Kpop lahir dari tahun 1990an dan menginjak kepopuleran hingga ke seluruh dunia pada tahun 2000an. Mulai dari generasi pertama seperti Seo Taiji and Boys, berlanjut ke Super Junior hingga BTS. Setiap era dan setiap girl group maupun boy group memiliki lagu ikoniknya sendiri yang akhirnya menjadi lagu-lagu legendaris di dunia Kpop. 

Nah, di tahun ini pun, ada lagu-lagu legendaris Kpop yang akan menginjak usia 10 tahun atau satu dekade. Wah, jangan langsung merasa cepat tua ketika mengetahuinya, ya, Bela. siapa yang penasaran dengan lagunya? Keep scrolling!

1. “The Boys” (Girls’ Generation)

https://www.youtube.com/embed/6pA_Tou-DPI

Girl group asuhan SM Entertainment ini memang terkenal ke seluruh negeri dan selalu memiliki lagu ikonik. Salah satunya adalah “The Boys”. Lagu ini rilis pada 18 Oktober 2011 sebagai title track dari album ketiga yang berjudul sama. Lagu tersebut langsung menjadi hit di Korea dan membuktikan diri mereka lebih jauh sebagai "Nation's Girl Group" teratas.

2. “Bubble Pop!” (HyunA)

https://www.youtube.com/embed/bw9CALKOvAI

Lagu selanjutnya yang akan berusia 10 tahun adalah “Bubble Pop!” dari HyunA. Lagu ini menjadi lagu utama dari debut mini-album HyunA yang dirilis pada 4 Juli 2011. Lagu tersebut adalah comeback pertamanya sebagai artis solo, dan mengikuti kesuksesan debut single "Change", yang melambungkan namanya ke puncak sebagai artis solo. 

Dengan "Bubble Pop!", HyunA memecahkan banyak rekor, seperti menjadi artis solo wanita Korea pertama yang mendapatkan 100 juta penayangan untuk video klip di YouTube. Lagu ini pun diungkapkan Hyuna sebagai lagu ikonik yang tak terlupakan.

3. “I Am The Best” (2NE1)

https://www.youtube.com/embed/j7_lSP8Vc3o

Lagu ketiga adalah dari 2NE1 “I Am The Best”. Lagu ini adalah salah satu lagu yang terdapat di mini-album kedua 2NE1 yang berjudul 2NE1 2nd Mini Album, dirilis pada 24 Juni 2011. Menjadi single ketiga yang dirilis, lagu ini pun menjadi sukses dan sangat populer. Sebagai lagu ikonik, “I Am The Best” berhasil mencuri perhatian dan membawakan kesan badass dari 2NE1. Kalian setuju nggak, Bela? 

Tak hanya itu, lho, lagu ini juga berhasil memenangkan berbagai penghargaan, salah satunya dalam kategori Song of the Year dalam penghargaan Mnet Music Asian Awards (MAMA) tahun 2011.

4. “I Don’t Know” (Apink)

https://www.youtube.com/embed/zI6MvzIZ3CA

Berbeda dari lagu ikonik sebelumnya yang sangat badass, lagu ini memiliki bawaan ceria yang menyegarkan. “I Don’t Know” dari Apink ini, rilis pada 19 April 2011 dan keluar sebagai judul lagu dari mini-album debut mereka yang berjudul Seven Springs Apink

Lagu ini terkenal karena musiknya yang lucu, menyegarkan dan sangat cocok dengan citra Apink. Lewat lagu ini pula yang membawa Apink sebagai pendatang baru teratas tahun 2011. Mereka akhirnya memenangkan Female Rookie Award di MAMA 2011 dan debut mereka dipuji oleh banyak orang.

5. “Fiction” (BEAST)

https://www.youtube.com/embed/ZAzWT8mRoR0

"Fiction" adalah lagu utama dari full album pertama BEAST bertajuk Fiction And Fact, dan dirilis pada 17 Mei 2011. Lagu tersebut membuat mereka memenangkan banyak acara musik dan meraih penghargaan Best Dance Performance- Male Group di MAMA 2011.

6. “Good-Bye Baby” (Miss A)

https://www.youtube.com/embed/EYKO1za5mX0

Kali ini datang dari girl group asuhan JYP Entertainment. Nggak terasa, lagu Kpop “Good-Bye Baby” dari Miss A juga akan menginjak usia 10 tahun, nih, Bela! Dirilis pada 18 Juli 2011, lagu ini menjadi single utama dari full album pertama yang berjudul A Class. Lagu ini menjadi lagu hit nomor 1 di Kpop Hot 100 chart dan menandainya sebagai lagu paling ikonik Miss A.

