Kesuksesan drama Korea ternyata berdampak besar bagi para kru dan pemainnya. Mereka tentu mendapatkan penghasilan yang tinggi, karena dinilai sepadan dengan tingginya rating serial drama yang mereka perankan.

Setiap tahunnya, Korea merilis aktor dan aktris siapa saja yang mendapatkan bayaran tertinggi per episodenya. Seperti daftar artis berikut ini, mereka berhasil menjadi aktor dan aktris dengan bayaran termahal di tahun 2021. Siapa saja mereka?

1. Jun Ji Hyun - Rp1,42 miliar per episode

Jun Ji-Hyun #1, Daftar Artis Korea dengan Bayaran Termahal per EpisodeDok. Internet

Memulai debutnya di usia 15 tahun sebagai seorang model, Jun Ji Hyun kini bertransformasi menjadi aktris papan atas dengan bayaran tertinggi. Pada tahun 2021 ini, Jun Ji Hyun menduduki peringkat pertama sebagai aktris dengan bayaran termahal dan menggeser posisi Kim Soo Hyun. Diketahui untuk satu episodenya, Jun Ji Hyun mendapat bayaran sekitar US$99,900 atau setara dengan Rp1,42 miliar.

Jun Ji Hyun pertama kali dikenal sebagai aktris lewat serial drama My Sassy Girl. Kemudian, ia juga membintangi serial My Love from The Star bersama Kim Soo Hyun dan Legend of The Blue Sea bersama Lee Min Ho. Serial terbaru Jun Ji Hyun yang akan tayang dalam waktu dekat bergenre thriller dan berjudul Cliffhanger.

2. Lee Young Ae - Rp1,29 miliar per episode

Jun Ji-Hyun #1, Daftar Artis Korea dengan Bayaran Termahal per EpisodeDok. Internet

Berusia 50 tahun di 2021 ini, Lee Young Ae memang membuat kagum para pencinta drama Korea. Bagaimana tidak, selain memiliki kualitas akting yang baik, Lee Young Ae seolah tak menua. Wajahnya terlihat awet muda dan masih aktif membintangi berbagai judul serial drama.

Lee Young Ae menempati posisi kedua sebagai artis dengan bayaran tertinggi. Untuk satu episodenya, Lee Young Ae dibayar sekitar US$90,700 atau setara dengan Rp1,29 miliar.

Memulai karier akting di tahun 1993, drama terbaru Lee Young Ae berjudul Taxi Driver (2021), Koo Kyung-yi (2020), serta Gangnam Beauty (2018). Sudah menonton semuanya, Bela?

3. Kim Soo Hyun - Rp1,19 miliar per episode

Jun Ji-Hyun #1, Daftar Artis Korea dengan Bayaran Termahal per EpisodeSoompi.com

Hingga tahun 2020, Kim Soo Hyun menempati posisi pertama sebagai artis dengan bayaran tertinggi per episodenya. Namun, di tahun 2021 ini, posisinya tergeser oleh Jun Ji Hyun. Kim Soo Hyun memiliki penghasilan cukup fantastis. Ia dibayar sekitar US$84,000 atau setara dengan Rp1,19 miliar per episodenya.

Memulai debutnya sebagai pemeran utama dalam serial Dream High (2011), Kim Soo Hyun termasuk aktor yang cukup produktif. Setiap tahunnya ada saja serial drama yang dibintanginya tayang. Beberapa di antaranya, yakni It's Okay to Not Be Okay (2020), Crash Landing on You (2019). dan Hotel del Luna (2018).

4. Hyun Bin - Rp1,1 miliar per episode

Jun Ji-Hyun #1, Daftar Artis Korea dengan Bayaran Termahal per EpisodeAllkpop.com

Kalau diperhatikan, Hyun Bin memang tidak terlalu sering bermain di serial. Ia lebih banyak mengambil job film. Namun, sekalinya Hyun Bin membintangi satu judul serial, ratingnya langsung melesat. Seperti pada Crash Landing on You yang tayang di awal tahun 2020 lalu.

Beda sedikit saja dengan Kim Soo Hyun, Hyun Bin menerima bayaran US$83,900 atau Rp1,1 miliar per episodenya. Deretan serial drama terbaru Hyun Bin selain Crash Landing on You adalah Memories of the Alhambra (2018), Hyde Jekyll, Me (2015) dan Secret Garden (2010).

5. Jo In Sung - Rp954 juta per episode

Jun Ji-Hyun #1, Daftar Artis Korea dengan Bayaran Termahal per EpisodeDok. Internet

Pada tahun 2004, Jo In Sung pernah membintangi serial drama Korea yang berlokasi syuting di Bali, dengan judul Something Happened in Bali. Serial tersebut melejitkan namanya dan membuatnya menjadi salah satu aktor dengan bayaran termahal di tahun 2021.

