Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Model Baju Kaftan Terbaik 2023, Elegan dan Menawan!

Anggun saat dipakai

Nafi' Khoiriyah

Memasuki bulan Ramadan, salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah baju lebaran. Biasanya, pada hari tersebut para perempuan mengenakan pakaian yang anggun seperti baju kaftan. 

Selain tampilannya yang anggun, pakaian tersebut dipilih karena nyaman digunakan dan leluasa untuk beraktivitas. Model baju kaftan memiliki detail seperti kelelawar yang memanjang sampai mata kaki. 

Kini, aksen baju ini ada berbagai macam jenisnya, mulai dari bordir, manik-manik, sampai lipatan tertentu. Supaya tidak penasaran, berikut Popbela.com berikan model baju kaftan 2023 yang cocok kamu pakai saat lebaran nanti. 

1. Kaftan Sage Green Aksen Ritsleting

instagram.com/theark_store

Model baju kaftan yang pertama memakai bahan satin berwarna sage green yang muda dan kekinian. Kain tersebut kemudian didesain panjang sampai mata kaki dengan model kaftan yang menyerupai kelelawar. 

Namun, terdapat detail ritsleting di bagian dada dan aksen manik-manik di pinggangnya. Manik-manik yang diletakkan di bagian pinggang tersebut menarik sisi-sisi baju sehingga membuat lipatan yang cantik. Sementara itu, lengan kaftan tersebut dibuat pendek sampai siku. 

2. Kaftan Satin Cokelat Aksen Bordir di Dada

instagram.com/noura.thelabel

Selanjutnya, warna cokelat akhir-akhir ini juga sedang tren di kalangan anak muda karena kesannya yang hangat dan elegan. Kamu bisa membuat kaftan dengan bahan satin warna cokelat tersebut dengan potongan yang lebar ke samping. 

Potongan yang lebar menyerupai kelelawar tersebut kemudian disesuaikan dengan panjang lengan yang sampai siku. Jika ingin menutupi lengan bawah, kamu bisa memakainya dengan manset. Jangan lewatkan detail bordir di depan dada yang memanjang menggunakan benang warna silver yang mengilap, ya!

3. Kaftan Silver Aksen Tali Kerah Shanghai

pinterest.com

Tidak seperti baju kaftan biasanya, kali ini kamu bisa memakai bahan kain yang mengilap berwarna silver sebagai bahan dasarnya. Kain tersebut kemudian dibuat dengan model maxi yang menjuntai sampai bawah. 

Nah, detail yang membuat kaftan ini makin unik adalah aksen tali di sisi kiri pinggang dan kerah yang bermodel shanghai. Lengannya pun dibuat berlapis supaya memberi kesan mewah dan unik. 

4. Kaftan Putih Aksen Manik-Manik Silver

instagram.com/evolvere_id

Warna putih memang menjadi andalan pakaian hari raya. Sebab, warna ini memberikan kesan yang suci dan bersih seperti hari raya. Untuk detailnya, kaftan berbahan kain chiffon warna putih tersebut mulanya didesain model kelelawar biasa. 

Namun, terdapat tambahan aksen manik-manik berwarna silver yang memenuhi bagian tengah baju dari atas sampai ujung. Manik-manik tersebut ditata dengan pola tertentu sehingga tampak mewah saat dilihat. 

5. Kaftan Krem Model V-Neck Aksen Bordir

instagram.com/eclectic_conceptstore

Kalau kamu sedang mencari baju kaftan yang simpel, maka model satu ini adalah jawabannya. Dengan warna dasar kaftan yang krem, kamu cukup membuatnya menjadi model kelelawar seperti biasa. 

Nah, aksen yang membuatnya tampak tidak membosankan adalahh V-neck di dada dan juga aksen bordir kecil di sisi kanan-kirinya. Kamu bisa memakainya dengan maupun tanpa hijab saat hari raya nanti. 

6. Kaftan Nude Aksen Kerut Model Maxi

pinterest.com

Kembali dengan kaftan berbahan satin yang mengilap, kali ini model yang diterapkan adalah maxi kaftan dengan aksen kerut di pinggang. Model baju tersebut dibuat dengan potongan yang tidak terlalu lebar seperti kaftan biasanya. 

Sisi kanan dan kirinya tetap dibuat kelelawar, tetapi lengan bajunya tampak keluar dan panjang sampai ke pergelangan tangan. Setelah itu, barulah tambahkan aksen kerut di depan pinggang yang bisa menarik kain sekitarnya menjadi berlekuk-lekuk. 

7. Kaftan Kuning Aksen Bordir dan Tali

instagram.com/latierra.official

Baju kaftan warna kuning menjadi ide menarik yang jarang dipilih. Padahal, warna ini memberikan kesan ceria dan juga cerah, lho. Seperti kaftan di atas, kamu bisa membuatnya dengan model kelelawar yang simpel sepanjang mata kaki. 

Kemudian, di bagian kerahnya diberi aksen V kecil yang diberi tali pada ujungnya. Tali tersebut nantinya bisa kamu lilitkan di leher untuk memberi kesan unik. Jangan lupa, tambahkan aksen bordir pula di sisi kanan atau kiri kaftan supaya memberi kesan feminin. 

8. Kaftan Peach Aksen Bros di Pinggang

instagram.com/aaghniya_

Sejak dulu, model kaftan dengan bros di depan pinggang memang selalu menjadi favorit. Model tersebut sebenarnya cukup simpel, dengan membuat baju model kelelawar dulu kemudian ditambahkan dengan aksen bros yang menarik kain di sisi-sisinya. 

Namun, detail lain yang membuat kaftan di atas tampak lebih menawan adalah sayap di sisi kanan kirinya yang tidak simetris. Sayap tersebut dibuat bulat mengikuti bentuk kaftan di bagian bawahnya. 

9. Kaftan Silver Aksen Manik-Manik Lengan Belah

pinterest.com

Untuk memberikan kesan mewah dan elegan, perpaduan kaftan berbahan satin warna silver dan manik-manik ini adalah jawabannya. Kaftan tersebut dibuat dengan model kerutan di pinggang yang membuat pemakainya tampak lebih langsing. 

Tak hanya itu saja, aksen manik-manik di dada yang melingkari bagian kerah membuat penampilan tampak lebih mewah. Supaya berbeda dari kaftan lainnya, lengan baju ini bisa kamu buat dengan aksen belahan yang unik. 

10. Kaftan Pink Aksen Lipat dan Mutiara

instagram.com/aska.id

Model baju kaftan yang terakhir memakai kain warna pink yang soft dan hangat. Kain tersebut dibuat dengan model lipatan di pinggang dan lengan yang panjang sampai pergelangan tangan. 

Pada aksen lipatan di pinggang tersebut, tambahkan dengan aksen mutiara supaya tampak lebih mewah. Aksen mutiara tersebut juga bisa kamu tempelkan menyeluruh di bagian dada supaya tidak terkesan terlalu polos. 

Itulah 10 model baju kaftan kekinian yang bisa jadi referensi untuk memilih baju lebaran nanti. Bagaimana Bela, apakah kamu menemukan model yang sesuai dengan seleramu? 

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends