Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Baju Lebaran 2024 Berbagai Model, dari Gamis Sampai Setelan Celana

Mana yang akan kamu pilih?

Nafi' Khoiriyah

Di tahun ini, kamu tentu ingin tampil berbeda saat Hari Raya Idulfitri, tapi tentunya tetap stylish dan nyaman. Biasanya, baju lebaran untuk perempuan identik dengan gamis atau dress. 

Namun ternyata, ada berbagai model baju yang bisa kamu jadikan pilihan lain yang tak kalah menarik, lho. Selain gamis, ada pula setelan sampai dengan tunik yang bisa kamu mix and match dengan fashion item lainnya. 

Supaya kamu punya gambaran memilih baju lebaran, simak dulu macam-macam model baju lebaran 2024 ini, yuk!

1. Gamis A-Line

pinterest.com

Model baju lebaran 2024 yang pertama tentu saja gamis. Gamis memang menjadi pakaian yang klasik untuk hari raya. Dengan potongan yang lebar dan panjang, dengan mudah pakaian ini bisa dipadukan dengan hijab sebagai pelengkapnya. 

Namun, di tahun ini kamu bisa memilih gamis dengan warna-warna earth-tone dan model yang lebih menarik. Salah satunya adalah model A-line seperti di atas. Bukan hanya A-line biasa, aksen button dan ruffle pun bisa menjadi detail yang menarik untuk dipakai. 

2. Midi Dress

pinterest.com

Tak jauh-jauh dari gamis, midi dress juga bisa menjadi outfit lebaran yang tak kalah menawan. Berbeda dari gamis sebelumnya, potongan midi dress ini biasanya lebih pendek di sekitar betis. 

Dengan potongan tersebut, kamu bisa memadukannya dengan ankle boots yang panjang seperti di atas. Perpaduan antara model dress yang tanggung dengan sepatu yang panjang akan membuat penampilan makin fashionable. 

3. Oversized Blouse

pinterest.com

Sementara bagi yang ingin memilih pakaian yang lebih simpel, baju lebaran 2024 berupa oversized blouse akan cocok untukmu. Padanan yang cocok untuk atasan ini adalah celana bahan atau jeans yang memiliki warna kontras. 

Jika blouse polos, kamu juga bisa menambahkan aksesori berupa perhiasan atau tas agar tampak lebih mewah. Namun, jangan lewatkan untuk memakai loafers sebagai alas kakinya agar tetap stylish, ya!

4. Tunik

pinterest.com

Tampil elegan selain dengan dress juga bisa dengan model baju tunik. Model pakaian ini memiliki karakteristik panjang yang sampai lutut atau di bawahnya. Selain itu, tunik biasanya juga dilengkapi dengan button di bagian depan memanjang sampai ujungnya. 

Untuk memadukan pakaian tunik, pilihlah celana bahan atau celana lain yang potongannya tidak terlalu lebar. Jika tunik memakai motif, gunakan celana polos dan juga sebaliknya. Kalau sudah, penampilanmu di hari raya pun akan terlihat begitu elegan. 

5. Kaftan

pinterest.com

Kaftan memang identik dengan pakaian lebaran. Modelnya yang menyerupai kelelawar dengan sayap di sampingnya ini juga akan cocok sebagai baju lebaran 2024. Supaya sedikit berbeda, pilihlah warna-warna yang lebih berani dari sebelumnya. 

Kamu bisa melihat trend warna baju lebaran 2024 untuk mencari warna-warna yang sekiranya akan banyak dipakai saat ini. Selain itu, jangan lupa lengkapi kaftan dengan high heels dan juga makeup supaya makin bergaya. 

6. Maxi Dress

pinterest.com

Model dress yang akan membuat siapa saja terlihat anggun adalah maxi dress. Model pakaian ini hampir sama dengan gamis, tetapi memiliki potongan yang sangat panjang sampai menjuntai di ujungnya. 

Bagian dress yang menjuntai itu bisa menutupi bagian ujung kaki. Jadi, pilihlah sepatu yang memiliki hak supaya tetap tampak jenjang saat memakai maxi dress.

Sementara untuk modelnya, pilih maxi dress yang bisa membuatmu terlihat anggun seperti model fit and flare di atas. 

7. Batik Modern

pinterest.com

Memasukkan unsur etnik pada baju lebaran 2024 bisa kamu wujudkan dengan memakai baju berunsur batik. Kini, batik sudah sangat modern dengan motif yang kekinian dan tidak monoton. Sesuai dengan trend tahun 2024, pilihlah motif batik yang minimalis dan kecil-kecil saja. 

Untuk modelnya, batik bisa kamu buat menjadi atasan tunik atau dress sesuai dengan keinginanmu. Namun, jika ingin tampil lebih elegan, pilihlah batik dengan warna-warna yang netral seperti hitam. 

8. Layer Dress

pinterest.com

Layer dress menjadi pakaian lebaran yang akan banyak diminati tahun ini. Sebab, aksen inner dan outer dress yang bertumpuk tersebut membuat pemakainya tampak lebih feminin. 

Bahan yang dipakai untuk membuat layer dress ini pun biasanya bermacam-macam. Namun, bahan organza dan lace biasanya mendominasi model baju yang seperti ini. Supaya lebih elegan, jangan lupa pasangkan pakaian ini dengan aksesori yang berwarna senada. 

9. Setelan Celana

pinterest.com

Tampil nyaman dengan setelan celana di hari lebaran pun tidak ada salahnya. Sebab, di hari lebaran pasti kita disibukkan dengan aktivitas silaturahmi yang harus pergi dari satu tempat ke tempat lain. 

Dengan memakai setelan celana, aktivitasmu akan tetap leluasa karena pakaian yang nyaman. Namun sebagai penunjangnya, pilihlah aksesori yang tampak mewah seperti stiletto heels yang senada dengan warna setelannya. 

10. Silk Dress

pinterest.com

Model baju lebaran 2024 yang terakhir adalah silk dress. Bahan ini memang cocok dipakai untuk lebaran karena kesannya yang mewah dan elegan. Apalagi dress dibuat dengan model yang sederhana seperti di atas. 

Supaya makin mewah, kamu bisa memasangkan pakaian ini dengan high heels yang memiliki look mewah pula. Selain itu, jangan lupa pakai makeup yang stunning supaya penampilanmu bisa menarik perhatian saat hari lebaran. 

Itulah macam-macam model baju lebaran 2024 yang bisa kamu jadikan referensi untuk tampil stylish dan nyaman. Kira-kira, model baju mana yang akan kamu pilih nanti, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends