Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Model Outer Kekinian dan Modis untuk Perempuan, Stylish!

Mudah di-mix and match

Nafi' Khoiriyah

Tren fashion perempuan kini makin bervariasi. Kalau dulu orang lebih menyukai pakaian yang simpel, kini justru banyak yang menyukai pakaian berlapis. Nah, salah satu fashion item yang sering digunakan untuk melapisi pakaian supaya makin fashionable adalah outer.

Seperti namanya, outer merupakan pakaian luar yang biasanya dipakai dengan inner di dalamnya. Inner tersebut bisa berupa kemeja, kaus, bahkan dress sekalipun. Variasi outer kekinian pun makin banyak jenis dan motifnya. 

Supaya kamu nggak ketinggalan, berikut Popbela.com rangkum 8 jenis outer kekinian yang bisa kamu padu-padankan dengan fashion item lainnya. 

1. Kimono Outer

pinterest.com

Outer kekinian yang pertama ini tentu sudah familier untukmu. Kimono outer merupakan model pakaian luaran yang dibuat seperti pakaian tradisional Jepang. Ciri khas dari outer ini adalah potongannya yang lebar dan bagian depan yang disertai tali. 

Semua bahan pakaian bisa dibuat menjadi model outer ini. Namun, biasanya outer kimono dibuat dengan bahan yang ringan dan tipis. Kamu bisa memadukannya dengan inner tank top atau semacamnya sesuai dengan look yang kamu inginkan. 

2. Korean Outer

pinterest.com

Bukan hanya dari Jepang saja, outer a la Korea Selatan yang sering muncul di dalam drama Korea kini juga banyak diminati. Berbeda dengan karakteristik kimono outer yang biasanya tipis dan ringan, Korean outer justru lebih tebal dan hangat. 

Biasanya, outer jenis ini didesain panjang seperti mantel dengan dilengkapi kancing atau zipper di bagian depannya. Saat musim dingin, Korean outer ini banyak dipakai untuk melapisi pakaian. Selain modelnya, warna Korean outer juga memiliki ciri tersendiri yakni menggunakan warna-warna yang kalem dan hangat. 

3. Cardigan

pinterest.com

Outer kekinian berikutnya yang disebut cardigan ini pasti sudah menjadi outfit andalan banyak anak muda. Sebab, cardigan tergolong lebih simpel dan mudah dipadu-padankan dengan berbagai macam outfit. 

Cardigan merupakan sejenis pakaian hangat mirip sweater dengan atau tanpa kancing di depannya. Biasanya, pakaian luar ini dibuat dengan bahan benang wol yang hangat. Kemudian, cardigan dipakai menggunakan inner kaus atau tank top dengan bawahan kasual. 

4. Vest

pinterest.com

Dulu disebut rompi, kini fashion item satu ini lebih dikenal dengan sebutan vest. Vest merupakan outer tanpa lengan yang biasanya dipakai dengan inner kemeja atau kaus lengan panjang. Bagian depan vest terkadang diberi kancing, tetapi ada pula yang tidak. 

Rompi ini bisa dibuat dengan berbagai jenis bahan, tetapi contoh di atas menggunakan bahan wol yang dirajut. Sebagai perpaduannya, kamu bisa mengenakan inner kaus, celana motif, dan belt yang mencolok. 

5. Blazer

pinterest.com

Untuk pakaian formal, outer kekinian jenis blazer adalah pilihan yang tepat. Pakaian ini memiliki desain yang beragam, tetapi mirip dengan jas yang dibuat lebih santai. Kamu bisa memadukannya dengan fashion item lainnya sesuai keinginanmu. 

Namun, kamu pun bisa memasangkan blazer dengan kulot yang memiliki warna senada sebagai setelan kantor yang ciamik. Sebagai inner-nya, kamu bisa mengenakan tank top atau kaus polos. 

6. Outer Scarf

pinterest.com

Outer scarf memang menjadi tren terbaru saat ini, apalagi bagi kamu yang berhijab. Outer ini dibuat dengan kain berbentuk segi empat dengan motif tertentu. Seperti namanya, kain tersebut memakai bahan scarf yang biasanya dipakai sebagai bahan hijab. 

Biasanya, outer scarf dipadukan dengan inner polos dan rok atau kulot. Kemudian, pakai hijab yang senada dengan warna bawahannya. Saat memakai outer scarf, penampilanmu akan terlihat lebih feminin dan anggun. 

7. Outer Batik

instagram.com/store_gng

Kalau outer yang satu ini tentu sudah menjadi pakaian yang sering dipakai perempuan Indonesia. Batik yang dulu sering dibuat menjadi kemeja atau blouse, kini juga divariasikan menjadi outer. 

Pakaian ini bisa dipakai sebagai pakaian kerja ke kantor maupun acara semi formal lainnya. Meskipun terbuat dari batik yang terkesan formal, tetapi outer batik tetap terkesan trendi dan kekinian. Jangan lupa lengkapi inner dan bawahan dengan warna yang senada supaya tetap elegan saat dipakai, ya!

8. Bolero

pinterest.com

Outer kekinian yang terakhir adalah bolero. Bolero merupakan pakaian luaran perempuan yang memiliki detail lengan panjang dengan potongan bagian badan yang pendek. Biasanya, bolero hanya memiliki panjang sampai pinggang. 

Bahan yang dipakai untuk membuat bolero ini bermacam-macam, mulai dari bahan wol sampai rajut. Kamu bisa memakainya dengan perpaduan inner sleeveless dan mini skirt seperti di atas. 

Itulah 8 macam outer kekinian yang bisa kamu jadikan koleksi untuk membuat penampilan lebih stylish dan kekinian. Di antara jenis-jenis outer di atas, mana yang jadi favoritmu, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends