Karena warnanya yang netral, busana warna putih salah satu item yang sering diandalkan. Namun terkadang saat ingin membeli baju warna putih, harus berpikir dua kali. Yup, karena warna yang satu ini jika dipakai berkali-kali akan terlihat kusam, bahkan warna putih dapat berubah menjadi kuning. 

Salah satu cara tips mudahnya coba berikan pemutih lalu rendam kemeja kesayanganmu. Fyi, nggak semua bahan busana bisa menggunakan pemutih lho! Kamu nggak perlu khawatir lagi, karena Popbela punya solusinya nih. Simak yuk 4 tips agar kemeja putihmu nggak mudah kusam. Jangan lupa di catat, Bela! 

1. Sortir kemeja putihmu dari busana warna lain

Biar Nggak Mudah Kusam, Ini Dia 4 Trik untuk Mencuci Kemeja Putihmuthespruce.com

Tahap awal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya perubahan warna pada kemeja putihmu. Apabila tidak dilakukan, maka berpotensi untuk menimbulkan terjadinya kelunturan warna-warna lain.

 Oleh karena itu, hindari menggabungkan keduanya ya! Sekalipun misalnya tidak terjadi kelunturan, kemeja putih akan berubah lebih gelap dan terlihat "dekil" saat dicuci bersama dengan pakaian dengan warna yang lebih gelap.

2. Kumpulkan kemeja putih sesuai dengan bahan

Biar Nggak Mudah Kusam, Ini Dia 4 Trik untuk Mencuci Kemeja Putihmujacarandafm.com

Langkah awal sudah kamu kerjakan, kemudian kamu sebaiknya kumpulkan jenis bahan kemeja putih kamu saat akan mencucinya. Misalnya, kemeja putih dari bahan linen dan katun bisa digabungkan. Namun hal ini tidak berlaku untuk yang berbahan wool dan bahan lain yang lebih halus. Kamu disarankan untuk mencucinya secara terpisah dengan cara manual yakni dengan tangan.

3. Ini dia bahan-bahan yang bisa kamu andalkan!

Biar Nggak Mudah Kusam, Ini Dia 4 Trik untuk Mencuci Kemeja Putihmukleinsbrandsource.com

Gunakan cairan pemutih untuk mencerahkan kemeja. Opsi lain, menggunakan air jeruk lemon, cuka atau cairan hydrogen peroxide dengan kadar 3%. Lalu, jemur kemeja dengan pencahayaan sinar matahari yang cukup. Jangan lupa jemur kemeja secara kebalik ya! Hal tersebut untuk dapat mencegah dari sinar matahari yang membuat kemejamu pudar. 

4. Pastikan kemeja putihmu dalam keadaan bersih

Biar Nggak Mudah Kusam, Ini Dia 4 Trik untuk Mencuci Kemeja Putihmucleaning.lovetoknow.com

Bukan hanya baju, namun mesin cuci wajib diperhatikan! Secara rutin, kamu bisa memulainya dengan membersihkan mesin cuci dengan pemutih. Cara ini ampuh agar sisa kotoran tidak tercampur dengan pakaian yang sedang dalam proses pencucian. Cek juga kondisi air yang kamu pakai untuk mencuci, pastikan tidak mengandung mineral tinggi! 

Baca Juga: Agar Tidak Mudah Melar, Ini 5 Tips Mencuci Hijab yang Wajib Diikuti