High heels atau sepatu hak tinggi bisa jadi kunci perempuan yang ingin terlihat lebih jenjang. Bentuknya yang cantik dijamin bisa membuat penampilan lebih anggun dan elegan. Sayangnya bagi beberapa perempuan, memakai sepatu hak tinggi merupakan hal yang sangat menyiksa. Nggak hanya dapat membuat kaki sakit dan pegal, tapi lecet dari heels bisa memperburuk penampilan. 

Nah, Popbela punya beberapa hacks untuk kamu yang gemar pakai sepatu hak tinggi. Rahasia nyaman pakai heels seharian, tips selengkapnya simak di bawah ini.

1. Gunakan plester kaki untuk menghindari lecet

Tips & Trik untuk Tetap Nyaman Seharian Pakai Sepatu Hak Tinggishoppingntoday.com

Setiap perempuan pasti pernah merasakan lecet di bagian belakang kaki, terutama dari sepatu hak tinggi yang baru dibeli. Khusus para pencinta heels, sebaiknya selalu sediakan plester untuk ditempelkan di kaki. Bantalan plester yang empuk akan membuat sepatu hak tinggi lebih nyaman dipakai.

2. Pilih jenis sepatu hak tinggi yang tepat

Tips & Trik untuk Tetap Nyaman Seharian Pakai Sepatu Hak Tinggipopsugar.com

Ketahui jenis sepatu hak tinggi yang cocok untukmu dan pilih sesuai dengan acara yang akan dihadiri. Jika menghabiskan waktu yang lama atau mengharuskan untuk banyak berjalan, sebaiknya pilih heels dengan model yang nyaman untuk dipakai seharian. Kamu bisa pilih sepatu hak tinggi jenis wedges atau kitten heels yang nggak cepat buat pegal.

3. Manfaatkan hair dryer untuk mengatasi sempit pada sepatu baru

Tips & Trik untuk Tetap Nyaman Seharian Pakai Sepatu Hak Tinggihavtastic.com

Sepatu hak tinggi yang baru dibeli seringkali membuat sakit dan lecet. Hal ini karena bentuknya yang masih kaku dan sempit akibat belum digunakan. Coba gunakan hair dryer dan kaos kaki untuk mengatasi hal ini. Panas dari hair dryer akan membuat sepatu yang baru menjadi sedikit lebih melar, nggak sakit saat dipakai.

4. Coba trik merekatkan jari kaki dengan selotip

Tips & Trik untuk Tetap Nyaman Seharian Pakai Sepatu Hak Tinggicoolcreativity.com

Terlalu lama memakai sepatu hak tinggi memang nggak baik untuk kesehatan. Menurut pakar sains, sebaiknya coba rekatkan jari tengah dan jari manis kaki dengan selotip sebelum memakai sepatu hak tinggi. Hal ini dapat mengurangi resiko bahaya kesehatan pada saraf dan ligamen yang ada di kaki.

5. Sedia insole sepatu supaya lebih nyaman

Tips & Trik untuk Tetap Nyaman Seharian Pakai Sepatu Hak Tinggigoodhousekeeping.com

Ingin lebih nyaman memakai sepatu hak tinggi, masukkan insole sepatu sebelum memakainya. Bahannya yang empuk akan membuat kaki jadi ekstra nyaman. Selain itu, bentuknya yang fleksibel juga akan mengikuti lekukan kaki. Penggunaan insole sepatu pada heels dapat mengurangi risiko nyeri pada pinggang maupun sakit di bagian lutut. Coba deh!

6. Istirahatkan kaki dari heels jika terlalu sering dipakai seharian

Tips & Trik untuk Tetap Nyaman Seharian Pakai Sepatu Hak Tinggifreepik.com

Selalu sedia sepatu pengganti ketika terpaksa memakai heels seharian. Istirahatkan kakimu setiap beberapa jam sekali agar kaki jadi lebih rileks dan nggak tegang. Selain itu, hindari memakai sepatu hak tinggi terlalu sering dan berturut-turut karena dapat meningkatkan risiko penyakit.

7. Berjalan dengan postur tubuh yang benar

Tips & Trik untuk Tetap Nyaman Seharian Pakai Sepatu Hak Tinggiglamour.com

Jangan salah, berjalan dengan sepatu hak tinggi memang nggak boleh sembarangan. Postur tubuh yang salah, rasa sakit dan nyeri sendi dapat meningkat. Selalu berdiri dengan tegak dan ketahui cara berjalan dengan sepatu hak tinggi yang benar. Setiap kali kamu melangkah, pastikan bagian tumit kaki yang mendarat terlebih dahulu sebelum bagian depan jari kaki.

Baca Juga: Lebih Longgar, Ini Cara Mudah Mengatasi Sepatu yang Kekecilan

Baca Juga: 7 Model Sepatu Hak Tinggi yang Cocok untuk Dipakai Wisuda

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Tampil Classy, Ini Rekomendasi Pointed Heels Brand Lokal