adalah batik. Batik Jawa Tengah juga terkenal dengan motif yang indah dan khas. Batik yang sering diandalkan untuk acar formal kini hadir dengan model beragam yang cocok digunakan untuk sehari-hari

Kumpulan Pakaian Adat Jawa Tengah yang Digunakan untuk Acara BesarInstagram.com/ramadhaniabakrie

4. Nggak kalah populer, kebaya punya motif dan corak yang berbeda yang terbuat dari beludru, sutra, katun atau nilon biasa digunakan masyarakat Jawa Tengah. Mengombinasikan dengan kemben, kain tapih pinjung dan stagen, kebaya juga dilengkapi dengan kain dan aksesori.

Kumpulan Pakaian Adat Jawa Tengah yang Digunakan untuk Acara BesarInstagram.com/therealdisastr

5. Surjan merupakan pakaian adat yang digunakan oleh laki-laki dalam aktivitas sehari-hari di Jawa Tengah. Bahkan beberapa perusahaan di Jawa dan Yogyakarta juga menerapkan surjan sebagai seragam kerja lho.

Kumpulan Pakaian Adat Jawa Tengah yang Digunakan untuk Acara BesarInstagram.com/mariophotographie

Baca Juga: Supaya Nggak Cepat Luntur, Begini Cara Mencuci Kain Batik yang Benar

Baca Juga: Deretan Seleb Luar Negeri yang Ketahuan Pernah Pakai Batik 

Baca Juga: Deretan Pakaian Adat Yogyakarta yang Perlu Kamu Ketahui