Secara mengejutkan, media sosial ramai dengan video syur yang viral karena diduga mirip Nagita Slavina. Video berdurasi 61 detik itu masih hangat diperbincangkan sejak kemarin, Minggu (16/1/2022). Terkait kebenaran video tersebut, polisi sedang melakukan penyelidikan.

Pelapor yang melaporkan adanya video tersebut pun sedang diperiksa, di mana nantinya akan dicari siapa penyebarnya karena orang tersebutlah yang akan dijatuhi hukuman. Banyak orang yang beranggapan bahwa video tersebut hasil rekaya atau editing, namun pakar Roy Suryo beranggapan itu ada video asli.

Lantas bagaimana faktanya? Berikut 5 fakta video syur mirip Nagita Slavina yang viral di media sosial.

1. Viral di Twitter dan TikTok, video berdurasi 61 detik

Fakta-Fakta Video Syur Mirip Nagita Slavina yang Sedang Viraltwitter.com/KRMTRoySuryo2

Video pertama kali viral diduga beredar di TikTok dan Twitter sejak Jumat (7/1/2022). Video berdurasi 61 detik itu memperlihatkan perempuan minim busana di hadapan kamera. Pemeran perempuan dalam video itu sangat mirip dengan Nagita Slavina. Banyak warganet yang beranggapan bahwa video tersebut adalah hasil rekayasa atau editing.

2. Dilaporkan ke Polres Metro

Fakta-Fakta Video Syur Mirip Nagita Slavina yang Sedang Viralintipseleb.com

Setelah beredar dan viral di media sosial, Ketua Kongres Pemuda Indonesia (KPI) Pitra Romadoni mengajukan laporan terkait video tersebut ke Polres Metro Jakarta Pusat. Laporan yang diberikan hanya bukti berupa tangkapan layar dan rekaman video.

Kini video tersebut sedang diselidiki dan ditindak lanjuti dengan terdaftar dalam nomor B/100/I/2022/SPKT/Resort Jakpus/POLDA METRO JAYA. Sang pelapor juga akan dimintai keterangan terkait kasus tersebut, ia akan melaporkan siapa dan klarifikasinya.

"Makanya kita lihat klarifikasi dari pelapor apakah hasilnya nanti. Ini (video) palsu kan hasil koordinasi. Nanti kita akan sampaikan kepada yang bersangkutan kepada pelapor hasilnya seperti ini," ucap Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Wisnu Wardhana.

3. Pakar katakan video tersebut bukan editan

Berbeda dari hasil penyelidikan sementara kepolisian, pakar telematika, Roy Suryo juga membeberkan hasil analisisnya terkait video syur tersebut. menurutnya, video itu bukanlah hasil rekayasa atau editing. Ia menyebut video tersebut asli dengan menyoroti pada beberapa ciri, seperti durasi dan bagian tubuh yang tidak dapat direkayasa.

"Saya jelas katakan itu bukan rekayasa, ini video benar, benar ada orang seperti itu dengan tato di bagian tubuhnya seperti itu," ujar Roy Suryo dikutip dari Twitternya @KMRTRoySuryo2 Sabtu (15/1/2022).

Dalam cuitannya, Roy mengatakan bahwa permepuan tersebut memang ada dan sering muncul di jagad maya, namun sosoknya belum diketahui. Namun, untuk keaslian apakah orang tersebut Nagita Slavina atau bukan Roy menyerahkan penyelidikannya ke polisi.

"Apakah dia Nagita Slavina? Nah, itu biarkan kepolisian yang menyelidikinya,” kata dia.

Ia mengatakan bahwa perlu adanya pelaporan supaya yang memviralkannya bisa ditindak. Roy mendorong kepolisian untuk segera memburu pelaku penyebar video syur mirip Nagita Slavina tersebut.

"Karena mengedarkan video semacam ini memang ada hukumnya di Indonesia, bukan yang melakukan, tapi pengedarnya, yang mendistribusikan atau yang merekayasa dengan misalnya mendubbing," ujar Roy Suryo.

4. Raffi Ahmad tak terima istrinya diganggu

Fakta-Fakta Video Syur Mirip Nagita Slavina yang Sedang ViralInstagram.com/raffinagita1717

Raffi Ahmad sebagai suami dari Nagita Slavina mengatakan bahwa tidak akan tinggal diam. Ia menduga ada orang yang ingin mengganggu Nagita. Dalam video klarifikasinya, Raffi dan Nagita dengan tegas membantah hal tersebut. Hal itu diungkapkannya saat menjadi bintang tamu salah satu saluran YouTube MufLik.

"Aku nggak bisa, aku nggak mungkin diem aja, lihat istri aku diganggu kaya gini. Kita itu selalu positif thingking tapi aku takutnya ada orang yang ingin memanfaatkan ini dan ingin mengganggu istri aku, jadi hati-hati ya kalian ya," tutur Raffi Ahmad.

“Apakah video itu disebar mengatasnamakan aku atau orang melihat itu orang mengasumsi itu aku,” kata Nagita dalam kanal YouTube Indosiar. “Yang jelas bukan aku, tadinya tuh sebenernya aku enggak mau klarifikasi. Karena begitu aku melihat, satu aku mah yakin banget aku gak pernah bikin video aneh-aneh,” tambahnya.

5. Hasil penyelidikan sementara polisi: video adalah palsu

Fakta-Fakta Video Syur Mirip Nagita Slavina yang Sedang ViralInstagram.com/raffinagita1717

Dari hasil penyelidikan sementara Polres Metro Jakarta Pusat bersama Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, ditemukan bahwa video tersebut merupakan hasil rekayasa atau diedit.

"Dari hasil koordinasi dengan Subdit Siber Polda Metro Jaya, video itu fake alias palsu, hasil editing," ujar Wisnu, Senin (17/1/2022).

Itulah fakta-fakta hingga update terbaru dari kasus video syur yang menyeret nama Nagita Slavina karena pemerannya memiliki wajah yang mirip dengannya. Hingga kini kasus video tersebut masih dalam penyelidikan dan pemeriksaan lebih dalam oleh pihak polisi.

Baca Juga: Diberi Uang Belanja Rp200 Juta, Ini Pengeluaran Bulanan Nagita Slavina

Baca Juga: Sultan Banget, 9 Perabotan Masak Nagita Slavina Ini Harganya Selangit

Baca Juga: Ada Lift untuk Mobil, Intip 8 Potret Pembangunan Basement Raffi Ahmad