Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Model Jahitan Baju Batik Perempuan Terbaru, Simpel dan Elegan!

Kamu pilih yang mana?

Nafi' Khoiriyah

Batik menjadi salah satu motif pakaian yang serbaguna. Selain bisa digunakan sebagai pakaian kerja, batik juga bisa dipakai untuk acara pesta maupun yang lainnya. Bahkan, kini banyak orang memakainya sebagai pakaian kasual dengan model yang kekinian. 

Itulah pentingnya kamu mengetahui model jahitan baju batik perempuan terbaru. Kamu bisa mengkreasikan bahan kain satu ini menjadi berbagai jenis jahitan, mulai dari blouse, tunik, outer, sampai dress. 

Kalau kamu sedang mencari ide untuk menjahit kain batik, beberapa model jahitan berikut ini mungkin bisa jadi referensi. Simak, ya!

1. Baju Batik Perempuan Model Blouse

pinterest.com

Model jahitan baju batik perempuan terbaru yang pertama ini cukup simpel dan klasik, yakni blouse. Banyak orang memakainya untuk pakaian kerja karena desainnya yang simpel, formal, dan nyaman. 

Biasanya, blouse dibuat dengan panjang sampai bawah pinggang dan lengan panjang. Sementara itu, desainnya tanpa kancing di depan sehingga memberikan kesan modern dan simpel. 

2. Baju Batik Perempuan Model Tunik

pinterest.com

Selain blouse, tunik juga bisa menjadi opsi lainnya untuk jahitan batik yang formal. Berbeda dari model blouse yang pendek, tunik memiliki detail lebih panjang sampai atas lutut atau sampai betis. 

Model tunik pun kini bervariasi, bisa dilengkapi dengan kancing maupun tidak. Bahkan, kamu juga bisa memodifikasinya dengan kain lainnya supaya tidak tampak sangat polos. 

3. Baju Batik Perempuan Model Outer

pinterest.com

Nah, model jahitan baju batik perempuan terbaru yang banyak digemari anak muda adalah outer. Alih-alih dibuat menjadi pakaian tertutup, outer yang terbuka justru bisa dipadukan dengan berbagai fashion item. 

Misalnya, dengan tank top polos atapun kaus di dalamnya. Outer juga memberikan kesan yang lebih kasual daripada blouse atau tunik sehingga bisa digunakan untuk acara yang lebih santai. 

4. Baju Batik Perempuan Model Gamis

pinterest.com

Sementara untuk pakaian pesta, gamis batik menjadi pilihan jahitan yang tepat. Gamis ini dibuat dengan bahan batik dengan panjang yang menjuntai sampai ujung kaki. Biasanya, gamis dikombinasikan dengan kain polos supaya lebih bervariasi. 

Gamis merupakan pakaian muslim yang memiliki karakter lebar dan longgar. Pakaian ini biasanya dilengkapi dengan aksesori hijab supaya makin anggun. Nah untuk memberikan kesan yang modern, kamu bisa menambahkan obi belt atau semacamnya. 

5. Baju Batik Perempuan Model Dress

pinterest.com

Berbeda dengan sebelumnya, model jahitan baju batik perempuan terbaru ini bisa didesain panjang ataupun pendek. Contoh di atas menunjukkan dress pendek yang dibuat dari kain batik sampai sepanjang bawah lutut. 

Dress ini cocok untuk dipakai pada acara semi formal seperti pesta yang membutuhkan pakaian yang menawan. Namun, jangan lupa lengkapi dengan aksesori seperti high heels dan juga tas supaya makin stylish. 

6. Baju Batik Perempuan Model Kombinasi

pinterest.com

Kalau batik yang konvensional banyak dijahit dengan satu bahan saja, kini kamu bisa mengombinasikannya dengan berbagai jenis dan warna kain. Seperti di atas, batik tersebut disatukan dengan kain tille yang memiliki karakteristik berpori. 

Selain itu, baju tersebut juga dilapisi dengan kain polos berwarna hitam yang kontras dengan batiknya. Dengan perpaduan yang tepat, baju batik kombinasi akan terlihat lebih modern dan kekinian. 

7. Baju Batik Perempuan Model Lengan Pendek

pinterest.com

Variasi jahitan lainnya yang bisa kamu perhatikan adalah panjang lengan bajunya. Variasi pertama adalah lengan pendek yang dibuat di atas siku sehingga saat dipakai terasa lebih kasual. 

Kamu bisa menerapkan jahitan lengan pendek ini pada baju bermodel blouse maupun dress. Bukan hanya lengan pendek biasa, variasi ruffle ataupun lonceng juga bisa diterapkan pada lengan supaya tidak terlihat membosankan. 

8. Baju Batik Perempuan Model Lengan Panjang

pinterest.com

Terakhir, model jahitan baju batik perempuan terbaru juga bisa menerapkan lengan panjang sampai pergelangan tangan. Biasanya, model jahitan ini dipakai untuk baju kerja yang formal ataupun pada gamis. 

Namun, lengan panjang juga bisa diterapkan pada dress untuk memberikan kesan yang sopan dan tertutup. Untuk variasinya, lengan panjang selain dilengkapi dengan kancing bisa juga diberi kerutan ataupun dibuat model lengan balon. 

Itulah 8 model jahitan baju batik perempuan terbaru yang bisa kamu pilih. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan seleramu. Kira-kira, model jahitan mana yang akan kamu pilih, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends