8 Desember jadi hari ulang tahun salah satu member ENHYPEN, Park Sunghoon atau yang biasa dipanggil Sunghoon. Berusia 19 tahun umur nasional atau 20 tahun umur Korea, Sunghoon kini menikmati hari legalnya.

Di umurnya yang masih belia, Sunghoon sudah berhasil menjadi seorang figur publik yang terkenal secara global bersama dengan boy group-nya, ENHYPEN. Tak hanya itu, mantan peserta I-LAND ini awalnya berkarier sebagai pemain ice skating yang sudah meraih berbagai medali.

Berikut transformasi dan perjalanan karier Park Sunghoon yang sedang berulang tahun.

Bermain ice skating sejak usia 8 tahun

Mantan Atlet Ice Skating, Ini Perjalanan Karier Park Sunghoon ENHYPENtwitter.com/ENHYPEN_members

Sunghoon mengawali karier sebagai atlet ice skating pada usia 8 tahun, di tahun 2010 lalu. Ia menjadi salah satu skater populer di Korea. Parasnya yang menawan memberi nilai tambah dirinya semakin diperhatikan banyak orang.

Sunghoon dikenal sebagai figur skater berbakat dengan memenangkan dua kompetisi pemula tingkat lanjut internasional, Asian Figure Skating Trophy dan Lombardia Trophy, selama musim figure skating tahun 2015 hingga 2016.

https://www.youtube.com/embed/oX5HogxMLz8

Raih medali perak di berbagai kejuaraan dunia

Mantan Atlet Ice Skating, Ini Perjalanan Karier Park Sunghoon ENHYPENtwitter.com/ENHYPEN_members

Sebagai altet Park Sunghoon, pria kelahiran Eunpyeong-gu, Seoul ini, melakukan debut junior internasionalnya selama musim figure skating 2016-2017, ketika ia memenuhi syarat usia. Ia memperoleh medali perak di Asian Figure Skating Trophy, serta berpartisipasi dalam ISU Junior Grand Prix di Estonia sebagai wakil dari Korea Selatan.

Tahun berikutnya, ia memenangkan medali perak lainnya di Asian Figure Skating Trophy, dan berpartisipasi dalam ISU Junior Grand Prix di Polandia. Selama musim figure skating 2018-2019, Sunghoon memenuhi syarat usia untuk kompetisi senior. Dia berpartisipasi dalam dua acara ISU Challenger Series, Asian Figure Skating Trophy dan Alpen Trophy.

Masuk grup dance, Sunghoon malah digaet jadi trainee Big Hit

Mantan Atlet Ice Skating, Ini Perjalanan Karier Park Sunghoon ENHYPENtwitter.com/ENHYPEN_members

Selama berkarier menjadi figure skater asal Korea, Sunghoon dilatih oleh empat orang pelatih professional, yaitu Chi Hyun-jung, Ryu Nam-hoon, Shin Hea-sook dan Han Sung-mi. Ia juga dilatih koreografi oleh Scott Brown, Shin Yea-ji, Drew Meekins, Akiko Suzuki, Kenji Miyamoto, dan Tetsukasu Nakashima.

Ia berlatih di Taerung, Korea Selatan yang memang dikenal sebagai pusat pelatihan nasional untuk para atlet nasional. Ia juga bergabung dalam sebuah grup dance untuk melatih koreagrafi skating. Namun, ia malah digaet oleh Big Hit Entertainment menjadi salah satu trainee-nya.

Jadi trainee di Big Hit Entertainment, karier Sunghoon berubah

Mantan Atlet Ice Skating, Ini Perjalanan Karier Park Sunghoon ENHYPENtwitter.com/ENHYPEN_members

Pada tahun 2018, Sunghoon menjadi trainee di Big Hit setelah dibina saat bermain skating. Dia bergabung dengan perusahaan untuk meningkatkan keterampilan menari sebagai figure skating. Ia menjadi trainee awalnya hanya untuk melatih tubuhnya sebagai seorang skater.

