Pada hari Minggu (22/11) pagi, selebgram Millen Cyrus ditangkap oleh pihak kepolisian lantaran kedapatan memiliki narkoba jenis sabu. Bersama seorang teman lelaki, Millen ditangkap di sebuah hotel, di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara. HIngga hari ini (24/11) kabar mengenai perkembangan kasus keponakan Ashanty ini, masih terus bergulir.

Namun, di balik khilafnya Millen dalam menjalani gaya hidupnya, ia adalah sosok perempuan transgender yang berani menunjukkan jati dirinya. Bukan sekadar selebgram yang bermodalkan kemolekan tubuh, sosok bernama asli Muhammad Millendaru Prakasa Samudero tersebut, juga seorang YouTuber yang inspiratif bagi siapapun yang masih takut untuk coming-out dan merdeka menjadi diri sendiri.

Berikut cerita millen kepada Denny Sumargo, pada sebuah wawancara di akun YouTube Denny.

1. Akun YouTube Millen Cyrus, memiliki 113 ribu subscribers.

Curahan Hati Millen Cyrus, Tuhan Mengizinkan Aku Seperti IniInstagram.com/millencyrus

Ia mengunggah konten mengenai aktivitas pribadi maupun keluarga, endorsement, hingga ulasan travelling. Namun, di luar dirinya sebagai selebgram dengan pengikut lebih dari 1 juta dan membuat konten video, Ia juga memiliki ketertarikan dengan dunia tari, menyanyi, melukis dan merias diri.

2. Tidak mudah menjadi Millen Cyrus

Curahan Hati Millen Cyrus, Tuhan Mengizinkan Aku Seperti IniInstagram.com/millencyrus

Anak kedua dari pasangan Hambali Samudero dan Rahma Aisyah ini, menjadi tulang punggung keluarga sejak wafatnya sang ayah tercinta. Baginya, sosok ibu dan keluarga besar yang mendukung dirinya, menjadi kekuatan terbesar bagi Millen. Bahkan, ketika ia masih mencari jati diri, kerap dapat perundungan dari masa sekolah, hingga bisa sukses sampai saat ini.

3. Berdoa minta petunjuk di Mekkah, ketika masih SD

Curahan Hati Millen Cyrus, Tuhan Mengizinkan Aku Seperti IniDok. Internet

Lewat wawancara mendalam dengan Denny, Millen mengungkapkan doanya yang belum banyak orang yang tahu. "Aku doa depan Ka'bah, ini bener dan banyak orang yang nggak tahu, dan aku salat dan aku doa, sampai aku nangis sebenarnya. Dan nangisnya itu nangis bener-bener dari hati banget," katanya. "Tuhan, kalau emang ini jalanku, ya, jadikan aku seperti ini, tapi berikan aku potensi yang lebih banyak untuk memprestasikan dan membanggakan keluargaku sendiri dan make a lot of money," tambahnya.

Ia pun melanjutkan doa berikutnya, "Yang keduanya, sisi lain aku bilang gini, kalau emang aku tidak terlahir seperti ini karena ini hanya sesaat, ubahlah aku seperti yang as a normal person," tukasnya, sambil menambahkan doa untuk kepastian pilihan hidupnya kelak.

4. "Nggak semua perempuan dihargai juga, even real women"

Curahan Hati Millen Cyrus, Tuhan Mengizinkan Aku Seperti IniInstagram.com/millencyrus

Menurut Millen, nggak semua orang tahun perasaan perempuan, atau mood seorang perempuan. Keuntungan baginya adalah, ia bisa melihat dari sisi dirinya sebagai laki-laki maupun dirinya sebagai perempuan. Menurutnya, perempuan adalah sosok yang jauh lebih kuat dari laki-laki dan banyak orang yang nggak tahu hal itu.

Menurutnya, meskipun perempuan memiliki kekuatan secara fisik dan mental, tetap harus ada self control, agar perempuan tidak diremehkan.  

5. Fokus pada karier di usia 21 tahun

Curahan Hati Millen Cyrus, Tuhan Mengizinkan Aku Seperti IniInstagram.com/millencyrus

"Sekarang aku lebih baik fokus on my career, keluarga, make a lot of happiness, karena kebahagiaan itu dicari dari diri sendiri, bukan orang lain. Apalagi kalau bisa kita cari dari diri kita kebahagiaan sudah bsia lebih banyak, kita bisa membahagiakan orang sekitar, itu lebih bagus," kata Millen.

6. Terjerat kasus narkoba

Curahan Hati Millen Cyrus, Tuhan Mengizinkan Aku Seperti Iniidntimes.com

Sayangnya, mimpi dan jenjang karier Millen terpaksa terhambat dahulu ketika gaya hidup yang ia jalani, membuatnya ditangkap polisi. Narkoba jenis sabu yang ia akui telah dikonsumsi tiga hingga empat kali selama beberapa bulan terakhir, menjadi batu sandungan Millen.

Kasus narkoba ini, bukan kasus hukum pertama Millen. Pada bulan September 2017, Millen juga pernah dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan pelanggaran UU Pornografi dan ITE.

7. Yakin Tuhan memberikan Millen jalan seperti ini

Curahan Hati Millen Cyrus, Tuhan Mengizinkan Aku Seperti IniInstagram.com/millencyrus

Lewat doanya ketika SD yang ia panjatkan ketika berada di Mekkah, Millen merasa kalau apa yang terjadi sekarang memang jalan yang diberikan Tuhan kepadanya. "Kita, kan, tidak mau dilahirkan seperti ini, sebenarnya, kan. Mungkin udah jalannya Tuhan, tergantung kita yang menjalankannya," ucap Millen. 

Semoga saja kasus Millen Cyrus cepat mendapat solusi terbaik ya, Bela.

Baca Juga: Millen Cyrus Ditangkap Polisi Karena Kasus Narkoba, Ini 5 Faktanya

Baca Juga: Kasus Narkoba pada Artis: Penyebab dan Pelajaran yang Bisa Dipetik

Baca Juga: Ini 6 Selebritas Tanah Air yang Terjerat Kasus Narkoba di Masa Pandemi