Persoalan stres dan rasa tertekan ketika bekerja menjadi persoalan yang sering terjadi, namun sayangnya diabaikan begitu saja. Kita juga dipaksa untuk biasa saja seolah tak ada masalah dan siap mental dalam menghadapi beberapa persoalan di dalamnya. Dan itu tidak mudah.

Membahas soal stres dan gejolak pekerjaan terhadap karier yang dipilih, ada beberapa contoh orang sukses dalam dunia karier memilih untuk mengakhiri perjalanan hidupnya sendiri. Misalnya Kate Spade dan Anthony Bourdain. Untuk itu, kamu perlu tahu cara untuk menguatkan diri sendiri agar tidak melakukan hal yang ceroboh.

1. Kelilingi diri dengan orang yang tepat

Tips Agar Kamu Kuat Mental Menghadapi Gejolak Pekerjaanunsplash.com/rawpixel

Tahapan awal memasuki dunia kerja atau masih dalam proses di dalamnya tentu saja ada bos yang ingin kita punya mental kerja yang baik. Ini sebenarnya bagus agar menjadi tangguh dan nggak manja di kantor. Tapi, stres dan rasa tertekan tentu saja nggak bisa diabaikan. Kelilingi sekitar dengan orang-orang yang menenangkan dan bisa mendengarkan. Ini yang kamu butuhkan. Kalau pun memang harus berkonsultasi dengan yang ahli agar bisa menemukan solusi sebenarnya tidak masalah.

2. Jangan tutupi perasaanmu

Tips Agar Kamu Kuat Mental Menghadapi Gejolak Pekerjaanunsplash.com/Kelly Sikkema

Beberapa kali kamu menyembunyikan kalau sedang nggak baik-baik saja dan mulai terbiasa. Terkadang juga diri sendiri malu untuk mengakui kalau mental sedang bergejolak. Semakin kamu menutup diri dan nggak mengakui, masalahmu pun semakin menumpuk. Kamu bisa melakukan hal-hal yang seharusnya nggak dilakukan. Untuk itu, jangan ragu berbagi dengan orang yang kamu percaya dan dia bisa dipercaya.

3. Luangkan waktu untuk refleksi pikiran

Tips Agar Kamu Kuat Mental Menghadapi Gejolak Pekerjaanunsplash.com/Kelly Sikkema

Menyegarkan pikiran seakan menjadi alasan klise kalau sedang berlibur dan memanfaatkan jatah cuti dari kantor. Dibalik semua itu, kita memang perlu dan menjadi penting. Nggak mau kan kalau sehari-hari dihadapkan dengan tekanan yang seolah tanpa jeda. Tubuh dan pikiran juga perlu sesuatu yang tenang agar bisa berkontribusi dengan baik. Jangan ragu ambil waktu agar bisa menenangkan diri. Kamu bisa mengatur napas dan meditasi sebagai langkah awal.

4. Tangkap pesan positif

Tips Agar Kamu Kuat Mental Menghadapi Gejolak Pekerjaanunsplash.com/Joanna Kosinska

Dengan adanya stres atau bahkan merasa depresi dengan pekerjaan sebenarnya ada pesan yang disampaikan oleh tubuh. Apakah kamu perlu mengikhlaskan, mamaafkan, melepaskan sakit hati, hingga mencari tempat kerja baru. Dalam fase seperti ini jangan membohongi diri sendiri hanya untuk terlihat keren dan nggak ada masalah. Namun, jangan terlalu membanggakan jika punya masalah seperti ini dan memaksa orang lain untuk memahamimu.

5. Cari cara untuk senang-senang

Tips Agar Kamu Kuat Mental Menghadapi Gejolak Pekerjaanunsplash.com/Kelly Sikkema

Setiap orang memang punya cara tersendiri untuk melepas stres dan tekanan lain yang ada dalam dirinya. Sebagian besar dari mereka merasa kalau hal tersebut dilakukan akan merusak kesan, misal mengendarai motor gede. Oleh sebab itu, kamu melakukan kegiatan yang menyenangkan tapi hanya sekedar. Selama cara itu tidak membahayakan diri kenapa tidak? Kalau kamu nggak ingin mendengar omongan yang macam-macam cukup nggak mengunggah di media sosial.

Baik bekerja secara mandiri atau menjadi karyawan kamu bisa terapkan tips tersebut. Karena kesehatan mental sama pentingnya dengan fisik. Kalau semua seimbang, kamu bisa kerja dengan nyaman.

BACA JUGA : Ketika Stres Menghampiri, Ada 5 Tanda yang Perlu Kamu Ketahui