Ia bahkan mengaku tidak berniat menjadi seorang idol. Namun, setelah melihat teman-teman lainnya sesama trainee berlatih keras menjadi idol serta melihat berbagai penampilan BTS yang sangat memukau, ia akhirnya termotivasi dan mencoba peruntungan menjadi seorang idol.

Ikut acara survival I-LAND

Mantan Atlet Ice Skating, Ini Perjalanan Karier Park Sunghoon ENHYPENtwitter.com/ENHYPEN_members

Setelah menjalani masa trainee selama dua tahun satu bulan, ia pun diumumkan menjadi peserta dalam acara survival I-LAND pada bulan Juni 2020. I-LAND sendiri merupakan acara survival idol yang diproduksi oleh Mnet dan Belift Lab, perusahaan kerjasama antara CJ E&M dan HYBE.

Setelah melalui proses panjang menjadi seorang idol yang akan debut dengan sebuah grup yang berisi 7 orang, Sunghoon akhirnya keluar di posisi ke 6 menjadi peserta yang akan debut. Ia bergabung dengan boy grup baru bernama ENHYPEN.

Mantan Atlet Ice Skating, Ini Perjalanan Karier Park Sunghoon ENHYPENpinterest.com

Debut idol dan pensiun jadi figur skater

Mantan Atlet Ice Skating, Ini Perjalanan Karier Park Sunghoon ENHYPENtwitter.com/ENHYPEN_members

Sunghoon kemudian memulai debut resminya sebagai idol bersama grup ENHYPEN pada 30 November 2020. Grup ini diterima baik oleh para penggemar dan menerima cinta dari banyak orang hingga popularitasnya kian meningkat dan mendapat banyak penghargaan.

Karena aktivitasnya sekarang dan juga kariernya di dunia hiburan, sejak 2020 pun Sunghoon akhirnya pensiun menjadi skater dan fokus pada karier saat ini. Tapi, ia dan grupnya tak berhenti menghasilkan karya yang juga membawa sederet penghargaan yang mengikutinya. Baik namanya maupun nama grupnya semakin bersinar di dunia K-Pop.

Aktivitas solo sebagai presenter

Mantan Atlet Ice Skating, Ini Perjalanan Karier Park Sunghoon ENHYPENtwitter.com/ENHYPEN_members

Setahun setelah debut idol, Sunghoon di umumkan sebagai pembawa acara baru untuk Music Bank bersama Jang Won-young pada September 2021. Mereka menggantikan Arin 'Oh My Girl' dan Soobin 'TXT' untuk memandu acara mulai 8 Oktober dan hingga saat ini.

Ia juga sempat beberapa kali menjadi MC Special di beberapa acara musik bersama rekan satu grupnya maupun dengan idol lainnya. seperti pada acara M Countdown (Mnet, 2020), ia menjadi MC Spesial bersama Jungwon, Lee Dae Hwi, dan Han Hyun Min. Serta program 
Show Champion (MBC, 2021) sebagai MC Spesial bersama Jungwon, Jake, dan Heeseung ENHYPEN.

Itulah karier Park Sunghoon atau Sunghoon ENHYPEN yang sedang berulang tahun. Dari figure skater hingga jadi idol, Sunghoon selalu menunjukkan kerja kerasnya dan kesungguhannya dalam kariernya, sehingga banyak penghargaan yang membututinya. Happy birthday dan sukses selalu untuk Sunghoon!

Baca Juga: Semakin Inovatif, BTS hingga ENHYPEN Jadi Tokoh Utama Serial Webtoon

Baca Juga: Kenalan Yuk Sama 7 Member ENHYPEN, Boy Group Baru yang Segera Debut!

Baca Juga: BTS Ambil Libur untuk Belajar Instagram? Ini 9 Interaksi Kocak Member