Jo In Sung mendapatkan penghasilan sekitar US$67,100 atau setara dengan Rp954 juta untuk satu episodenya. Beberapa serial drama terbaru Jo In Sung yang wajib masuk ke watchlist kamu adalah Dear My Friends, It's Okay, That's Love dan That Winter, the Wind Blows.

6. So Ji Sub - Rp954 juta per episode

Jun Ji-Hyun #1, Daftar Artis Korea dengan Bayaran Termahal per EpisodeSoompi.com

Pendapatan So Ji Sub dan Jo In Sung hampir sama, yakni sama-sama dibayar US$67,100 atau setara dengan Rp954 juta per episodenya. Nama So Ji Sub mulai kembali bersinar setelah ia membintangi serial Oh My Venus di tahun 2015. Padahal, So Ji Sub termasuk aktor senior dan sudah memulai kariernya di dunia hiburan sejak tahun 1995.

Beberapa serial terbaru dari So Ji Sub yang sayang jika kamu lewatkan adalah My Secret Terrius (2018), Oh My Venus (2015), Warm and Cozy (2015), serta yang akan tayang di tahun 2022 berjudul Dr. Lawyer.

7. Lee Min Ho - Rp881 juta per episode

Jun Ji-Hyun #1, Daftar Artis Korea dengan Bayaran Termahal per EpisodeSoompi.com

Berkat perannya sebagai Gu Jun Pyo dalam serial Boys Over Flower yang rilis di tahun 2009, nama Lee Min Ho langsung melejit dan menjadi salah satu aktor yang diperhitungkan. Bahkan, Lee Min Ho masuk ke dalam jajaran aktor dengan bayaran termahal, yakni US$62,000 atau setara dengan Rp881 juta per episode.

Beberap judul serial Lee Min Ho yang kerap menjadi trending topic saat waktu penayangannya dulu adalah The King: Eternal Monarch (2020), Legend of the Blue Sea (2016) dan The Heirs (2013).

8. Lee Seung Gi - Rp839 juta per episode

Jun Ji-Hyun #1, Daftar Artis Korea dengan Bayaran Termahal per EpisodeKoreaboo.com

Lee Seung Gi dikenal sebagai figur publik multitalenta yang dimiliki dunia hiburan Korea Selatan. Selain sebagai aktor, pria berusia 34 tahun ini juga dikenal sebagai penyanyi dan pembawa acara. Tak heran, karena kepiawaiannya ini, Lee Seung Gi mendapat bayaran yang cukup tinggi. Yakni, US$59,000 atau Rp839 juta per episodenya. Kebanyakan serial drama yang dibintangi Lee Seung Gi bergenre action, seperti Mouse (2021) dan Vagabond (2019).

9. Yoo Ah In - Rp839 juta per episode

Jun Ji-Hyun #1, Daftar Artis Korea dengan Bayaran Termahal per EpisodeKoreaboo.com

Kehadiran Yoo Ah In di dunia hiburan Korea Selatan mendapat sambutan hangat dari penggemar serial drama Korea. Yoo Ah In menjadi salah satu aktor papan atas bukan hanya karena bayarannya yang tinggi, tapi juga karena kualitasnya yang tak main-main.

Saat ini, Yoo Ah In mendapatkan bayaran hingga US$59,000 atau setara dengan Rp839 juta per episode. Namun, di tahun 2021 ini, Yoo Ah In sedang disibukan dengan proyek film dibandingkan serial. Beberapa judul film Yoo Ah In yang akan tayang di tahun 2022 mendatang, yakni Seoul Vibe, High Five dan The Match.

10. Song Hye Kyo - Rp773 juta per episode

Jun Ji-Hyun #1, Daftar Artis Korea dengan Bayaran Termahal per EpisodeDok. Internet

Meski telah terjun ke dunia hiburan sejak tahun 1996, namun nama Song Hye Kyo baru melejit saat ia membintangi Autumn in My Heart pada tahun 2000. Sejak itulah, setiap serial Song Hye Kyo yang tayang selalu trending dan mendapatkan rating yang tinggi.

Saat ini, Song Hye Kyo berhasil menjadi artis dengan bayaran termahal, yakni US$54,400 atau setara dengan Rp773 juta per episode. Beberapa serial Song Hye Kyo yang wajib kamu tonton adalah Now, We Are Breaking Up (2021), Encounter (2018) dan Descendants of the Sun (2016).

Itulah tadi daftar artis dengan bayaran termahal per episodenya. Ada aktor dan aktris favorit kamu, nggak?

Baca Juga: Ini 5 Aktris Korea dengan Bayaran Termahal

Baca Juga: Inilah 7 Artis dengan Pendapatan Tertinggi dari OnlyFans

Baca Juga: 7 Konser Kpop Online Tersukses 2020 Ini Raup Pendapatan Fantastis!