Jangan salah, nggak semua jenis pakaian bisa dicuci dengan mesin cuci biasa, lho. Beberapa fashion item dengan bahan tertentu sebaiknya dicuci menggunakan metode dry cleaning. Sesuai namanya, metode pencucian ini dilakukan tanpa air dan detergen, namun menggunakan cairan khusus yaitu perchloroethylene.

Supaya pakaian tetap awet dan tahan lama, yuk simak jenis bahan pakaian yang wajib dicuci dengan metode dry cleaning!

1. Setelan jas, coat, atau blazer dengan bahan wol sebaiknya dicuci dengan metode dry cleaning. Selain menjaga kualitas serat wol, metode pencucian ini dijamin akan menjaga bentuk jas maupun blazer.

Bahan Pakaian yang Harus Dicuci dengan Metode Dry Cleaningvogue.com

2. Kain sutra pada umumnya memang dijual dengan harga yang mahal, maka dari itu nggak boleh dicuci sembarangan. Gunakan jasa dry cleaning untuk mempertahankan kualitas bahan sutra yang halus dan tipis.

Bahan Pakaian yang Harus Dicuci dengan Metode Dry Cleaningpopsugar.com

3. Pakaian yang terbuat dari material kulit maupun suede juga perlu dicuci dengan metode dry cleaning. Mesin cuci hanya akan mengubah tekstur bahan dan membuat warnanya cepat pudar.

Bahan Pakaian yang Harus Dicuci dengan Metode Dry Cleaningeditorialist.com

4. Dress atau kebaya yang dilengkapi dengan embellishment seperti payet, sequin, maupun stud wajib diberikan perhatian khusus saat dicuci. Metode dry cleaning akan menjaga payet tetap awet dan nggak cepat lepas.

Bahan Pakaian yang Harus Dicuci dengan Metode Dry Cleaninginstagram.com/tasyafarasya

5. Pakaian dengan bahan plisket juga perlu dicuci dengan metode dry cleaning ya, Bela! Hindari penggunaan mesin cuci karena akan merusak bentuk kain yang berlipit sehingga merusak keindahan pakaian.

Bahan Pakaian yang Harus Dicuci dengan Metode Dry Cleaningpopsugar.com

Baca Juga: Cara Mencuci Bra yang Tepat Agar Tidak Berubah Bentuk

Baca Juga: Tips Mencuci Pakaian Perempuan Sesuai Jenisnya

Baca Juga: Cara Mencuci Baju Bahan Rayon Supaya Tidak Mengecil