Masih sekolah, kuliah, maupun sudah bekerja akan iri melihat orang sekitar sering jalan-jalan. Berbagai asumsi muncul di kepala. Kemudian ingin punya pekerjaan yang bisa jalan-jalan sekaligus.

Saat ini memang generasi muda menghadapi yang mananya bleisure, bisnis dan relaksasi. Kombinasi dua hal ini semacam tujuan yang wajib dicapai oleh generasi ini. Kalau penasaran apa saja yang jadi penyebab, lima poin jawabannya.

1. Perkembangan tempat kerja

Penyebab Generasi Muda Punya Keinginan untuk Kerja Sekaligus Liburanunsplash.com/Andrew Neel

Bekerja di kantor dengan kubikel-kubikel memang masih berlaku. Munculnya kantor-kantor dengan desain unik juga menarik minat para pencari kerja. Belum lagi ada peran pekerja lepas yang nggak harus bekerja di kantor dan ini semakin banyak. Kalau melihat fenomena seperti ini, tempat kerja bisa di mana dan kapan saja. Menggunakan teknologi untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaannya. Hal seperti ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup generasi muda.

2. Perubahan definisi jalan-jalan

Penyebab Generasi Muda Punya Keinginan untuk Kerja Sekaligus Liburan unsplash.com/Green Chameleon

Kalau dulu frekuensi jalan-jalan bisa setahun sekali atau dua kali. Saat ini bergeser, jika ada waktu longgar sudah memutuskan untuk ke mana. Ini karena jalan-jalan sudah merupakan gaya hidup dan kebutuhan. Jika ada perjalanan bisnis sekalipun, kamu juga akan menyempatkan waktu untuk berkeliling. Ini karena generasi muda seperti kamu suka dengan petualangan baru dan hal-hal spontan.

3. Orang ingin kerja sambil jalan-jalan

Penyebab Generasi Muda Punya Keinginan untuk Kerja Sekaligus Liburan unsplash.com/Christopher Gower

Mendapatkan pekerjaan dengan mobilitas tinggi sepertinya memang menyenangkan, walaupun rasanya lebih capek. Ini karena generasi muda ingin membangun relasi sosial yang luas. Di sisi lain, kerja sambil jalan-jalan ada pro dan kontranya. Ada beberapa pekerjaan kantor yang mendukung keinginanmu. Tapi, kamu juga harus siap jika harus bekerja sendiri dan menjadi pekerja lepas. Tantangannya, kamu mencoba membuktikan orang yang kontra dengan pekerjaan ini.

4. Bukan lagi masalah materi

Penyebab Generasi Muda Punya Keinginan untuk Kerja Sekaligus Liburanunsplash.com/Taduuda

Mempunyai aset seperti properti atau kendaraan sepertinya menjadi fokus nomor sekian bagi generasi muda. Punya keinginan seperti ini berarti siap meninggalkan zona nyamannya. Bisa jadi bekerja di kantor lebih menghasilkan banyak pendapatan. Tapi generasi muda lebih suka petualangan baru, walaupun materi itu penting. Sangat beruntung sekali kalau bisa mendapatkan keduanya. Ketika berhasil mendapatkannya, jangan lupa untuk pantau keuangan.

5. Mencari pengalaman baru

Penyebab Generasi Muda Punya Keinginan untuk Kerja Sekaligus Liburanunsplash.com/Brooke Lark

Sebagian besar dari kamu ingin menikmati hidup, tapi bisa sambil bekerja untuk mengembangkan potensi diri. Sadar karena harus banyak belajar dan tidak ingin ketinggalan pengalaman hidup. Kamu tahu kalau hal di luar materi lebih susah untuk didapatkannya. Bisa bekerja sekaligus bertualang itu hal yang tidak boleh disia-siakan. Kamu pun juga tidak segan untuk berbagi pengalaman positif dengan orang baru.

BACA JUGA : Kota Terbaik Bagi Kamu yang Ingin Bekerja Tanpa Harus ke Kantor