7. “You And I” (IU)

https://www.youtube.com/embed/f_iQRO5BdCM

Salah satu lagu dari IU yaitu, “You And I” akan genap berusia 10 tahun pada 29 November nanti. “You And I” merupakan title track dari full album kedua IU yang berjudul Last Fantasy. Lagu tersebut menjadi hit besar dan memuncaki tangga lagu Gaon Digital. Selain itu, lagu ini juga memenangkan 10 penghargaan acara musik, bahkan menjadi salah satu single terlaris di Korea. Siapa, nih, fansnya?

8. “Mr. Simple” (Super Junior)

https://www.youtube.com/embed/r6TwzSGYycM

Lagu Super Junior ini nyatakan telah menemani kita selama satu dekade, lho. “Mr. Simple” menjadi title track dari full album kelima Super Junior yang rilis pada 2 Agustus 2011. Lagu tersebut bahkan memuncaki tangga lagu beberapa jam setelah perilisannya. Tak heran, banyak penghargaan yang dimenangkan Super Junior dari lagu ini.

9. “Don’t Cry” (Park Bom)

https://www.youtube.com/embed/ypit0NcNV-8

Pada 2011, salah satu member 2NE1, Park Bom, juga merilis lagu solo keduanya pada 21 April yang berjudul “Don’t Cry”. Lagu tersebut menuai kesuksesan besar, memuncaki seluruh tangga lagu dan mendapat predikat “perfect all-kill”.

10. Roly Poly” (T-ARA)

https://www.youtube.com/embed/afwK0Mv0IsY

Lagu ini dijamin sudah familiar di telinga kalian. Apalagi bagi kalian yang gemar bermain Danz Base di arena bermain. Faktanya, lagu ini adalah salah satu single yang terdapat di mini-album kedua T-ARA, yang rilis pada 29 Juni 2011 dengan judul John Travolta Wannabe. Setelah dirilis, lagu tersebut sukses besar dan terus naik sampai ke posisi teratas tangga lagu Kpop Hot 100, serta memenangkan banyak penghargaan musik.

11. “So Cool” (SISTAR)

https://www.youtube.com/embed/Pj3q0ZChgFE

“So Cool” dari SISTAR dirilis pada 9 Agustus 2011 dan menjadi single ke empat dari album yang berjudul sama. Setelah perilisannya, lagu ini langsung berada di puncak Gaon Digital Chart.

12. “Hot Summer” [f(x)]

https://www.youtube.com/embed/z-rftpZ7kCY

Lagu ikonik selanjutnya adalah “Hot Summer” dari f(x). Salah satu lagu dari album repackaged mereka ini rilis pada tanggal 14 Juni 2011. Lagu tersebut adalah cover dari lagu dengan nama yang sama, yang aslinya dinyanyikan oleh band Jerman, Monrose. Lagu ini langsung menjadi hit musim panas dan memenangkan f(x) dua kali penghargaan musik. Lagu ini memang cocok banget untuk musim panas, ya!

13. “Be Mine” (INFINITE)

https://www.youtube.com/embed/DeuejYoRbps

“Be Mine” adalah lagu utama dari full album debut INFINITE, Over The Top, yang rilis pada 21 Juli 2011. INFINITE mempersembahkan penampilan terbaik mereka dari lagu tersebut, dan memenangkan pertunjukan musik pertama mereka pada tahun 2011.

14. “Be My Baby” (Wonder Girls)

https://www.youtube.com/embed/3fy4cqWMhyI

Lagu lainnya yang menginjak 10 tahun adalah “Be My Baby” yang rilis pada 7 November 2011. Lagu tersebut adalah single pertama yang dirilis dari album Wonder World dan menjadi hit besar. Lagu ini juga mencapai tempat nomor 1 di chart Kpop Hot 100, serta menerima banyak sekali penghargaan di acara musik.

15. “Trouble Maker” (Trouble Maker)

https://www.youtube.com/embed/s-zRAQmKUkI

Lagu terakhir adalah “Trouble Maker” yang merupakan lagu duet HyunA dan ex-member BEAST, Jang Hyunseung. Saat perilisannya pada 1 Desember 2011, lagu ini sangat kontroversial. Lagu tersebut membawa kemenangan bagi grup duo tersebut dengan kategori Best Collaboration pada ajang penghargaan MAMA 2012. 

Dari 15 lagu ikonik K-Pop di atas yang berusia 10 tahun, mana yang jadi favorit kamu?

Baca Juga: 10 Lagu KPop Terbaik di Tahun 2020 Menurut Majalah TIME

Baca Juga: Selain Blackpink, Ini 10 Lagu Kpop dengan Judul Terunik

Baca Juga: Salut! 5 Artis Idol Kpop Ini Mendirikan Perusahaan Label Musik